Body & Skin Care

4 Cara Mudah Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Perut kembung tentu akan menyulitkan Anda beraktivitas seperti biasanya, apalagi jika dalam masa menstruasi. Ini akan menambahkan derita sepanjang hari, sehingga jangan heran wanita akan lebih mudah marah saat PMS, karena memang mengalami gejolak yang tidak menyenangkan secara tiba-tiba.

Anda tidak perlu konsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit perut, ini akan hilang dengan sendirinya meskipun butuh waktu. Namun bagi Anda yang tidak sabaran, sudah pasti akan menempuh jalan singkat, bisa dengan minum obat penghilang rasa sakit bisa juga konsumsi jamu yang lebih alami dan tanpa efek samping.

makanan atasi perut kembung

Sumber : hellosehat.com

Ternyata ada cara mudah untuk menghilangkan perut kembung saat menstruasi, hal ini tidak banyak terpikir padahal bisa Anda lakukan dengan cepat. Pasalnya bisa jadi yang Anda lakukan setiap harinya, namun terasa malas saat datang bulan. Apa saja itu? simak ulasan berikut ini.

4 Cara Mudah Atasi Perut Kembung Saat Masa Datang Bulan

  1. Konsumsi Sumber Protein dan Makanan Kalium Tinggi

    Anda bisa memulai dengan memilih makanan yang akan di konsumsi, sebaiknya hilangkan yang terlalu berat metabolisme tubuh. Adanya baik konsumsi buah dan sayur, namun lebih disarankan konsumsi buah dengan kandungan kalium tinggi, seperti tomat, pisang, asparagus dan melon. Ternyata buah tersebut mengandung mineral yang bisa membuang kelebihan gas dengan mudah, karena inilah yang menyebabkan perut kembung saat menstruasi.

    Ada banyak gas yang terjebak dan tidak bisa keluar dari perut, sehingga membuat Anda kembung. Istilah orang jawa ‘masuk angin’, ini memang mengharuskan Anda kentut dan baunya sangat tidak sedap. Namun setelah kentut semu akan kembali normal, hal ini memang secara alami bisa dilakukan. Bisa juga dengan konsumsi berprotein tinggi, namun tidak selalu dari hewan, coba konsumsi tahu dan tempe sehingga bisa menurunkan hormon berlebih di perut.

  2. Hentikan Konsumsi Makanan Mengandung Gas

    Saat perut dalam kondisi kembung, maka banyak gas yang terjebak, ada baiknya tidak menambah lagi jumlahnya. Caranya dengan menghindari makanan yang bisa menghasilkan gas, apalagi jika menambah buruk baunya. Seperti Kol, Brokoli, Kembang Kol dan Selada.

    Baca juga : Kram Perut Saat Menstruasi Hari Pertama? Atasi Dengan 4 Cara Mudah Ini!

    Ini merupakan sayuran sehat yang banyak mengandung serat, namun menghasilkan gas tertinggi dan menimbulkan bau tak sedap. Bisa jadi bau keringat saat menstruasi semakin buruk karena terlalu banyak konsumsi sayuran tersebut, ada baiknya menghindari terlebih dahulu. Bisa menggantinya dengan karbohidrat, namun lebih disarankan konsumsi buah.

  3. Mulailah Berolahraga Teratur

    Anda yang rajin mencatat kapan waktu datang bulan, maka tahu perkiraan pastinya. Sebaiknya mulai berolahraga 2 hingga 3 hari sebelum datang bulan, karena ini bisa menghindari perut kembung akibat menstruasi. Selain itu, saat hari pertama menjadi lebih lancar dan tidak merasakan sakit berlebih, banyak juga yang menyebutkan olahraga seperti lompat tali akan mempercepat datang bulan.

    Cobalah untuk sering olahraga santai di pagi dan sore sebelum bekerja, misalkan jogging pagi sekitar kompleks atau bermain lompat tali di halaman rumah. Ini akan sangat menyehatkan dan membuat gas tidak ada yang terjebak dalam perut, selain itu bisa mengontrol berat badan dan membuat pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

  4. Singkirkan Makanan Manis

    Ngemil makanan manis di pagi dan sore hari dengan secangkir teh memang menyenangkan, namun ini semua harus dihentikan saat menstruasi. Pasalnya jika terlalu banyak konsumsi gula akan membuat perut menjadi lebih keras, bisa memproduksi gas lebih banyak dan memicu perut kembung. Bukan hanya permen, namun semua makanan yang mengandung pemanis buatan.

    Ada baiknya menggantikan dengan camilan sehat, seperti yoghurt, sereal atau buah-buahan saat menstruasi. Ini akan memberikan banyak kebaikan, jika memang terasa lapar makan saja porsi cukup, ini akan memberikan tenaga. Namun bersiapkan mendapatkan tambahan berat badan, karena makan di luar jam biasanya.

Sekarang Anda tahu bukan makanan apa saja yang menyebabkan perut kembung saat menstruasi, ada baiknya mulai menghindari saat datang bulan segera datang. Anda bisa makan kembali setelah melewati hari ketiga, dimana hormon akan kembali normal dan perut sudah tidak terasa sakit. Namun hati-hati saat buang angin, karena baunya akan lebih busuk.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply