4 Cara Cerdas Dan Cepat Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Hari gini masih cari lowongan kerja dari Koran atau datang langsung ke kantor kantor, ini cara bodoh yang menghabiskan banyak waktu dan modal. Sekarang, perusahaan besar sudah mengumumkan posisi kosong dari website resminya, bahkan bisa langsung melamar secara online. Anda hanya perlu datang jika lolos dari persyaratan dan tes awalnya.

Ini cara paling mudah bukan, selain hemat waktu Anda juga tetap bisa bekerja atau mengerjakan hal lainnya. Bahkan mengurangi rasa kekesalan karena seharian berputar mencari kerja, namun tidak mendapatkan hasil apapun. Di depan komputer atau sekadar searching di smartphone lebih menyenangkan bukan, ini akan membuat Anda bisa memilih dengan tepat.

Selain itu, mencari lowongan kerja secara online juga bisa menyesuaikan kemampuan, lulusan akhir hingga apa yang menjadi passion Anda. Bisa jadi, Anda mendapatkan tawaran kerja dari luar negeri. Asalnya punya kualifikasi yang bagus, pengalaman kerja, semua ini bukan mimpi bahkan impian untuk bekerja di perusahaan besar sudah di depan mata.

4 Cara Cepat Sekaligus Cerdas Mencari Lowongan Kerja Secara Online

lowongan kerja online
Sumber : glints.com
  1. Jenjang Karier

    Anda harus tahu terlebih dahulu jenjang karier yang diinginkan, ini jadi patokan tepat untuk memilih pekerjaan. Sekali lagi, jangan memilih job secara random meskipun baru saja lulus, karena ini bisa jadi menentukan masa depan Anda. Pahami kemampuan diri dan passion, Anda tentu tidak ingin terjebak dalam pekerjaan yang menyebalkan setiap harinya bukan.

    Setelah memutuskan mana pekerjaan yang ingin diikuti, Anda bisa mencoba beberapa lowongan kerja yang tersedia. Tentukan juga perusahaan utama yang ingin dimasuki, ini akan jadi prioritas utama. Bahkan jika bisa buat Curriculum Vitae (CV) terbaik untuk mendapatkan perhatian utama. Selain itu, pastikan Anda memenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan, maka peluang diterima akan semakin besar.

  2. Cari Perusahaan Ideal

    Anda memang membutuhkan pekerjaan, karena tidak menyenangkan sebagai pengangguran. Tidak memiliki aktivitas, tidak berpenghasilan dan hanya sebagai sampah masyarakat. Ada baiknya, sebelum lulus sudah melakukan bidikan pada perusahaan ideal yang sesuai dengan kemampuan, persiapan untuk bisa digunakan agar lamaran kerja pertama langsung diterima.

    Baca juga : Livienne Russelia, Kisah Wanita Sukses Pendiri Vienna

    Selain itu, jika memilih bekerja di tempat yang diinginkan, tidak akan pernah bosan dan mengeluh capek dengan cepat. Pasalnya Anda sudah menyukai pekerjaan dan tempat bekerja terlebih dahulu, selain itu tidak akan merasa seperti bekerja. Melainkan melakukan aktivitas seperti biasa, ini akan jadi hal yang menyenangkan bukan.

  3. Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan

    Anda harus mengenal dengan baik perusahaan yang akan dimasuki lowongan kerja, mulai dari background, bagaimana memperlakukan karyawan, tekanan yang diberikan hingga berapa gaji yang ditawarkan. Jangan sampai, sudah melamar kerja dan merasa kecewa dengan beberapa hal, hanya karena tidak membaca latar belakang perusahaan sebelumnya.

    bikin cv isi lowongan kerja
    Sumber : rocketmanajemen.com

    Ini juga bisa jadi wawasan saat interview, dimana akan terlihat sudut pandang Anda. Apakah yakin bisa diterima atau tidak,  ini akan menentukan karyawan akan betah bekerja dan tidak mengundurkan diri secara cepat. Dimana beberapa perusahaan juga menyodorkan kontrak, jika Anda tidak mematuhinya, maka otomatis harus membayarkan penalti.

  4. Pilih Dan Teliti Sebelum Kirimkan Lamaran Kerja

    Jangan membabi buta dengan mengirimkan semua lamaran pada setiap lowongan kerja, lihat dulu spesifikasinya. Apa yang dibutuhkan, lihat juga kemampuan, dimana penempatan kerja dan berapa gaji yang ditawarkan. Banyak fresh graduate selalu mencari kerja sembarangan yang penting bisa kerja dan memakai baju rapi, ini sebuah gagasan yang salah.

    Lebih baik untuk meneliti setiap lowongan yang membuat Anda tertarik, kirimkan lamaran yang menarik dan nantinya akan ada tindak lanjut dari perusahaan. Pencari kerja tentu sudah tahu bagaimana karakter jobseeker, sehingga Anda harus jadi profesional jika ingin dihormati dan mendapatkan posisi bagus, meskipun baru pertama kali bergabung.

Anak baru, tidak selalu menempati posisi terendah. Bisa jadi, Anda langsung mendapatkan lowongan kerja sebagai atasan, jangan ragu dan malu. Anda sudah terpilih, tentu perusahaan yakin bahwa Anda bisa. Kenapa tidak mencoba membuktikan jika Anda memang pantas di posisi tersebut, kerja keras akan membuktikan bahwa Anda bisa.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

2 thoughts on “4 Cara Cerdas Dan Cepat Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *