Inspiration

3 Tips Cerdas Bebas Utang Di Tanggal Tua

Apa resolusi tahun depan, bebas utang. Banyak orang mengatakan hal tersebut, karena sudah lelah menghadapi tumpukan utang. Padahal ini dengan sadar di buat sendiri, tentu harus bisa menyelesaikan semua itu bukan. Apalagi gara-gara utang akhir bulan yang sangat memengaruhi jumlah pendapatan di awal bulan, kenapa ini masih saja terjadi.

Sekarang ini jumlah gaji karyawan sudah lebih banyak, bahkan perusahaan besar akan mengaji dengan nominal yang lebih dari ketetapan pemerintah, Upah Minimal Regional (UMR). Tapi kenapa masih terjebak dengan utang di akhir bulan, padahal ada tambahan insentif, lembur hingga tambahan dari dana tak terduga.

Hal ini ternyata dipengaruhi gaya hidup, gaji yang awalnya baik-baik saja, mendadak hilang bahkan setelah diterima. Hanya dalam hitungan menit, gaji tersebut berpindah. Istilah kerennya, numpang lewat. Ada baiknya membuat resolusi bebas utang di tahun mendatang, agar waktu gajian bisa tersenyum dan mendapatkan kesenangan yang diinginkan.

3 Cara Cerdas Wujudkan Resolusi Bebas Utang

bebas utang

Sumber : rolereboot.org

  1. Simpan Bon Belanja

    Kenapa harus menyimpan sampah yang akan memenuhi dompet, namun beberapa orang masih saja melakukan hal tersebut. Ternyata ini ada tujuan lain, dimana menyimpan bon belanjaan akan mengingatkan berapa uang yang sudah dikeluarkan, coba kumpulkan dan jumlahkan. Lihat berapa uang yang dibelanjakan setiap bulan.

    Jika sudah melihat, jika pengeluaran terbanyak ada pada bon belanjaan, kenapa tidak mulai mengubah polanya. Mulai dengan belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan, jika perlu buat daftar belanjaan apa saja yang perlu dibeli dan tidak. Jangan jadikan belanja sebagai pelarian dari bad mood dan stres, wanita cenderung akan menghabiskan uang lebih banyak.

    Menyimpan bon belanja juga menguntungkan karena tahu dimana mendapatkan harga terbaik untuk membeli suatu barang. Sehingga nanti di awal bulan, tidak bingung dimana bisa belanja semua barang kebutuhan dengan harga terbaik. Jangan ragu untuk mendapatkan potongan harga dan bandingkan semau harga sebelum final pembelian.

  2. Bayar Angsuran Awal Bulan

    Ada baiknya menyelesaikan pembayaran wajib, seperti cicilan mobil, motor hingga apartemen di awal bulan atau setelah gajian. Ini kewajiban yang harus dibayarkan, pasalnya jika lewat hari saja dikenakan denda yang sangat besar, apalagi jika sampai lewat bulan. Jangan sesekali menundanya, pendapatan hanya datang dari gaji bukan lagi sumber lainnya.

    tips bebas utang

    Sumber : blog.vanhornlawgroup.com

    Buatlah pengaturan, pembayaran semua cicilan di awal bulan, sehingga nanti jika akan belanja dan menabung dari sisa tersebut. Memang sangat menyiksa, namun ini cara paling efektif untuk bebas utang di masa tua atau di tanggal tua. Peminjaman singkat akan menerapkan bunga sangat besar dan di awal bulan harus menyelesaikan pembayaran lebih banyak.

    Selain itu, jika pastikan memiliki tabungan dan uang tak terduga. Hidup tidak selalu mulus, akan ada banyak keinginan dan rintangan. Saat ada masalah yang bisa diselesaikan dengan uang, maka lebih baik lakukan itu dengan cepat. Selain itu, jika ada dana darurat bisa digunakan untuk membantu diri sendiri dan orang lain yang membutuhkan.

  3. Simpan ATM Di Rumah

    Semua karyawan akan menerima gaji secara langsung ke rekening masing-masing, tujuannya untuk memudahkan pengelolaan dan tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Namun ATM memberikan kemudahan pembayaran, bahkan membeli minuman ringan saja bisa. Ini akan membuat setiap wanita jadi lebih gila belanja, tidak masalah tanpa dompet asalkan membawa ATM saja.

    Baca juga : Mulai Rubah 4 Pola Pikir Ini Untuk Jadi Kaya Raya

    Untuk menghilangkan itu semua, sebaiknya tarik uang dalam jumlah cukup untuk sehari-hari. Biasanya hanya butuh makan dan transport bukan, ini akan membuat siapa pun jadi berhemat. Bahkan tidak berani masuk ke toko untuk sekadar melihat barang karena hanya membawa uang sedikit saja, takut kurang nantinya.

    Cara ini terbilang efektif, apalagi saat belanja di supermarket. Pastikan hanya membawa uang pas, sehingga tidak tergoda mengambil barang lain yang tidak ada dalam list belanjaan. Bukan itu saja, membawa uang cash akan membuat kamu berpikir, bagaimana cara berhemat agar uang bisa tersisa hingga awal bulan mendatang dan jelas akan bebas utang selamanya.

Syarat utama agar bisa bebas utang adalah niat dan komitmen. Jika sudah berniat untuk berhemat dan memegang komitmen tidak akan mengambil utang, maka kehidupan akan lebih baik. Memang peningkatan hanya satu langkah, namun ini langkah mantap yang tidak tergoyahkan. Dari pada langsung naik 5 tangga dan berpotensi jatuh hingga dasar yang rasanya sangat menyakitkan.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply