Body & Skin Care

4 Jenis Makanan Sehat Dapat Membuat Tubuh Tetap Awet Muda

Mau terlihat cantik dan awet muda? Bukan makeup dan skin care yang memberikan jaminan tersebut, namun pola makan dan pola hidup yang harus diperbaiki. Cobalah mulai sekarang lebih banyak konsumsi makanan sehat, banyak orang dewasa lebih menyukai junk food karena rasanya lebih enak dan gurih, sehingga meninggalkan makanan menu sehat yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Akibatnya, sekarang ini banyak orang baru memasuki usia 30 tahun namun terlihat lebih tua, hal ini bukan karena faktor genetika dan lingkungan saja, namun apa yang di konsumsi setiap harinya. Secara rutin kulit akan mengalami regenerasi, namun fasenya akan semakin panjang karena produksi kolagen semakin berkurang.

Tubuh tidak lagi bisa memproduksi, sehingga harus memberikan secara langsung melalui makanan. Itulah sebabnya, kini banyak di jual menu makanan sehat yang tetap enak di lidah dan bermanfaat untuk tubuh. Apalagi untuk wanita yang ingin terlihat awet muda, perlu makanan yang dapat memaksimalkan produksi kolagen pada kulit. Coba konsumsi beberapa makanan berikut ini agar terlihat awet muda.

4 Jenis Makanan Sehat Dapat Membuat Wajah Awet Muda

makanan sehat bikin awet muda

Sumber : nulis.co.id

  1. Tomat

    Sayur sekaligus buah ini memang mengandung vitamin C, ini sangat bagus untuk kulit. Selain menghilangkan tumpukan sel kulit mati penyebab kusam, dapat juga mencerahkan kulit secara alami. Bahkan sangat dianjurkan konsumsi secara langsung dan bentuk segar, tanpa diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan vitamin dan mineral maksimal.

    Sayur yang berwarna merah ini dapat mengatasi masalah penunaan dini akibat polusi dan paparan sinar matahari langsung. Dimana terdapat kandungan Lycopene yang akan membuat kulit terlihat awet muda, jika memang tidak suka konsumsi langsung, gunakan sebagai masker dengan iris tipis atau hancurkan, lakukan treatment setiap sore hari dan rasanya perbedaannya.

  2. Ayam Kalkun

    Tidak banyak wanita menyangka, jika ayam kalkun, jenis ayam yang tidak banyak digunakan di Indonesia, ikut andil membuat wajah terlihat awet muda. Unggas dengan ukuran jumbo ini banyak memiliki kandungan protein essensial, dimana dapat memaksimalkan produksi kolegan secara alami dalam tubuh.

    ayam kalkun menu makanan sehat

    Sumber : elshinta.com

    Terdapat juga kandungan lisi, prolin dan glisin, sehingga bisa memaksimalkan produksi kolagen. Selain itu lisin dalam kandungan ayam kalkun sangat bagus karena membantu sistem sistesis kolagen sehingga menghasilkan lebih banyak dan berkualitas. Cara konsumsi ayam kalkun sehingga jadi makanan sehat, sebaiknya di panggang karena memiliki lemak yang cukup banyak. Konsumsi 2 kali dalam sepekan akan membuat kulit terasa cerah dan kembali kencang.

  3. Paprika Merah

    Sayuran pedas yang sering kali disingkirkan banyak orang, karena rasanya tidak enak dan pahit. Ternyata merupakan makanan sehat yang berperan aktif membuat wajah terlihat awet muda, sekarang banyak wanita mulai konsumsi sayuran sehat dengan tokoh utama paprika merah. Pasalnya mengandung vitamin C lebih tinggi dari cabai dan jeruk.

    Baca juga : 3 Jenis Teh Wajib Di Konsumsi Untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

    Paprika merah akan merangsang produksi kolagen dalam tubuh, ini sangat membantu untuk wanita usia 30 tahun, dimana produksi kolagen semakin berkurang. Ini sayuran yang bisa di masukan dalam smoothies, salad dan makanan apapun. Bahkan sangat bagus di konsumsi secara langsung dalam bentuk mentah.

  4. Salmon

    Bukan hanya memberikan manfaat baik untuk jantung dan otak, salmon merupakan salah satu ikan laut dengan manfaat bagus untuk kulit. Maka dari itu, makanan sehat dari ikan salmon banyak diminati wanita. Bukan hanya enak, namun kandungan asam lemak omega 3 dapat mencegah dan mengatasi peradangan yang membuat kerusakan produksi kolagen dalam tubuh.

    Hal ini biasanya terjadi akibat lingkungan dan gaya hidup kurang sehat, ini juga terjadi jika terlalu banyak berada di bawah sengatan sinar matahari secara langsung. Ada baiknya, konsumsi ikan salmon minimal sekali dalam sepekan, tidak perlu diolah terlalu lama, goseng atau kukus saja dengan menambahkan garam dan merica, rasanya sudah enak.

Ternyata makanan sehat yang bisa menjaga wajah terlihat awet muda ada di sekitar kita, bahkan diabaikan begitu saja seperti paprika merah. Beberapa wanita sudah membuktikan sumber protein seperti ayam kalkun dan ikan salmon juga memberikan pengaruh lebih, namun konsumsi sayuran sehat dan segar seperti tomat dan paprika merah memberikan efek jangka panjang lebih baik.

Baca Juga:  5 Produk Bali Alus Untuk Perawatan Tubuh Alami

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply