Body & Skin Care

4 Cara Efektif Atasi Kuku Menguning

Perawatan bukan hanya pada wajah, untuk wanita ini menyeluruh pada semua bagian tubuh. Apalagi untuk kuku, sering kali melakukan manicure dan pedicure untuk merawat sekaligus mempercantikan tampilan kuku. Apa kabar kuku menguning ? Ini bisa terjadi pada siapa saja, apalagi jika jarang konsumsi makanan sehat dan sering kekurangan jam tidur.

Ternyata bukan itu saja, kuku berwarna kekuningan disebabkan terlalu sering berganti-ganti warna cat kuku, ini terjadi karena kandungan aseton pada pembersihkan cat kuku. Terlebih lagi, saat membersihkan kuku nantinya ditimpa dengan cat kuku yang baru, akibatnya tidak bisa membersihkan secara menyeluruh sehingga menimbulkan kekuningan.

Bukan itu saja, kebiasaan buruk merokok juga menyebabkan kuku menguning, hal ini karena sisa kotoran tar dan nikotin yang masuk dalam sela-sela kecil kuku. Cara terbaik untuk mengatasinya, mulailah berhenti merokok, apalagi ini bukan kebiasaan baik yang merugikan semua orang. Ada juga yang mengalami kuku jadi menguning akibat infeksi jamur, ini bahkan lebih parah karena terjadi penebalan setelah itu mengelupas hingga terlepas.

Masih ingin kuku dalam kondisi sehat dan tidak menimbulkan gangguan lainnya, ternyata ada cara sehat untuk merawat kuku menguning. Namun ada baiknya jika menjadi perokok aktif, hentikan kebiasaan tersebut dan mulai lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat mengembalikan warna kuku sehat seperti sediakala.

Baca Juga:  Trik Menghalau Penuaan Dini Pada Kulit Tangan

4 Trik Untuk Menghilangkan Kuku Menguning

atasi kuku menguning

Sumber : lifestyle.okezone.com

  1. Perasan Lemon

    Bukan hanya baik untuk kulit karena mengandung vitamin C berlebih, ini juga efektif untuk masalah kekuningan yang terjadi pada kuku. Hanya perlu merendam dalam air perasan jeruk lemon, secara alami akan mengembalikan warna kuku, bahkan lebih bagus dari sebelumnya. Ini juga mengatasi masalah jari tangan yang terlalu kaku dan terlihat kusam.

    Caranya, ambil beberapa butir lemon, peras dan campurkan dengan air secukupnya. Rendam kuku dalam wadah kecil minimal 15 menit, setelah itu bilas dengan air, lakukan ini setiap sore hari. Usahakan agar tidak menggigit kuku, melakukan kegiatan yang cukup kotor dan tidak memanjangkan kuku sementara.

  2. Baking Soda dan Peroxide

    Baking soda memang efektif menghilangkan kekuningan pada kuku, apalagi jika sudah terlalu parah. Namun kali ini dicampurkan dengan hydrogen peroxide, tujuannya untuk mengembalikan warna kuku seperti sebelumnya. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin, apalagi jika kuku menguning sudah terlalu lama, minimal enam hingga delapan minggu.

    Caranya, campurkan hydrogen peroxideda dan baking soda, perbandingkan 1:2, larutkan dalam air. Jika tidak ada baking soda, bisa menggantikan dengan air. Setelah kedua bahan larut, oleskan pada kuku yang menguning seperti penggunaan cat kuku. Diamkan 5 menit dan bilas dengan air dingin, ini harus dilakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

  3. Pasta Gigi

    Ini cara yang paling mudah untuk menghilangkan kuku menguning, pasalnya bisa langsung tanpa menggunakan bahan lainnya. Pilih pasta gigi yang berwarna putih tanpa tambahkan apapun, ini akan memutihkan kuku, cara kerjanya seperti menggosok gigi, namun diamkan beberapa menit akan menyerap sempurna.

    merawat kuku menguning

    Sumber : femme.id

    Caranya, oleskan tipis saja pasta gigi berwarna putih di semua bagian kuku, apalagi di sisi samping yang berwarna kekuningan parah. Gosokkan lembut dengan sikat gigi, diamkan minimal 5 menit dan bilas dengan air dingin. Namun cara ini tidak bisa menghilangkan kuku menguning yang sudah menahun, hanya luka ringan atau baru terdapat kekuningan saja.

  4. Buffing Ringan

    Ini cara paling ekstrem dan cocok untuk kuku menguning terlalu lama, pasalnya akan menghilangkan lapisan kuku bagian teratas agar bisa mendapatkan warna kuku aslinya. Namun tidak disarankan, pasalnya akan mengikis dan membuat kuku semakin rapuh, ini bisa menyebabkan mengelupasan dan terjadi masalah kuku.

    Baca juga : Tips Cerdas Hindari Gagal Potong Rambut

    Ada baiknya jika ingin melakukan buffing ringan, konsultasinya pada spealis kulit dan kuku, sehingga bisa mendapatkan penanganan tepat. Biasanya warna kuning yang terdapat pada kuku bisa hilang dengan cara menghilangkan penyebabnya, namun cara ingin menghilangkan bagian teratas kuku dan berpotensi terjadi pecah kuku jika tidak melakukan perawatan benar pasca treatment.

Ada baiknya berpikir ulang saat mewarnai kuku, bahan alami sekalipun akan tetap meninggalkan residu yang akan merugikan. Jika sudah mengalami kuku menguning, ada baiknya melakukan perawatan secara alami terlebih dahulu, ini memang cukup lama dan harus rutin. Namun jika ingin cara yang lebih cepat, pastikan tidak melakukan sendiri dan datang ke salon kecantikan untuk mendapatkan penanganan ahlinya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply