Penyebab Kerusakan Rambut
Body & Skin Care

4 Kebiasan Sehari-hari Menyebabkan Kerusakan Rambut

Bagi wanita rambut merupakan mahkota yang patut dijaga keindahannya, sudah pasti melakukan perawatan rambut secara rutin untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan kecantikannya. Tapi kenapa kerusakan rambut bisa terjadi? Padahal sudah melakukan banyak perawatan dengan produk unggulan, ternyata ada kebiasaan salah yang dilakukan setiap harinya.

Ini hal wajar yang tetap dilakukan, meskipun tahu akan berdampak buruk bagi rambut. Bahkan sebagian orang menganggap ini hal wajar saja, namun akibatnya bisa mengganggu kesehatan rambut. Salah satunya dengan pemilihan produk kecantikan rambut berbahan kimia, padahal menjanjikan rambut indah, namun apa yang didapatkan.

Tidak semua wanita mendapatkan hasil sama saat melakukan perawatan rambut dengan satu produk, bahkan hingga mengakibatkan kerusakan rambut. Maka dari itu harus melihat kondisi dan jenis rambut, sebelum memilih produk perawatan. Tapi ada baiknya mulai menghindari kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak rambut.

4 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengancam Kerusakan Rambut

Kebiasaan Menyebabkan Kerusakan Rambut

Sumber : storiesofworld.com

  1. Menyisir Rambut Saat Basah

    Keramas merupakan cara membersihkan rambut secara menyeluruh, sering kali setelah mandi masih dalam kondisi basah atau setengah kering. Sebaiknya tidak langsung menyisir rambut, biarkan kering terlebih dahulu sebelum menyisirnya. Hal ini akan mengakibatkan rambut mudah patah, rontok dan menyebabkan kebotakan.

    Bagaimana cara mengatasi rambut kusut setelah keramas, ada baiknya menyisir rambut terlebih dahulu sebelum keramas, ini akan membuat kondisi rambut tidak terlalu kusut. Selain itu, hindari mengeringkan rambut secara instan dengan hair dryer, ini akan membuat rambut rapuh dan mudah patah nantinya. Pasalnya terjadi pemanasan rambut dan dipaksakan kering secara instan. Ada baiknya mengeringkan rambut dengan handuk atau di angin-anginkan saja, biasanya 10 hingga 15 menit akan kering dengan sendirinya.

  2. Terlalu Sering Keramas

    Membersihkan rambut biasanya dilakukan dua hari sekali, ini sudah cukup untuk menghilangkan kotoran, sisa debu hingga potensi tumbuh ketombe. Shampoo yang digunakan merupakan bahan kimia, sebenarnya tidak baik digunakan karena bisa menghilangkan minyak. Maka dari itu, terlalu sering keramas akan menyebabkan kerusakan rambut.

    Pasalnya minyak di akar rambut berfungsi untuk menjaga kelembapan, memperkuat akar hingga menjaga kesehatan kulit kepala. Jika setiap harinya keramas, malahan lebih parahnya setiap kali mandi kamu keramas, kandungan essensial minyak alami akan hilang dan menyebabkan rambut kusam, kering dan mudah patah.

    Coba keramas minimal 2 hari sekali atau dua kali dalam seminggu, ini sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut hingga akarnya. Sehingga tidak akan terjadi kerusakan, hilangkan kebiasaan selalu keramas setelah mandi. Jika memang terkena air, maka gunakan shower cap yang biasanya terbuat dari plastik.

  3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

    Rambut panjang memang membuat gerah, sehingga beberapa wanita memilih mengikatnya. Hal kecil ini ternyata memicu terjadinya kerusakan rambut, apalagi jika mengikat rambut terlalu kencang. Beberapa wanita bahkan sering kali membuat bentuk rambut sanggul, agar lebih indah dan rapi setiap harinya di kantor, padahal ini merusak rambut secara tidak sadar.

    Mengikat Rambut Terlalu Kencang Menyebabkan Kerusakan

    Sumber : plussizewomenfashion.com

    Mengikat rambut secara berlebihan akan membuat rambut tertarik, mudah patah dan kerontokan lebih banyak dari normal. Ada baiknya tidak terlalu sering mengikat rambut dan hindari dari bahan karet yang cukup kencang. Gunakan saja ikatan longgar sehingga mudah lepas, ini akan membuat rambut bisa bernapas dengan baik dan tidak mudah rusak.

  4. Terlalu Sering Menyisir Rambut

    Untuk mendapatkan rambut halus, harus rajin menyisir rambut, ini adalah ajaran salah. Pasalnya untuk mendapatkan rambut halus, harus melakukan perawatan dengan rajin, menjaga kebersihan hingga tidak boleh terlalu sering mengikat rambut, terutama sebelum tidur. Seperti menyisir rambut setelah mandi dengan kondisi rambut basah, ini akan menyebabkan kerontokan.

    Baca juga : hMusim Hujan Datang, Hindari Kulit Wajah Kusam dan Gelap

    Sebaiknya menyisir rambut dalam kondisi kering sempurna dan tidak boleh menarik rambut terlalu kencang, cara menyisir rambut juga sebaiknya pelan-pelan dan penuh kesabaran. Jangan terlalu keras dan kuat, sehingga menyebabkan kerontokan. Apalagi saat bangun tidur, sebaiknya menyisir rambut pelan-pelan atau menempatkan rambut dalam shower cap agar tidak kusut.

Tanpa melakukan perawatan secara menyeluruh di salon kecantikan, tetap bisa menjaga kerusakan rambut asalkan tidak melakukan kebiasaan buruk di atas. Tapi hampir semua wanita masih melakukan kebiasaan tersebut, sehingga menyebabkan rambut mengalami kerontokan lebih banyak dari jumlah normal setiap harinya.

Baca Juga:  5 Hal Harus Dihindari Saat Pengisian Ponsel, Demi Keselamatan Bersama

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply