Relationship

4 Alasan Kenapa Kamu Masih Single Jelang Usia Matang

Masih single hingga usia jelang 30 tahun, ini memang umur cukup rawan bagi para wanita. Namun lain halnya dengan perempuan millennial yang tinggal di kota besar, bahkan masih banyak yang sibuk mengejar karir dan impian. Hal ini tentu memancing rasa penasaran, kenapa masih betah sendiri padahal hampir sebagian besar teman-teman yang lain sudah berkeluarga.

Ada berbagai alasan yang dikemukan, bahkan hingga kesetaraan gender dengan lawan jenis. Kenapa pria tidak ditanya ‘kapan nikah’ meskipun sudah berusia di atas 30 tahun, kenapa harus wanita yang terus didesak dengan pertanyaan wajib setiap berkumpul dengan keluarga besar. Hal ini tentu saja tidak adil, apalagi jika Anda masih punya banyak mimpi yang belum terwujud.

Jangan mengira wanita betah single dan tidak membutuhkan pendamping hidup, semua orang ingin hidup bahagia dan membentuk keluarga, namun bagaimana jika belum bertemu yang cocok dan ingin menghabiskan waktu bersama. Apakah harus terjebak dalam rumah tangga hanya karena status, sebagian wanita kini sudah bisa lantang mengatakan tidak.

wanita single

Sumber : angkorempire.com

Ternyata ada banyak alasan kenapa banyak wanita yang masih single hingga usia matang, beberapa diantaranya memang karena masa lalu yang tidak ingin terulang kembali. Selain itu, ada juga yang terlalu fokus dengan mimpinya, hingga melupakan hal tersebut dan ada juga yang mengatakan sudah terlalu nyaman dengan hidup yang sekarang.

4 Alasan Utama Wanita Masing Single Hingga Usia Mapan

  1. Trauma Masa Lalu

    Anda tentu pernah menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis, jika kini harus sendiri biasanya karena ada masalah dan harus berakhir hubungan percintaan tersebut. Sebagian besar wanita yang masih single hingga kini, mengatakan memang trauma untuk menjalin hubungan serius dengan lawan jenis karena trauma di masa lalu.

    Bisa jadi, Anda tidak ingin mengalami rasa sakit yang sama kembali. Sehingga memutuskan untuk single saja, toh masih bisa berhubungan baik dengan lawan jenis selain cinta. Anda bisa memiliki banyak teman dan sahabat, ini bukan sebuah kendala pasti, namun jangan iri jika melihat pernikahan indah nan sakral pada teman-teman sebaya.

    Baca juga : Inilah 6 Cara Menjadi Wanita Lajang Yang Bahagia!

  2. Tidak Perlu Pacaran, Langsung Menikah

    Banyak memang wanita yang trauma untuk kembali pacaran atau memiliki hubungan dengan lawan jenis, tanpa ada ketetapan hukum dan bisa ditunjukkan pada semua orang. Sehingga berharap akan langsung mendapatkan pinangan atau lamaran dari orang lain, bisa jadi tidak dikenal sebelumnya atau pilihan orang tua.

    Kenapa ingin langsung menikah tanpa pacaran? Apakah tidak rugi jika nantinya menemukan sesuatu yang tidak disukai? Anda tidak akan mengalami kerugian sama sekali, pasalnya bisa jadi orang tua menerima lamaran karena memang sudah yakin, penilaian orang tua tidak akan salah bukan. Mengenal satu sama lain setelah menikah, ini sangat menyenangkan, apalagi jika ada hukum atau ketetapan yang dilanggar dalam agama.

  3. Punya Tujuan Hidup Lain

    Anda tentu sudah memiliki tujuan hidup, maka pasti ingin meraih target pencapaian di tahun mendatang. Apakah sudah menyelipkan ‘pernikahan’ ketika sudah merasa mapan? Kebanyakan anak muda yang terlalu fokus dengan pekerjaan lupa dengan kodratnya nanti sebagai ibu rumah tangga, dimana akan mengurus anak dan keluarga.

    Namun ini hal yang banyak terjadi, apalagi untuk anak sulung yang harus menjadi tulang punggung keluarga, Anda tentu tidak ingin melihat orang tersayang mengalami kesulitan. Maka dari itu, lebih memilih untuk bekerja keras sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan. Selain itu, saat memikirkan masa depan, terkadang tidak terbersit soal cinta, ini terjadi pada banyak laki-laki.

  4. Sudah Nyaman Dengan Kondisi Sekarang

    Wanita memang suka sekali dengan kenyamanan, bahkan memiliki ‘me time’ sendiri, jika perempuan sudah nyaman dengan dunianya sekarang ini, maka bisa jadi masih single di usia 30 tahun bukan masalah. Anda sudah mandiri, mapan dan tidak membutuhkan bantuan dari orang lain. Bahkan menganggap kehadiran laki-laki akan mengganggu ketenangan.

    Tidak semua wanita selalu mendambakan pertolongan dari pasangan, jika sudah terlalu mandiri maka bisa melakukan berbagai hal sendiri. Bahkan pekerjaan laki-laki sekalipun, dikelilingi oleh orang tersayang, sahabat dekat bahkan memiliki lingkaran permainan sendiri, maka jangan heran jika merasa nyaman dengan kehidupannya sekarang ini.

Jadi wanita yang masih single hingga usia 30 tahun bukan sesuatu menyedihkan dan patut dikasihani, semua ini adalah pilihan yang sudah dipikirkan baik dan buruknya. Malahan, Anda jangan menikah karena desakan banyak pihak, pernikahan bukan kebutuhan melainkan sebuah keputusan besar untuk memulai hidup baru dengan orang lain, hanya satu orang seumur hidup, jadi pikirkan baik-baik.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply