Inspiration

3 Jenis Investasi Sekaligus Dana Darurat Untuk Anak Muda Ketahui!

Anak muda cenderung tidak membuat rencana jangka panjang, apalagi untuk masalah keuangan. Masih dalam tahap ingin tahu dan mencoba apa saja yang dahulu tidak bisa dilakukan, padahal sudah jelas tidak akan memberikan manfaat apapun. Pernahkah terpikir untuk membuat investasi yang akan memberikan keuntungan di masa depan, bahkan bisa jadi dana darurat saat terjepit.

Masihkah punya kebiasaan berutang di akhir bulan karena kehabisan uang, inilah yang dilakukan banyak anak muda. Sehingga tidak lagi bersemangat saat mendapatkan gaji, pasalnya tidak bisa menikmati secara penuh. Maka dari itu, jangan terapkan pengaturan besar pasak dari pada tiang, karena pasti ada masalah dalam pengaturan keuntungan.

Banyak orang menyesal melakukan investasi saat sudah memasuki kepala 3, dimana ini tidak akan berkembang maksimal. Lain halnya jika sudah mengenal investasi dari usia belasan tahun, sekalipun awalnya kecil. Ini akan menguntungkan dari segi pengalaman, pasalnya tidak semua orang akan ikut dalam investasi yang sama.

investasi jangka panjang untuk dana darurat

Sumber : stories.wf.com

Ada baiknya menyiapkan dana untuk investasi, dimana sekarang ini bisa juga dijadikan dana darurat jika terjadi hal yang tidak inginkan. Dari pada berutang, lebih baik menghabiskan tabungan dalam bentuk investasi jangka panjang bukan. Apalagi jika sudah dikumpulkan sejak masih single hingga kini sudah berumah tangga dan memiliki anak.

Baca Juga:  5 Tipe Wanita Unik yang Disukai Laki-Laki, Kamu Termasuk yang Mana?

Sebenarnya apakah ada investasi yang sekaligus dijadikan dana darurat, pasalnya investasi akan mengendapkan uang dalam jumlah besar dengan kurun waktu panjang. Tapi ini, semua orang bisa menentukan sendiri besaran uang yang akan disimpan dan sampai kapan ini akan di simpan, bahkan keuntungan bisa lebih banyak. Coba simak lagi, apa saja investasi jangka panjang yang menguntungkan.

3 Jenis Investasi Jangka Panjang Sekaligus Jadi Dana Darurat

cara buat dana darurat

Sumber : propertyguru.com.sg

  1. Logam Mulia

    Ini jadi investasi dan cara menabung yang disukai banyak wanita, karena selain menyisihkan uang dalam bentuk lain, bisa juga digunakan sebagai perhiasan. Siapa yang tidak suka punya kalung, gelang dan aksesori lainnya. Tenang saja, logam mulia selalu akan mengalami peningkatan, meskipun tidak dalam jumlah besar.

    Rata-rata dalam satu tahun bisa mengalami kenaikan lebih tinggi dari inflasi hingga 10 persen yang terjadi rata-rata setiap tahunnya, tentu lebih menguntungkan bukan. Ini investasi jangka panjang yang cocok digunakan sebagai dana darurat, dimana pun bisa menerima pembayaran dengan emas. Apalagi jika dilengkapi dengan surat lengkap, harganya akan lebih stabil.

    Ada baiknya jika membeli logam mulia, tidak hanya disimpan namun juga digunakan dalam bentuk perhiasan. Sehingga mendapatkan nilai lebih, memang nantinya akan ada penyusutan nilai karena terjadi gesekan atau lainnya, namun saat di jual kembali beberapa tahun ke depan, harga logam mulai rata-rata mengalami peningkatan cukup besar.

  2. Tabungan Konvensional

    Menabung memang bisa menjanjikan masa depan cerah, apalagi jika pintar membagi keuntungan dengan menempatkan uang tabungan dalam rekening sendiri. Ini merupakan cara paling mudah untuk menyimpan uang, apalagi jika bisa membuat pengaturan menabung rutin setiap bulan. Tidak perlu dalam jumlah banyak, namun selalu rutin dan tidak di ambil dalam jangka pendek.

    dapatkan dana darurat dengan cepat

    Sumber : richdad.com

    Ada banyak kemudahan yang didapatkan, mulai dari layanan ATM, bunga bersaing hingga kesempatan mendapatkan undian berhadiah. Asalkan tabungan aktif dan sering melakukan aktivitas perbankan, maka kesempatan memenangkan hadiah setiap tahunnya, semakin besar. Namun perlu disiplin dan komitmen, jika ini tabungan yang tidak boleh diganggu oleh urusan apapun. Kecuali memang terjadi hal buruk dan membutuhkan uluran dana yang tidak sedikit.

  3. Tabungan Reksadana

    Ini merupakan investasi perbankan yang aman dan bermanfaat, pasalnya bukan hanya mendapatkan keuntungan dari segi finansial, namun ada juga perlindungan seperti asuransi kesehatan dan kematian. Sehingga uang bisa diwariskan pada ahli waris yang ditunjuk, bahkan pemegang reksadana bisa menentukan sendiri uang akan kemana nantinya.

    Baca juga : 3 Kesalahan Finansial Fatal Membuat Anak Milenial Sering Kehabisan Uang

    Ada baiknya membuka tabungan berjangka, minimal 10 tahun. Dimana kini sudah ada fitur tabungan wajib setiap bulan, ini lebih mudah dan bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar. Jangan terlalu besar menentukan nominal awal, apalagi jika sudah tidak pernah menabung terlalu lama. Jumlahnya kecil saja, namun komitmen setiap bulannya. Maka akan bertambah dengan sendirinya, pasalnya 10 tahun mendatang belum tentu memiliki penghasilan sebesar sekarang.

Ada banyak cara untuk melakukan investasi jangka panjang, bahkan apa yang di contohkan di atas bisa menjadi dana darurat saat dibutuhkan. Cara pencairan juga mudah, bisa dilakukan orang lain yang mendapatkan kewenangan di atas materai. Bahkan ini akan membantu saat mengalami kesulitan, seperti terkena musibah.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply