Body & Skin Care

3 Kebiasaan Sehari-Hari Dapat Merusakan Kecantikan Wajah

Semua wanita tentu ingin selalu tampil cantik dan menawan, sehingga rutin melakukan perawatan wajah. Tapi tahukah Anda, jika kebiasaan tersebut ternyata merusak kecantikan? Tidak pernah  menyangka bukan, karena tujuan awal untuk merawat wajah agar terhindar dari penuaan dini sebelum waktunya.

Banyak ahli kecantikan mengatakan, ternyata kebiasaan sehari-hari setiap wanita yang dikira bisa merawat wajah ternyata menjadi penyebab kerusakan itu sendiri. Tentu saja ini membuat banyak wanita terperangah, apakah selama ini tidak melakukan perawatan dengan benar sehingga wajah tidak mengalami perubahan.

Memang tidak terlalu rutin melakukan perawatan ke salon kecantikan karena harganya cukup mahal, namun perawatan rutin di rumah dilakukan hampir setiap harinya, apakah ini yang berpotensi merusak kecantikan secara perlahan. Jangan ketakutan terlebih dahulu dan melupakan perawatan wajah rutin di rumah.

Tidak semua kebiasaan cantik di rumah dalam merusak atau menghambat, hanya perlu ditingkatkan saja. Coba lihat beberapa kebiasaan ini berpotensi merusak kecantikan tanpa disadari, bahkan banyak yang masih melakukan setiap harinya tanpa rasa bersalah. Bisa jadi, ini yang menyebabkan garis halus tanpa penuaan dini mulai datang.

3 Kebiasaan Sehari-Hari Berpotensi Merusak Kecantikan Wajah

kebiasaan merusak kecantikan

Sumber : lorealparisusa.com

  1. Perhatikan Masa Kadaluwarsa Makeup dan Skin Care

    Ada baiknya saat membeli makeup, lihat dulu masa kadaluwarsa dan tanggal penggunaan. Setiap makeup dan skin care memiliki masa kadaluwarsa dan penggunaan berbeda, biasanya skin care lebih lama karena komposisi menggunakan bahan alami. Sedangkan makeup lebih banyak menggunakan bahan kimia, sehingga penggunaan jadi lebih singkat setelah kemasan di buka.

    Sebelum penggunaan, pastikan melihat masa kadaluwarsa dan tanggal kemasan, ini akan membuat terhindar dari bahaya makeup kadaluwarsa. Ini tidak banyak diketahui oleh pemakai pemula, dimana suka dengan barang diskon tanpa melihat berapa lama masa penggunaan amannya. Pasalnya banyak bahaya mengintai dengan penggunaan makeup dan skin care kadaluwarsa.

    Ini jelas dapat merusak kecantikan, bukannya memelihara kecantikan wajah. Selain itu, jangan gunakan makeup yang mengeluarkan bau sangat menyengat atau mengalami perubahan bentuk dan warna. Ini bisa jadi ada reaksi yang tidak baik lagi digunakan, jangan memaksakan penggunaan makeup yang tidak layak pakai kembali. Bukan hanya untuk kecantikan namun perhatikan kesehatan, makeup kadaluwarsa bisa berpotensi menyebabkan kanker kulit.

  2. Lupa Membersihkan Makeup

    Punya perlengkapan makeup lengkap tentu akan menunjang penampilan, apakah sudah membersihkan sebelum digunakan? Sudah berapa lama kuas makeup digunakan? apakah lupa untuk membersihkan secara rutin. Hal kecil inilah yang berpotensi merusak kecantikan secara perlahan, memang bukan hal besar namun jika dilakukan terus menerus, maka perawatan wajah jadi percuma.

    kuas makeup merusak kecantikan

    Sumber : bustle.com

    Ada baiknya membersihkan makeup dan gunakan tempat tertutup namun tetap ada sirkulasi udara, makeup berdebu dan kotor bisa memengaruhi hasil dan berakibat buruk pada kulit. Coba bersihkan peralatan makeup yang digunakan setiap harinya, seperti kuas. Mudah kok membersihkannya, bisa menggunakan air hangat atau alkohol, namun lebih aman penggunaan air hangat. Hanya perlu direndam 10 menit, keringkan dan bisa digunakan kembali.

    Selain itu, hindari penggunaan makeup bersama, seperti kuas dan puft bedak. Ini berpotensi terjadinya penularan masalah kulit, seperti jerawat. Meskipun dekat, setiap orang punya jenis kulit berbeda dan potensi masalah yang bisa menular. Penggunaan kuas juga hati-hati, bisa jadi kuas yang kotor dapat menyumbat pori-pori berlebih.

  3. Penggunaan Lipstik Bersama-sama

    Makeup yang tidak boleh digunakan bersama sama sekali adalah lipstik, pasalnya bibir akan menempel langsung. Berbeda dengan bedak yang bisa menggunakan puff lainnya, lipstik sudah tidak lagi termaafkan. Ini memang tidak terlihat, bahkan efeknya bibir terasa lebih kering, padahal ini berpotensi besar merusak kecantikan wajah.

    Baca juga : 4 Cara Tubuh Segar Di Pagi Hari Sekalipun Tidur Hanya Sebentar

    Lipstik yang digunakan bersama-sama akan menyebabkan penularan kuman, kotoran dan bakteri. Meskipun hanya pada satu orang saja, pasalnya ini menempel pada bibir langsung, bahkan dengan menggunakan aplikator lipstik yang sama. Jika memang ingin mencoba, gunakan tangan dan tidak di aplikasikan langsung.

    Ini juga diperhatikan saat membeli makeup, semua counter kosmetik akan menyediakan tester. Hampir semua orang mencoba dan jangan sekali-kali menggunakan langsung di bibir, karena tidak tahu siapa saja yang suka menggunakannya bukan. Lebih aman jika ingin mencoba dan melihat warnanya, oleskan saja di tangan. Bahkan jika terasa gatal, bisa jadi bibir akan sensitif saat menggunakannya.

Pemilihan makeup dan skin care memang harus berhati-hati, namun dalam penggunaan langsung ini turut andil dan berpotensi merusak kecantikan. Ada baiknya mengikuti saran di atas, sepele memang namun bisa menghindarkan bahaya penuaan dini, masalah kulit dan potensi terjadinya penyakit serius seperti kanker kulit.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply