Lifestyle

4 Bahaya Terlalu Gengsi Dalam Memilih Pekerjaan

Cari kerja itu susah, makanya jangan buang kesempatan begitu saja. Tapi apa yang terjadi, banyak anak muda terkesan memilih pekerjaan atas dasar gengsi. Kenapa harus memikirkan gengsi, harusnya bersyukur bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat dari orang lain, apalagi yang sesuai dengan kemampuan dan ilmu perkuliahan yang didalami sebelumnya.

Tapi apa yang dilihat dari pekerjaan, biasanya berapa gaji yang akan didapatkan. Bukankah, penghasilan akan mengikuti kemampuan dan kerja keras, kenapa harus menolak gaji awal kecil jika nantinya kamu bisa berkembang dan mendapatkan gaji belum besar lagi. Inilah kegalauan yang dialami anak milenial dalam menentukan pekerjaan.

Apakah bijak memilih pekerjaan atas dasar gengsi, ini hanya memberikan kesenangan sesaat saja tanpa memikirkan jangka panjang. Ada baiknya mencari pekerjaan yang membuat kamu nyaman, melakukan pekerjaan tanpa bosan dan bersyukurlah jika sesuai passion. Ternyata ada efek negatif jika kamu mencari pekerjaan atas dasar gengsi semata.

4 Dampak Negatif Memilih Pekerjaan Atas Nama Gengsi

Gengsi Saat Memilih Pekerjaan

Sumber : asia.nikkei.com

  1. Kurang Fokus

    Gengsi memang bisa meningkatkan status sosial, tapi hidup bukan makan gengsi. Kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan gengsi, memenuhinya bersamaan memang bagus, tapi ini membutuhkan power yang cukup besar. Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah itu prestasi, jangan lihat jabatan atau gajinya, tapi lihat bagaimana kamu mengubah statusmu terlebih dahulu.

    Jadi pegawai atau karyawan itu lebih terhormat dari pada mahasiswa abadi atau pengacara (pengangguran banyak acara), sebaiknya fokus dengan apa yang berhasil didapatkan. Kalau masih saja mendewakan gengsi, maka akan mengurangi fokus dalam bekerja, tidak akan tenang dengan apa yang didapatkan. Akibatnya, impian hanya sebatas mimpi saja.

  2. Memicu Stres

    Semua tekanan yang memicu stres, tapi jika memilih pekerjaan hanya soal gengsi, ini bisa bikin kamu stres sendiri. Kenapa tidak mensyukuri apa yang berhasil didapatkan, tidak semua orang bisa mendapatkan posisi kamu sekarang ini. Lihat lagi, masih banyak orang di bawah mu, kenapa harus melihat ke atas jika bisa mengikuti hukum padi.

    Kamu bisa menikmati pekerjaan dari bawah, semua orang tidak mendapatkan yang diinginkan dengan instan, naik tangga juga dari bawah, jangan sampai terjadi sebaliknya. Coba kurangi gengsi, ini bikin kamu tambah stres, apalagi jika sampai melihat kehidupan orang lain bisa lebih bagus dengan instan. Apa yang serba kilat itu biasanya akan cepat selesai, kenapa tidak melihat masa depan yang lebih baik mulai dari sekarang.

  3. Kesempatan Terlewatkan Begitu Saja

    Terlalu mendewakan gengsi, kamu akan melewatkan banyak kesempatan bagus untuk meraih mimpi. Inilah yang terjadi pada pencari kerja yang terlalu memilih pekerjaan, tidak ada tawaran langsung menjadi bos. Kenapa tidak jadi anak buah bos terlebih dahulu, pelajari skill, pengalaman dan kemampuan dalam memimpin. Ini syarat untuk jadi bos yang baik dan menduduki jabatan lebih cepat dari bos sebelumnya.

    Cara Wanita Memilih Pekerjaan

    Sumber : lawpracticetoday.org

    Anak milenial memang mendewakan gengsi, itulah kenapa pengeluaran setiap bulannya semakin besar. Apalagi dengan gaya hidup modern yang serba instan dan menyenangkan, apapun yang diinginkan dapat terpenuhi, tapi lihat dahulu siapa yang memenuhi semua kebutuhan itu. Kalau masih dapat uang dari orang tua, jangan ngaku dewasa kalau masih dikasih uang saku harian.

  4. Kesuksesan Terbuang Di Depan Mata

    Banyak yang bilang, kegagalan awal dari kesuksesan, tapi ini semua hanya omong kosong belaka jika tidak belajar dari kegagalan tersebut. Sama halnya saat memilih pekerjaan, jangan menerima begitu saja tawaran jadi OB, tapi lihat dahulu apa penawaran kerja lainnya. Jika memang jadi OB untuk bos besar, bisa jadi tangan kanan nantinya.

    Baca juga : Kenali Kepribadian Koleris, Ciri dan Kelebihannya!

    Terlalu jauh melihat ke depan memang tidak boleh, coba maksimalkan apa yang sudah ada di depan mata. Ini semua yang membuat anak milenial berani dan bisa mencari inovasi baru, bahkan disukai dan dibutuhkan semua orang. Pasalnya mencari apa yang dibutuhkan sekarang, bukan hal yang terlalu besar dan tidak bisa diwujudkan. Mulailah mewujudkan mimpi dengan caramu sendiri, yakin dan berusaha, ini tidak akan mengkhianati hasilnya.

Jadi masih mau menomorsatukan gengsi dalam memilih pekerjaan, ini tidak tepat untuk kamu yang baru mendapatkan pekerjaan pertama. Sebaiknya jalani dahulu, memang awalnya menyulitkan namun kenapa tidak dijalani sebaik mungkin. Saat kamu sudah punya power, nantinya bisa meningkatkan gengsi tapi menyulitkan kehidupan di masa depan.

Baca Juga:  4 Keistimewaan Sahabat Introver Itu Selalu Dirindukan

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply