Makeup

3 Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur

Cantik memang tidak bisa datang begitu saja, memang setiap wanita terlahir cantik, namun jika tidak melakukan perawatan wajah, kecantikan ini akan hilang begitu saja. Ada baiknya menggunakan skin care sebagai perawatan wajah, namun karena ada banyak produknya, sering terjadi pencampuran untuk mendapatkan hasil maksimal. Padahal tidak semua kandungan skincare aman tercampur begitu saja.

Tidak banyak wanita yang tahu dan mengerti, pentingnya membaca dan memahami kandungan skincare sebelum digunakan. Kebanyakan menggunakan satu produk karena sedang populer, jadi trend atau digunakan banyak orang. Padahal setiap orang memiliki kondisi wajah berbeda, jenis kulit berbeda dan tinggal di tempat berbeda.

Ternyata beberapa kandungan skincare memang terlarang untuk tercampur, ini bisa memberikan efek negatif. Jangan sampai niat awal untuk perawatan berakhir dengan mengerikan, apalagi jika dipaksakan penggunaan. Bahkan banyak yang menyebutkan, tidak baik mencampurkan skincare dengan kemasan berbeda, apakah ini akan memberikan dampak. Coba lihat kandungan apa saja yang tidak boleh dicampurkan.

3 Kandungan SkincareTidak Boleh Dicampurkan

kandungan skincare jangan dicampurkan

Sumber : bustle.com

  1. Asam Glikolat dan Retinol

    Pemilik jenis wajah acne prone, sudah jelas menggunakan skincare dengan kandungan retinol, karena dapat mengendalikan jerawat. Bukan itu saja, namun juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang sering kali meninggalkan noda. Namun beberapa skincare mencampurkan kandungan retino dengan asam glikolat.

    Ini merupakan asam yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih, pasalnya acne prone memiliki kombinasi dengan wajah berminyak. Namun kedua kandungan skincare ini sebaiknya tidak digunakan bersamaan atau tercampur, karena dapat membuat kulit terasa sangat kering. Apalagi jika terkena paparan langsung sinar matahari.

    Solusinya, tetap bisa menggunakan dua produk skincare tersebut dan mendapatkan manfaatnya, namun pastikan tidak tercampur dan gunakan secara terpisah. Misalkan menggunakan asam glikolat di pagi hari, maka gunakan retinol di malam hari. Jangan gunakan retinol di pagi hari, karena dapat menguap saat terpapar sinar matahari langsung.

  2. Benzoyl Peroxide dan Retinol

    Hampir semua wanita menggunakan retinol sebagai kandungan skincare yang efektif mengatasi masalah wajah, terutama jerawat dan komedo. Bukan itu saja, skincare dengan kandungan retinol juga efektif menghilangkan bekas noda, membuat kulit terlihat lebih cerah dan mengangkat sel kulit mati yang sudah menumpuk.

    campurkan kandungan skincare

    Sumber : revivedliving.com

    Namun hati-hati dalam menggunakan kandungan skincare ini, pasalnya retinol tidak bisa digunakan bersamaan benzoyl peroxide, karena dapat memperburuk kondisi wajah. Jika awalnya bisa mengatasi jerawat, ini membuat kondisi kulit semakin buruk bahkan hingga masuk tahap iritasi berlebih. Beberapa jenis kulit, seperti kulit kering memberikan reaksi yang lebih buruk.

    Untuk mengatasinya, jangan buang skincare terlebih dahulu. Ini masih bisa digunakan, asalkan pintar dalam penggunaan saja. Jika memang akan menggunakan retinol, pastikan aplikasikan pelembap terselebih dahulu, semua jenis pelembap bisa menetralkan, sehingga kulit tetap memberikan efek bagus dan tidak memberikan perlawanan.

  3. Vitamin C dan H2O

    Mau terlihat lebih putih, banyak kandungan skincare menggunakan vitamin C yang terbukti bisa mencerahkan kulit. Bukan hanya membuat putih, kulit juga terasa kencang dan halus. Tetapi ada juga beberapa serum yang menambahkan H2O, ini tidak akan memberikan efek bagus jika digunakan bersama-sama.

    Baca juga : Tips Sukses Aplikasikan Trend No Makeup Makeup

    Bahkan langsung memberikan penolakan, pasalnya vitamin C termasuk molekul yang tidak stabil dan lebih cepat teroksidasi oleh kulit. Sedangkan H2O membutuhkan waktu lebih lambat untuk menyerap sempurna, maka dari itu jika ingin digunakan bersamaan dan memberikan manfaat baik untuk kulit, siasati pemakaiannya.

    Ada baiknya jika menggunakan serum atau sheet mask dengan kandungan vitamin C tinggi, bilas terlebih dahulu dengan air, karena vitamin C akan mudah larut dalam air. Setelah bilas, diamkan beberapa menit, baru oleskan serum atau cream dengan kandungan H2O, khasiatnya akan tetap terasa dan mampu memutihkan kulit dengan cepat.

Tidak semua kandungan skincare yang baik dapat digunakan bersamaan di kulit, hal ini yang sering kali diabaikan banyak orang. Ada baiknya mengenali jenis kulit terlebih dahulu, jangan memaksakan menggunakan satu produk tertentu. Harga bukan patokan utama, kecocokan produk harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Skincare Biru Unik Khusus Atasi Masalah Kulit

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply