Body & Skin Care

3 Nutrisi Penting Wajib Dipenuhi Langsung Dari Makanan Setelah Memasuki 30 Tahun

Memasuki usia 30 tahun memang akan terjadi perubahan yang cukup signifikan, dimana wanita akan melihat adanya guratan garis halus di beberapa bagian. Area mata memang yang paling cepat dan terlihat dengan jelas, apalagi jika punya pola hidup dan pola tidak sehat sehingga kulit kehilangan banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan, penunaan dini akan datang lebih cepat dari seharinya.

Maka dari itu, setiap wanita melakukan langkah pencegahan, jangan sampai terlihat tidak cantik lagi, terlebih untuk mereka yang masih bekerja kantoran. Tentu munculnya keriput membuat wanita tidak menarik lagi, bahkan sulit ditutupi dengan makeup sekalipun. Penggunaan polesan wajah juga dibatasi di kantor, bahkan tidak boleh terlalu mencolok.

Apa yang harus dilakukan wanita yang akan segera memasuki 30 tahun, mulai mengenali mana saja nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Seperti dilansir dari Women’s Health, salah satu situs populer yang banyak mengupas kesehatan kulit dan kecantikan. Ada beberapa nutrisi yang harus tetap terpenuhi meskipun tubuh tidak bisa menyerap maksimal dari makanan.

3 Nutrisi Penting Wajib Dipenuhi Memasuki Usia 30 Tahun 

nutrisi penting tubuh

Sumber : thriftymommaramblings.com

  1. Vitamin C

    Ini merupakan nutrisi penting yang tidak boleh terlewatkan, selain membantu mempertahankan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Banyak sekali manfaat vitamin c untuk kulit, salah satunya menjaga tetap sehat, kulit terasa kencang dan tidak terjadi pigmentasi. Biasanya menjelang usia 30 tahun, penyerapan vitamin c dari makanan semakin berkurang.

    Hal ini akan menyebabkan penunaan dini, dimana kulit terasa lebih kasar dan mulai terlihat garis halus. Ini bisa didapatkan dari makanan seperti sayur dan buah-buahan, namun lebih efektif lagi melakukan perawatan tubuh dengan penggunaan skincare. Ini akan memberikan nutrisi langsung dan masih bisa diserap maksimal, penggunaan serum jadi pilihan tepat.

    Selain itu, kontrol emosi agar tidak mengalami penunaan dini. Kebiasaan sering marah-marah, berteriak hingga mengumpat hanya akan membuat kulit semakin buruk. Selain itu, stres juga berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit. Ada baiknya, untuk mengontrol emosi, ada baiknya tetap tersenyum, cara paling mudah agar awet muda.

  2. Vitamin B

    Bukan hanya kulit dan wajah yang harus mendapatkan perhatian lebih, memasuki usia 30 tahun ada beberapa nutrisi penting dari vitamin B yang tidak lagi di serap maksimal oleh tubuh. Hal ini terjadi karena sering mengalami kelelahan, tidak mendapatkan waktu istirahat cukup dan mengalami stres berkepanjangan.

    penuhi nutrisi penting tubuh

    Sumber : washingtonpost.com

    Vitamin B sangat dibutuhkan tubuh, pasalnya ini akan jadi sumber tenaga bahkan membuat stamina tetap terjaga. Kekurangan vitamin B juga membuat penampilan tidak lagi menarik, sayu dan tidak punya semangat. Ada baiknya konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B tinggi, seperti nasi yang punya karbohidrat tinggi. Dimana terdapat glukosa, ini yang akan jadi sumber sekaligus cadangan energi yang dibutuhkan tubuh.

    Ada banyak kerugian jika kekurangan nutrisi penting ini, mulai dari sulit fokus pada pekerjaan, mengalami gangguan tidur seperti insomnia, stres yang terus menerus dan bisa merusak mood setiap harinya. Sebaiknya istirahatkan tubuh dengan baik, dapatkan tidur berkualitas, bukan hanya menyenangkan namun waktu istirahat yang cukup.

  3. Seng

    Banyak orang mengabaikan nutrisi penting ini, padahal memasuki usia 30 tahun, banyak wanita akan membutuhkan seng untuk mempertahankan kondisi tubuh. Pasalnya ini akan membuat reaksi enzim yang dapat menjaga ketahanan tubuh, sistem imun akan semakin bagus dan memengaruhi sistem reproduksi wanita.

    Baca juga : Tertekan Karena Stres? Coba Atasi Dengan Gerakan Meditasi

    Hati-hati, wanita yang kekurangan seng dalam tubuh, maka akan mengalami kesulitan untuk hamil, pasalnya kesuburan menurun akibat produksi hormon yang kacau. Hal ini juga memengaruhi kondisi kesehatan, mudah sakit hanya karena sebab kecil saja. Ini tidak boleh diabaikan begitu saja, pasalnya kini banyak wanita yang menikah di usia menjelang dan lebih dari 30 tahun.

    Bagaimana cara mengembalikan seng dalam tubuh, banyak konsumsi seafood, daging segar yang masih merah dan protein hewani lainnya. Ini memiliki kandungan seng tinggi, namun hindari stres dan kelelahan, ini akan membuat kondisi tubuh semakin lemah. Dimana vitamin dan mineral tidak bisa bekerja efektif.

Bukan hanya nutrisi penting di atas yang harus di konsumsi wanita jelang usia 30 tahun, namun harus membatasi konsumsi makanan instan dan kalengan. Selain itu hindari junk food dan kembali pada menu makanan sehat, ini akan membuat kondisi tubuh tetap terjaga. Hentikan kebiasaan minum alkohol dan rokok, perokok pasif lebih banyak mendapatkan kerugian.

Baca Juga:  Kram Perut Saat Menstruasi Hari Pertama? Atasi Dengan 4 Cara Mudah Ini!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply