4 Cara Maksimalkan Tabungan Untuk Menghindari Masalah Keuangan

Masalah keuangan memang akan datang pada siapa saja, hal ini karena tidak bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Banyak orang mengalami besar pasak dari pada tiang, lebih tinggi pengeluaran dari jumlah pendapatan. Solusinya harus bisa maksimalkan tabungan yang dimiliki sekarang, apakah ini terbukti efektif.

Anda tentu sudah diajarkan untuk menabung sejak kecil, bahkan tidak asing dengan peribahan hemat pangkal kaya. Namun nyata semua orang dewasa mulai melupakan kebiasaan baik tersebut, hal ini karena menilai menabung bukan lagi tindakan efektif. Mengingat suku bunga yang ditawarkan rendah, tapi ini cenderung aman dan bisa digunakan saat terdesak.

tips maksimalkan tabungan
Sumber : prelo.co.id

Jika Anda tidak ingin mendapatkan masalah keuangan di akhir bulan, pada masa pensiun atau hari tua. Ada baiknya mulai sekarang maksimalkan tabungan yang dimiliki, jangan ragu untuk mengambil kembalian dalam bentuk logam. Anda bisa menabung di celengan, hasilnya tidak pernah mengecewakan dan jadi dewa penolong saat sedang kesusahan.

4 Cara Tepat Maksimalkan Tabungan Di Masa Produktif

  1. Tetapkan Tujuan Pasti

    Anda harus tahu untuk apa menabung, misalkan ingin membeli barang mahal seperti rumah atau mobil. Bisa juga sekadar untuk menyimpan uang dan akan digunakan dalam keadaan terdesak, jangan hanya menabung untuk santai namun jadikan sebuah kewajiban setiap tanggal gajian. Karena ini nantinya bisa jadi sebuah kebiasaan bagus yang tidak ingin Anda tinggalkan.

    Cobalah untuk langsung menyisihkan sebagian gaji yang diterima di akhir atau awal bulan, biarkan uang menetap di rekening berbeda dari yang digunakan setiap harinya. Setelah terkumpul cukup banyak, tentukan tujuan jangka pendek, jika ini sudah bisa atasi maka bisa membuat jangka menengah dan panjang.

  2. Berikan Reward Untuk Pencapaian Menabung

    Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah, orang tua sekalipun suka saat diberikan kado. Kenapa tidak memberikan penghargaan berupa reward untuk diri sendiri yang berhasil maksimalkan tabungan, misalkan target bulan depan harus menabung hingga 5 juta, Anda berhasil melampaui karena mendapatkan bonus dari kantor.

    Baca juga : 4 Tipe Orang Memperlakukan Uang Miliknya, Coba Cek Kamu Masuk Yang Mana?

    Cobalah untuk memberikan reward di bulan mendatang, seperti membeli barang yang di sukai atau pergi liburan. Ini akan membuat Anda semakin terpacu untuk menabung lebih banyak lagi, uang reward tersebut tidak berasal dari tabungan melainkan pendapatan lainnya. Cobalah, hal yang menyenangkan dan menyehatkan kantong.

  3. Buka Rekening Khusus Tabungan

    Anda dapat dengan mudah maksimalkan tabungan dengan membuat rekening khusus, bahkan jika bisa menyulitkan dalam hal penarikan. Misalkan pilih bank lokal yang tidak memiliki fitur ATM, sehingga mau tak mau jika ingin mengambil uang harus secara langsung datang ke bank. Ini tentu merepotkan dan bisa jadi membatalkan niat mengambil uang tabungan.

    Tujuan lain dengan memisahkan uang tabungan dan penggunaan uang harian, Anda bisa mendapatkan jumlah pasti berapa besar tabungan hingga detik ini. Selain itu, biasanya tabungan khusus penyimpanan memberikan uang lebih besar dan tidak ada potongan, namun harus memenuhi persyaratan tertentu, misalkan tidak bisa diambil beberapa tahun di awal pembukaan.

  4. Membuka Investasi Aman

    Tentu tidak mungkin mengandalkan uang tabungan di masa tua, Anda memang mendapatkan pensiun namun jumlahnya bisa jadi kurang. Maka dari itu, sebaiknya berani untuk mencari investasi. Pilih yang aman dan keuntungan semakin meningkat, pelan tidak masalah asalkan mengurangi tingkat risikonya.

    Misalkan bermain valas, Anda bisa membeli mata uang luar negeri dengan harga tinggi dan menjualnya saat sedang meroket. Namun ini juga mengandung risiko yang cukup besar, tapi tetap bisa memberikan keuntungan. Lain lagi para wanita yang memilih berinvestasi pada emas dan tanah, memang naiknya cukup lama namun harganya selalu stabil dan naik setiap tahunnya.

Nah bukan hal sulit untuk maksimalkan tabungan yang Anda miliki, hanya satu yang harus Anda miliki niat untuk mulai menabung. Hal ini sangat sulit sekali, ada baiknya kembali berpikiran seperti anak kecil, dimana setiap kali ingin barang baru, menabung terlebih dahulu hingga jumlahnya cukup baru bisa membelinya.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “4 Cara Maksimalkan Tabungan Untuk Menghindari Masalah Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *