Body & Skin Care

4 Cara Benar Dan Tepat Untuk Membersihkan Vagina

Vagina merupakan organ intim wanita yang sangat sensitif, dimana bisa terjadi apapun jika ada benda atau virus yang masuk ke dalamnya, sehingga harus ekstra hati-hati dalam perawatannya. Apalagi saat membersihkan vagina, niat hati ingin membersihkan agar tetap sehat namun cara yang dilakukan salah maka bisa berakhir bencana.

Hampir semua wanita yang terkena vonis kanker serviks dari dokter tidak percaya, kenapa penyakit mematikan tersebut mendiami terlalu lama. Kebanyakan baru diketahui setelah memasuki stadium akhir, dimana kondisi vagina sudah semakin parah. Hal ini membuat penderita semakin down, sehingga harapan hidup semakin pendek.

Maka dari itu, perlu diberikan edukasi bagaimana cara membersihkan vagina dengan tepat. Ini bukan hal tabu, sehingga bisa dilakukan bersama anak-anak. Supaya bisa mengerti dan tidak menyesal, kenapa tidak melakukan metode tersebut sejak dini. Jangan tunggu hingga vagina mengeluarkan tanda-tanda tidak nyaman, seperti gatal dan mengeluarkan bau tak sedap.

Terapkan 4 Cara Besar Membersihkan Vagina Secara Menyeluruh

cara membersihkan vagina

Sumber : suara.com

  1. Bersihkan Vagina Bagian Luar Saja

    Membersihkan vagina tidak seperti bagian tubuh lainnya, dimana tidak perlu melakukan pembersihkan secara menyeluruh, kenapa demikian? Karena vagina bagian dalam bisa melakukan pembersihkan tersendiri dan sebaiknya tidak dicampuri sama sekali, cukup tidak meneletakkan atau memasukkan barang asing saja, maka vagina akan tetap aman.

    Bagian luar vagina justru harus mendapatkan perhatian ekstra, dibersihkan setiap harinya. Ingat, saat membilas setelah buang air kecil, lakukan gerakan ke belakang bukan sebaliknya. Hal ini untuk mengurangi virus atau kotoran mengendap di bagian luar vagina. Inilah yang membuat vagina mengeluarkan bau tak sedap, pasalnya menjadi sarang berkumpulnya kuman dan kotoran.

  2. Jaga Kadar pH Vagina

    Hal yang harus dilakukan untuk membersihkan vagina, jaga pH di dalamnya, ini harus berada di kisaran 3,5 dan maksimal pada 4,5. Apalagi saat mandi, hindari membersihkan vagina dengan sabun, karena sabun bersifat basa dengan tingkat asam hingga 8, inilah yang merusak keseimbangan pH yang ada di vagina.

    Apa yang harus dilakukan, cukup bilas dengan air bersih saja dan jangan sampai ada benda yang menempel di vagina. Jika ada benda asing, maka segera singkirkan atau tanyakan pada dokter. Vagina akan mengalami gangguan dengan tanda mulai terasa gatal, mengeluarkan bau tak sedap dan iritasi. Jika sudah demikian, tidak boleh melakukan penanganan sendiri dan harus datang pada ahlinya.

  3. Hilangkan Kotoran Setiap Harinya

    Vagina letaknya di antara tempat pembuangan, hal ini membuat racun dalam tubuh bisa jadi mampir di bagian luar vagina. Maka dari itu, harus membersihkan vagina setiap harinya, hal ini untuk mengurangi tumpukan keringat, sisa sekresi yang tidak mudah hilang. Bahkan jika bisa mencukur bulu kemaluan, tidak perlu terlalu pendek namun hindari saat sudah terlalu rimbun.

    tips membersihkan vagina

    Sumber : bum1l.blogspot.com

    Perhatikan juga, membersihkan vagina cukup satu kali saja setiap harinya. Jangan terlalu sering, ini akan memengaruhi kadar pH di dalamnya. Pasalnya saat dibersihkan, terjadi naik turun kondisi pH, hindari penggunaan kain. Pakai handuk yang benar-benar halus, ini mencegah terjadinya luka atau robekan di area vagina yang sulit disembuhkan, pasalnya berada di lipatan dan di tempat yang selalu lembab.

  4. Hindari Douche

    Ini merupakan tindakan membersihkan vagina di bagian dalam, cukup hanya bagian luar saja yang terlihat. Tidak perlu menggosok atau memasukkan benda lainnya, karena tidak akan banyak membantu. Dimana bagian dalam vagina sudah bisa membersihkan sendiri, tanpa bantuan alat atau zat apapun. Hal ini karena di dalam vagina sudah terdapat bakteri baik dan jahat, keduanya harus berada di tahap seimbang.

    Baca juga : 3 Nutrisi Penting Wajib Dipenuhi Langsung Dari Makanan Setelah Memasuki 30 Tahun

    Tidak boleh salah satunya mendominasi, karena ini akan membuat terjadinya gangguan. Saat nekad membersihkan vagina di bagian dalam, maka bisa terjadi infeksi jamur, masuknya virus dan kuman sehingga menimbulkan gangguan. Ada baiknya hanya dibersihkan pada bagian luar dan periksa ke dokter jika mulai muncul gangguan yang tidak nyaman lagi.

Ada baiknya setiap wanita mengerti bagaimana cara membersihkan vagina dengan baik, hal ini agar tidak menyesal kemudian. Hampir semua pasien kanker serviks tidak pernah melakukan seks bebas, hanya ibu rumah tangga atau belum menikah. Ini diakibatkan ketidaktahuan cara membasuh vagina dengan tepat.

Baca Juga:  Ketahui 3 Manfaat Lebih Tidak Cuci Muka Di Pagi Hari

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply