Body & Skin Care

3 Cara Alami Hilangkan Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur saat tidur atau ada anggota keluarga yang mengeluarkan suara berlebih saat tidur di malam hari, kebiasaan ini di nilai normal karena faktor kelelahan. Sebenarnya mendengkur bukan hal normal, melainkan ada hambatan pada saluran pernapasan, sehingga harus segera menghilangkan mendengkur yang jadi kebiasaan.

Sudah pasti karena mengganggu, ternyata ini bisa menyebabkan kematian. Pasalnya ada yang menyumbat di saluran pernapasan sehingga pertukaran udara tidak bisa terjadi dengan halus, bahkan ini menyebabkan gangguan, mulai dari susah makan, sulit gemuk hingga selalu lapar saat bangun tidur. Jadi, jangan abaikan hal kecil yang sering kali disebut kebiasaan normal.

hilangkan mendengkur di malam hari

Sumber : alodokter.com

Bahkan saat suara dengkuran sudah semakin keras, ini perlu dipertanyakan. Apakah masih aman atau tidak? Semua dokter akan mengatakan untuk segera menghilangkan mendengkur, ini bukan kebiasaan buruk saja, melainkan memberikan gangguan kesehatan, apalagi jika ada turunan genetika yang menyebabkan anak-anak sudah mulai mendengkur.

Padahal biasanya yang sering kali mendengkur orang tua, terutama laki-laki dengan suara yang cukup keras. Jangan heran, jika pelaku yang mendengkur tidak akan terima jika dikatakan demikian, padahal ini terjadi di alam bawah sadar, namun perlu segera mendapatkan penanganan khusus agar kebiasaan mendengkur segera di hilangkan.

Baca Juga:  5 Rahasia Merawat Kulit Usia 30-an ala Aktris Korea

Ternyata ada cara alami untuk hilangkan mendengkur, hal ini dilansir dari healthyfoodteam.com, dimana terdapat beberapa rempah-rempah yang efektif hilangkan efek mendengkur, bahkan tanpa efek samping. Ini akan aman untuk anak-anak dan tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan anak-anak tidak akan tahu jika kebiasaan mendengkur tersebut sedang diobati.

3 Rempah Sebagai Obat Hilangkan Mendengkur

hilangkan mendengkur pada anak-anak

Sumber : nakita.grid.id

  1. Bawang Putih

    Ini bumbu dapur yang selalu tersedia, baunya tidak terlalu menyengat dan tekturnya sangat nyaman di kulit. Ini ternyata mampu hilangkan mendengkur dengan cara mencairkan lendir yang ada di sekitar saluran hilang, bahkan bisa jadi obat alami untuk masalah peradangan yang menyumbat saluran perpanasan.

    Caranya cukup mudah, hancurkan bawang putih dan campurkan dalam segelas air hangat, berikan pada anak sebelum tidur. Untuk orang dewasa, kunyah saja satu siung bawang putih, jika merasa mengalami masalah saluran pernapasan atau mulai terasa ada tumpukan lendir di area hidung. Ini akan meredakan pernapasan, bahkan bisa juga dicampurkan dalam makanan, biasanya sup hangat.

  2. Kunyit

    Bumbu dapur yang identik dengan warna orange ini, efektif untuk hilangkan mendengkur baik anak-anak hingga dewasa. Kunyit memiliki sifat antibiotik dan antiseptik, sehingga bisa menyembuhkan penyakit akibat kuman dan kotoran. Bisa mengatasi masalah susah tidur akibar peradangan di sekitar saluran pernapasan.

    susu kunyit dapat hilangkan mendengkur

    Sumber : vemale.com

    Selain mengatasi kebiasaan mendengkur, kunyit juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya campurkan satu hingga dua sendok teh bubuk kunyit pada segelas susu hangat, berikan ini sebelum tidur agar anak-anak hingga orang dewasa bisa tertidur dengan nyenyak. Minimal 3 hari, maka kondisi saluran pernapasan semakin membaik.

  3. Kapulaga

    Bumbu rempah yang sangat jarang digunakan, biasanya memang untuk makanan tradisional daerah tertentu. Namun ini rempah yang berkhasiat hilangkan dengkuran dengan sempurna, sekalipun ada faktor keturunan. Penelitian menyebutkan, jika kapulaga memiliki kandungan ekspektoran, hampir mirip sebagai obat menghilangkan lendir pada saluran pernapasan.

    Baca juga : 4 Manfaat Rutin Mencukur Bulu Kemaluan

    Selain itu memiliki sifat dekongestan, sehingga efektif menghilangkan lendir dan menghangatkan tubuh. Ini salah satu rempah yang paling banyak dicari di eropa, pasalnya memberikan efek hangat pada tubuh, seperti halnya jahe, sehingga lebih banyak dicampurkan pada makanan. Bahkan bisa jadi obat tradisional yang mengobati segala penyakit, terutama penyakit dengan penularan melalui udara.

    Caranya, segelas air hangat campurkan dengan beberapa sendok bubuk kapulaga, untuk orang dewasa bisa satu sendok makan, namun untuk anak-anak cukup dua sendok teh saja. Ini akan memberikan efek terasa lebih hangat, namun agar keras saat di tenggorokan, sehingga kurang disukai anak. Untuk mengatasinya, coba tambahkan madu alami, rasa manis dan jelinya akan memudahkan menelan. Berikan ini sebelum tidur, maka akan mengalami tidur nyenyak tanpa mendengkur.

Ingat, mendengkur bukan sebuah kebiasaan baik dan tidak ada kaitannya dengan rasa capek atau lelah setelah beraktivitas. Ini mengindikasikan, jika ada masalah di saluran pernapasan, bisa jadi lendir atau penyumbatan lainnya. Cara alami dengan remah di atas, bisa jadi solusi hilangkan mendengkur tanpa efek samping dan cocok untuk anak-anak.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply