Body & Skin Care

3 Keanehan Saat Menstruasi Namun Enggan Di Bicarakan Wanita

Datang bulan memang jadi siklus yang tidak bisa lepas dari wanita, namun jika Anda amati apakah pernah menemukan keanehan saat menstruasi. Hal ini bahkan sering kali Anda tidak rasakan dan abaikan begitu saja, bisa jadi tertutupi gejala lain yang lebih menyita perhatian saat menstruasi datang.

Kebanyakan wanita akan mengalami perubahan mood mendadak di hari pertama, lebih mudah marah, mengalami kram perut hingga tidak enak badan. Ini gangguan umum yang banyak dialami, biasanya akan mereda dengan istirahat dan waktu.  Hal seperti ini akan terjadi di hari pertama, selanjutnya maka akan seperti biasanya.

Namun munculnya keanehan saat menstruasi ini di anggap hal biasa dan diabaikan begitu saja, padahal bisa memberikan dampak buruk jika dibiarkan terus menerus. Bisa jadi gejala penyakit serius yang bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah, ada baiknya mengenali dengan baik dan melakukan perubahan pola hidup dan makan agar tidak muncul efek buruk.

3 Gejala Keanehan Saat Menstruasi Dan Diabaikan

keanehan saat menstruasi

Sumber : suara.com

  1. Kelaparan Parah

    Apakah Anda sadar saat menstruasi makan jadi lebih gila bahkan lebih banyak dari porsi makan biasanya? Ini terjadi bukan hanya saat menstruasi namun jelang hingga setelahnya datang bulan, terjadinya perubahan nafsu makan memang hal biasa. Namun jika tidak terkontrol dengan baik, bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

    Bahkan Anda akan merasa lapar sepanjang hari, sehingga lebih banyak menyiapkan camilan di jam kosong sebelum waktu makan. Bukan hanya makan camilan ringan namun hingga berat, bukan hanya didominasi makanan manis saja namun juga gurih. Jika sudah seperti ini, ada baiknya memperbanyak camilan buah dan sayur, selain itu seimbangkan dengan olahraga.

  2. Kulit Terasa Lebih Sensitif

    Anda tidak memiliki kulit sensitif, namun kenapa jelang menstruasi akan mengalami pengelupasan hingga terasa gatal. Keanehan saat menstruasi ini akan membuat Anda pergi ke dokter, bahkan skincare dan makeup yang digunakan juga membuat Anda gatal. Tenang saja, ini gejala normal, ada baiknya jangan gunakan makeup terlalu berlebihan dan pakai skincare untuk membersihkan saja.

    kulit sensitif, Keanehan saat menstruasi

    Sumber : hellosehat.com

    Saat menstruasi terjadi perubahan hormon, dimana estrogen mengalami penurunan dan ini membuat kulit menjadi lebih gemuk. Pelebaran inilah yang membuat kulit cenderung sensitif, terasa lebih kering dan sakit. Untuk mengatasinya, coba gunakan body lotion yang lebih lembab dengan tambahan SPF lebih tinggi, apalagi jika banyak beraktivitas di luar ruangan.

  3. Negatif Thinking

    Inilah yang yang harus dihilangkan, tapi memang jadi bagian keanehan saat menstruasi. Anda akan cenderung banyak berpikir negatif, bahkan membayangkan hal buruk, sehingga memperburuk mood yang sedang naik turun tak jelas. Beberapa perempuan lebih emosional sehingga bisa menangis tanpa kejelasan pasti.

    Baca juga : Mau Terlihat Lebih Muda Dari Sekarang, Terapkan Tips Awet Muda Ini

    Anda yang merasa hopelss, mudah cemas dan khawatir berlebihan, lebih baik menarik napas panjang dan mulailah berpikir positif. Semua kekhawatiran Anda tidak akan mungkin terjadi semuanya, namun akan sebaliknya jika terlalu banyak berpikiran negatif maka semua hal buruk bisa saja terjadi. Untuk itu, mulai rubah pandangan pesimis menjadi optimis, sehingga hanya hal baik yang akan terjadi nantinya.

Jika Anda merasakan keanehan saat menstruasi yang sama, maka solusinya harus bisa lebih tenang. Jangan sampai emosi menguasai diri Anda sehingga mengacaukan semuanya, lebih baik tenang dan mencoba berpikir positif. Kendalikan rasa sakit di hari pertama dengan kurangi pergerakan aktif, konsumsi makanan yang hangat dan sehat. Setelah itu, cobalah untuk beristirahat cukup, ini akan mengembalikan kondisi tubuh tetap fit dan bisa berakivitas seperti biasanya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply