Body & Skin Care

3 Langkah Antisipasi Penuaan Bibir Secara Dini

Penuaan dini menjadi momok menakutkan bagi semua wanita, apalagi jelang memasuki usia 30an, bahkan sudah mempersiapkan skin care dengan kandungan anti aging, berharap agar tetap terlihat awet muda. Sudah pernah dengan penuaan bibir, ternyata selain kelopak mata, bagian bibir juga mengalami penunaan dini lebih cepat.

Hal ini luput dari perhatian, pasalnya penunaan dini yang ditakutkan terjadi pada bagian dagu, dahi dan pipi, padahal bibir paling sering menggunakan kosmetik dan luput dibersihkan secara menyeluruh. Ternyata membersihkan lipstik, bukan hanya menggunakan tissue saja, melainkan harus ditambahkan skin care untuk membersihkan secara menyeluruh.

Akibatnya, jika sering meninggalkan sisa lipstik, maka akan terjadi penunaan bibir lebih cepat dari pada kelopak mata. Ini terlihat dari warna bibir yang mulai menghitam, tidak lagi kenyal dan muncul tambahan garis di sekitar mulut. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok dan konsumsi muman alkohol, ini akan memperburuk kondisi kulit luar bibir.

Bukan itu saja, ternyata paparan sinar matahari langsung juga memberikan pengaruh negatif, bibit jadi terlihat lebih pucat, rapuh dan mudah pecah-pecah. Ini akan membuat tangan gatal untuk mengelupas, akibatnya terjadi pendarahan yang menyebabkan warna bibir semakin menghitam. Inilah penunaan dini yang bisa terjadi dan dianggap hal sepele saja.

Kebanyakan hanya menggunakan lip balm sebagai perlindungan, ini tidak bisa melindungi secara menyeluruh. Pasalnya lip balm hanya akan melembapkan bibir sementara untuk mencegah bibir pecah-pecah saja, lip balm juga sangat mudah hilang saat minum, sehingga harus terus menerus mengoleskan. Ada juga lip mask, ini memang cukup membantu, namun tidak bisa memberikan perlindungan sebenarnya.

Baca Juga:  5 Rahasia Merawat Kulit Usia 30-an ala Aktris Korea

3 Langkah Antisipasi Penunaan Bibir Secara Dini

cegah penuaan bibir

Sumber : nakita.grid.id

  1. Lip Serum

    Serum merupakan skin care yang paling kuat, pasalnya memiliki kandungannya sangat kental dan hanya digunakan ukuran kecil saja, sudah memperlihatkan hasilnya. Jika mengalami bibir pecah-pecah parah, bahkan hingga mengelupas dan berdarah terus menerus, ada baiknya menggunakan lip serum sebagai langkah pencegahan penuaan bibir.

    Lip serum ini lebih bagus dari lip balm atau lip mask, dimana memiliki kandungan turunan retinol. Ini dapat merangsang produksi kolagen dalam bibir, sehingga mengembalikan kekenyalan dan memudarkan bintik hitam secara perlahan. Bahkan, jika bibir dalam kondisi iritasi, langsung saja oleskan karena juga bisa menyembuhkan, ini sangat aman digunakan setiap hari.

    Jika memang ingin merawat bibir dan tidak menggunakan lipstik setiap harinya dalam jangka panjang, bisa memiliki lip serum dengan kandungan retinol 8, ini lebih ringan dan tidak akan menimbulkan efek samping, cocok digunakan sehari-hari. Formulanya akan menghilangkan garis halus di area mulut, bahkan memberikan efek lebih lembut dan jadi perlindungan sinar UV dengan kandungan SPF hingga 30.

  2. Pengelupasan Dengan Laser

    Bukan hanya alis saja yang dibentuk secara permanen, namun kini ada sulam bibir dengan menggunakan laser. Namun ini tidak akan membentuk bibir seperti menggunakan lipstik, namun membantu mengelupas bagian terluar, sehingga menghilangkan garis halus penunaan bibir dan pigmentasi yang menyebabkan warna bibir semakin gelap.

    tips cegah penunaan bibir

    Sumber : alodokter.com

    Teknologi laser ini memang hanya bisa dilakukan ahli kecantikan atau estetika di bidangnya, sehingga ada baiknya memiliki klinik kecantikan rekomendasi dokter. Beberapa kali treatment, nantinya akan membuat tekstur bibit menjadi lebih lembut, halus, terasa lebih segar dan mengurangi garis halus yang mulai muncul, ini bisa terjadi pada remaja sekalipun.

    Efek sampingnya, bisa terjadi pengelupasan terlebih dahulu, sehingga tidak disarankan menggunakan kosmetik atau skin care apapun selama masa recovery. Disarankan untuk menggunakan mencuci muka hanya dengan air dan menghindari kontak makanan yang tercium aroma menyengat, apalagi asam untuk mendapatkan hasil terbaik.

  3. Injeksi Bibir

    Ini tren yang berhasil di populerkan oleh Kylie Jenner, lihat saja bibirnya bisa merekah dan tebal, tepat pada ukurannya. Bahkan memberikan kesan seksi dan sensual, beberapa wanita terlihat antusias untuk melakukan hal serupa. Dimana Kylie memang mengakui dirinya melakukan filler pada bibirnya, namun beberapa waktu lalu sempat di hilangkan.

    Cara mendapatkan bibir sensual seperti Kylie, dirinya mengaku melakukan pengobatan dengan menambahkan filler. Ini akan memberikan tambahan volume pada bibir, sehingga terlihat lebih berisi. Selain itu, memerlukan perawatan pasca pemberian injeksi. Ini juga dilakukan dalam pengawasan dokter estetika, dimana ditambahkan suntikan asam hyaluronic, ini akan membentuk struktur bibir, namun tidak mengubah ukurannya.

    Baca juga : Tips Cara Tepat Merawat Wajah Jelang Usia 30 Tahunan

    Termasuk cukup ekstrem, namun dokter juga mempertimbangkan kesehatan dan kondisi pasien sebelum melakukan injeksi bibir. Ini juga bukan solusi tepat untuk mencegah penunaan bibir, melakukan perubahan pada bibir, bisa jadi memberikan dampak negatif. Maka dari itu, sebelum melakukan treatment apapun, pahami dulu kondisi tubuh dan risiko yang bisa terjadi secara melakukan injeksi tersebut.

Memang ada baiknya merawat dan mempercantik diri, namun jangan terlalu berlebihan. Mencegah penunaan bibir dengan melakukan perawatan boleh saja, asalkan memperhatikan kondisi bibir, tidak melakukan perubahan yang cukup drastis, sehingga terjadi penolakan dalam tubuh. Bisa jadi penolakan terjadi nanti, saat usia sudah tua dan sulit mendapatkan penanganan lebih lanjut.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply