Lifestyle

4 Langkah Untuk Membuang Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan merupakan hal yang sering kali dilakukan, apalagi jika pekerjaan tersebut tidak Anda sukai. Namun ini harus tetap dilakukan, banyak atasan yang tidak suka dengan sifat buruk satu ini jika ada di salah satu bawahannya, bahkan tidak jarang memberikan kado manis berupa surat peringatan (SP).

Anda tidak bisa menunda jobdesk yang sudah diberikan, sekalipun multitasking namun harus tetap fokus mengerjakan satu hal bukan, dimana tidak bisa menyelesaikan semuanya dalam satu waktu yang sama. Otak akan kebingungan menentukan mana yang terpenting, maka dari itu selesaikan satu per satu agar benar-benar selesai semuanya.

Rasa malas memang jadi penyebab utama kenapa menunda pekerjaan, coba lihat semua orang mengerjakan jobdesk masing-masing, kenapa Anda harus mengeluh jika memang sudah memilih job ini sebelumnya. Perusahaan menawarkan pekerjaan bukan dan Anda menyanggupinya, sekalipun awalnya hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja.

Untuk menghilangkan sifat buruk ini, ada baiknya memiliki satu kebiasaan baru yang menyenangkan. Misalkan mendengarkan musik sambil bekerja, karena tidak mungkin membunyikan musik di ruangan, coba dengarkan musik dari headset atau earphone. Ini akan membuat Anda nyaman, jika tidak coba lakukan beberapa hal berikut ini.

4 Kebiasaan Untuk Menghilangkan Keinginan Menunda Pekerjaan

menunda pekerjaan di kantor

Sumber : advertisingweek.com

  1. Hindari Smartphone Dan Televisi Saat Bekerja

    Dua gadget ini benar-benar akan menyita perhatian, pasalnya baik smartphone dan televisi berbasis audio dan video, sehingga akan membuat mata dan telinga berubah fokus. Ini tentu akan mengganggu kinerja, apalagi jika dalam satu ruangan terdapat televisi dengan ukuran cukup besar di salah satu sudutnya, ini harus dihilangkan.

    Pekerjaan akan lebih maksimal, sehingga bisa menyelesaikan lebih cepat. Selain itu, fokus hanya ada pada pekerjaan saja, tidak ada suara yang mengganggu. Untuk smartphone, ada baiknya dalam mode silent saat bekerja, Anda bisa mengecek jika ada panggilan atau sesuatu yang darurat saat pekerjaan sudah selesai atau di jam istirahat.

  2. Hilangkan Berpikir Terlalu Lama

    Semua pekerjaan tentu membutuhkan pemikiran, apalagi jika masih dalam tahap perencanaan. Hal ini yang membuat Anda banyak berpikir dan akhirnya menunda pekerjaan karena malas. Biasanya terjadi karena sudah tahu akan sangat sulit menyelesaikannya, ada banyak bagian yang harus diselesaikan atau menemukan pekerjaan yang tidak di sukai.

    Baca juga : 5 Cara Pribadi Introvert Bisa Lebih Terbuka Dengan Orang Lain

    Ada baiknya langsung dikerjakan dan bukan dipikirkan saja, ini hanya akan membuat rasa mala situ datang. Coba lakukan, semua pekerjaan sebenarnya ringan jika sudah masuk dalam tahapan penyelesaian, namun banyak orang terkadang malas untuk memulainya. Ini hal yang tidak boleh Anda lakukan terus menerus, pastikan memulai pekerjaan di pagi hari saat masih segar.

  3. Kerjakan Bagian Yang Disukai Dahulu

    Saat Anda masih sekolah, guru selalu mengatakan jika saat test kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Hal ini ada maksud tersendiri, mengerjakan soal yang mudah tentu akan membuat Anda senang, apalagi jika langsung ditemukan jawabannya. Hal serupa harus dilakukan dalam pekerjaan, pilih mana bagian yang dianggap mudah dan bisa diselesaikan dengan cepat terlebih dahulu.

    karyawan menunda pekerjaan

    Sumber : theconversation.com

    Bagaimana jika menyelesaikan bagian yang sulit dahulu? Ini akan membuat Anda sudah pusing dan tidak ada niat lagi mengerjakan soal selanjutnya, akibatnya akan stuk di bagian itu dan tidak akan beranjak. Inilah yang jadi penyebab utama menunda pekerjaan selanjutnya, jangan lupa ini tanggung jawab yang harus Anda selesaikan sendiri.

  4. Buat Wish List Pencapaian Kerja

    Sudah jelas, atasan akan membuat deadline kapan pekerjaan harus diselesaikan. Ini bukan tekanan bagi mereka yang sudah tantangan baru, tapi kenapa tidak membuat pencapaian kerja sendiri yang diatas deadline dari kantor. Ini akan membuat Anda lebih produktif dan mendapatkan pertimbangan untuk menempati jabatan lebih tinggi.

    Coba buat wish list pencapaian kerja, ini Anda sesuaikan dengan kemampuan kerja. Jika memang ingin tantangan, coba challenge diri sendiri untuk mencoba hal baru. Misalkan hari ini harus bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum jam 12 siang, sehingga bisa mengerjakan tugas besok sebagai cicilan dan bekerja jadi lebih santai lagi.

Ada banyak cara untuk memotivasi karyawan agar tidak lagi melakukan kebiasaan buruk menunda pekerjaan, ini bukan hanya menghambat pertumbuhan karyawan itu sendiri, namun bisa merugikan perusahaan. Jika kinerja Anda masih seperti ini terus, maka bisa digantikan orang lain dan mendapatkan surat pemecatan.

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Insomnia yang Berkepanjangan!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply