Body & Skin Care

4 Langkah Mudah Hilangkan Cat Kuku Gel

Cat kuku memang sering kali digunakan untuk mempercantik tampilan kuku, apalagi saat wanita sedang menstruasi. Namun kesalahan saat membersihkan cat kuku bertekstur gel memberikan dampak jangka panjang kurang bagus, dimana kuku akan jadi menguning dan rapuh. Ada baiknya menghilangkan sisa cat kuku gel dengan sempurna, karena ini lapisan yang cukup sulit dihilangkan.

Cat kuku kini bukan hanya pelapis yang dapat hilang saat digigit atau tergores, kini sudah ada dalam bentuk gel yang mudah aplikasi dan tidak mengeluarkan bau tak sedap. Selain itu, cat kuku gel juga lebih tahan lama dan tidak perlu memoles terlalu banyak, cukup sekali saja sudah mendapatkan hasil menawan, tapi harus memperhatikan perawatan dan menghilangkan dengan sempurna.

Masalah muncul saat wanita ingin ganti warna cat kuku, maka harus dibersihkan terlebih dahulu. Jarang wanita bisa membersihkan secara menyeluruh sendiri, ada baiknya mendatangi nail art atau salon kecantikan yang sudah memiliki tahapan perawatan tepat. Namun jika tidak punya banyak waktu dan budget, masih bisa kok membersihkan sendiri.

Di lansir dari laman Purewow.com, dimana ada beberapa tahapan untuk menghilangkan cat kuku gel dengan sempurna, pasalnya tidak mudah menghilangkannya dari kuku tanpa harus memotongnya. Persiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan, mulai dari penghapus cat kuku aseton, kapas, aluminium foil, kikir kuku dan pendorong kutikula.

Baca Juga:  Tisu Basah Untuk Membersihkan Wajah, Kenali Dampak Negatifnya!

4 Langkah Mudah Hilangkan Cat Kuku Gel

cara menghilangkan cat kuku gel

Sumber : elbabeautycourseslondon.com

  • Step 1

    Langkah awal untuk menghapus cat kuku gel, bersihkan dahulu semua permukaan kuku. Gosok lembut di bagian atas kuku, tujuannya agar tidak memecahkan lapisan luar kuku. Ada banyak pemula pengguna nail art yang mengalami hal tersebut, pasalnya tidak menjaga kebersihan dan di bagian atas akan terjadi retakan.

    Selain itu, remover yang digunakan jadi lebih hemat. Ini akan mudah meresap dan membersihkan cat kuku, apalagi untuk tekstur gel yang merekat sempurna. Biasanya membutuhkan lebih banyak remover, terlebih mengeluarkan aroma yang kurang menyenangkan. Beberapa jenis kulit juga tidak ramah dengan remover cat kuku.

  • Step 2

    Ambil sedikit kapan dan gunakan jepitan, akan lebih efektif menggunakan cotton bud dengan aplikator tambahan, sehingga remover tidak terkena permukaan tangan. Gunakan sedikit saja terlebih dahulu, hal ini untuk melihat ketahanan cat kuku. Tidak semua cat kuku dengan tekstur gel bisa dihilangkan dengan mudah, beberapa diantaranya sulit dihilangkan.

    tahapan hilangkan cat kuku gel

    Sumber : groupon.com

    Lilitkan ini pada semua kuku dan gunakan aluminium foil sebagai lapisan terakhir. Pastikan posisi kapas tidak bergeser dan diamkan minimal 30 menit, ini untuk memudahkan menghilangkan cat kuku. Tidak perlu memberikan gosokan, pastikan tidak terkena air dan tidak banyak bergerak terlebih dahulu, ini yang akan menentukan cat terlepas atau tidak.

  • Step 3

    Setelah kering dan tidak lagi mengeluarkan bau, coba lepaskan aluminium foil dan lihat apakah cat kuku gel sudah terlepas. Jika belum secara sempurna, lilitkan kembali dan tunggu beberapa saat. Misalkan memang hanya tinggal sedikit yang belum terlepas, coba gunakan pendorong kutikula, namun pastikan tangan dalam kondisi bersih.

    Baca juga : Mau Terlihat Lebih Muda, Coba Rubah Gaya Rambut Ini

    Pendorong kutikula bisa digunakan untuk membersihkan sisa cat kuku di bagian sela-sela yang tidak terjangkau kapas dengan aseton pembersih cat kuku. Lakukan ini dengan perlahan saja, tidak perlu terlalu keras. Tekan lembut saja, tidak perlu terlalu agresif dan lakukan gerakan seringan mungkin. Lapisan kuku akan hilang dengan sendirinya, jika terlalu keras dikhawatirkan kuku jadi lebih rapuh dan menghilangkan lapisan paling atas.

  • Step 4

    Setelah cat kuku gel bisa terlepas dengan sempurna, segera cuci tangan dengan air mengalir, tidak perlu menggunakan sabun cuci tangan. Jika kuku terasa kaku, diamkan sebenar agar cairan aseton yang digunakan tadi bisa menguap. Namun beberapa wanita mengaku ujung jari dan kuku menjadi lebih kaku, bisa menggunakan lotion atau minyak kutikula.

    Ini hanya optional saja, pasalnya cat kuku yang digunakan sangat beragam dan masing-masing memiliki ketahanan cat yang berbeda. Jika merasa kaku bisa menggunakan lotion, ini akan melembapkan kuku dan tidak membuat rapuh. Lotion bisa mengembalikan kondisi kuku, apalagi ujung kuku yang terkena resapan aseton, biasanya akan terasa gatal hingga panas.

Coba gunakan cara membersihkan cat kuku gel di atas jika memang mengalami kesulitan untuk menghilangkan nail art, lama dan banyaknya aseton yang digunakan tergantung dengan kualitas cat kuku. Jika dalam sekali oles saja sudah memberikan hasil sempurna, bisa jadi memiliki daya rekan dan cat yang tinggi, sehingga lebih sulit dibersihkan.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply