Lifestyle

4 Manfaat Penting Bagi Tubuh Minum Air Putih Cukup Setiap Harinya

Tubuh tersusun dari 70 persen air, bahkan otak tersusun dari 85 persen air, sehingga sangat penting minum air putih setiap harinya. Ini akan membuat tubuh menjadi terlihat lebih segar, bersemangat dan tidak mengalami penuaan dini. Hal tersebut akan Anda rasakan sendiri, mulai dari usia muda maka jangan abaikan kebutuhan air putih untuk tubuh.

Meskipun sadar jika tubuh membutuhkan banyak asupan air putih, rata-rata orang dewasa enggan konsumsi air putih. Alasannya klise, tidak memiliki rasa sehingga hambar. Padahal tubuh membutuhkan minimal 2 liter air putih, sehingga disarankan minum air putih minimal 7 gelas setiap harinya. Jika kekurangan air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Bukan hanya itu saja, gejala ringan seperti sakit kepala atau suhu tubuh meningkat, bisa jadi karena kurang minum air putih. Hal ini juga bisa menjadi masalah serius untuk kesehatan pencernaan dan kurang fokus. Kenapa tidak menerapkan pola hidup sehat dengan hemat, dimana air putih memberikan banyak manfaat yang mungkin tidak disadari banyak orang.

5 Manfaat Lebih Minum Air Putih Cukup Setiap Harinya

minum air putih

Sumber : indianexpress.com

  1. Kebaikan Untuk Otak

    Tanpa Anda sadari, minum air putih setiap harinya memberikan kontribusi untuk otak. Hal ini karena air adalah komposisi terbanyak dalam otak, bayangkan saja jika asupan air kurang, maka otak tidak akan bekerja maksimal. Hal pertama yang akan terasa, kurang fokus, mudah lelah dan otak tidak memberikan perintah dengan tepat.

    Bukan itu saja, kelelahan jadi hal utama yang Anda temui jika kurang konsumsi air putih, coba mulai gaya hidup sehat dengan minum air putih lebih banyak. Ini akan meningkatkan kinerja otak, kemampuan berpikir bahkan fokus semakin terjaga. Selain itu, gerak reflek untuk kewaspadaan semakin peka, bahkan bisa memberikan energi cadangan.

  2. Menurunkan Berat Badan

    Tidak perlu banyak strategi untuk menurunkan berat badan, coba minum air putih lebih banyak, ini efektif menurunkan berat badan. Hal ini karena air putih 0 kalori, sehingga cocok sebagai minuman sehat program diet. Sehingga saat stres dan minum dalam jumlah banyak, tidak akan meningkatkan berat badan.

    Bahkan jika lapar, sebaiknya minum air putih, karena perut dalam kondisi penuh sehingga bisa menunda lapar. Orang yang sering minum apalagi air putih, akan jarang kelaparan sebelum waktunya. Memang akan ke kamar mandi lebih sering, namun ini bagus untuk membersihkan racun dan lemak dalam tubuh.

  3. Kulit Terasa Lebih Bersih

    Usia memang lawan yang tidak bisa dikalahkan oleh semua makeup dan skincare, Anda tentu tidak bisa melawan penuaan yang muncul akibat usia. Namun  masalah kulit dan inflamasi tidak bisa diabaikan begitu saja bukan, ternyata ada cara mudah untuk menghambatnya. Coba minum air putih lebih banyak setiap harinya, bahkan jika bisa saat bangun tidur.

    kebaikan minum air putih

    Sumber : ndtv.com

    Di pagi hari terdapat banyak racun yang akan keluar dari tubuh, cara yang paling tepat adalah buang air kecil. Dengan minum air putih lebih banyak di pagi hari, maka dapat mengeluarkan racun, kotoran dan lemak lebih efektif. Ini akan membuat kulit terasa lebih halus, segar, kencang dan terlihat lebih glowing dari wanita dengan usia sama.

  4. Sistem Imun Tubuh Terjaga

    Mau tidak gampang sakit? Cukup minum air putih lebih banyak, pasalnya air putih memberikan banyak manfaat untuk organ penting dalam tubuh. Hal ini akan mendukung sistem imun tubuh tetap meningkat, itulah kenapa orang sakit membutuhkan banyak cairan tubuh untuk masuk. IV yang dimasukkan secara paksa, isinya larutan dan lebih enak di konsumsi langsung dalam bentuk air putih bukan.

    Baca juga : 5 Destinasi Wisata Wine Terbaik Di Dunia

    Air di dalam tubuh berperan efektif menghilangkan dan membawa racun keluar dari tubuh, sehingga sistem imun akan mengalami peningkatan. Ini akan jadi sumber energi bagi tubuh, agar tetap bertahan dari serangan virus dan kuman. Apalagi saat cuaca sedang tidakbersahabat, coba minum air putih lebih banyak untuk menghindari penyakit dengan penularan langsung dari udara.

  5. Hidup Hemat

    Hingga kini harga air putih masih jauh lebih murah ketimbang bahan bakar minyak (BBM), ini menandakan jika negara juga mendukung pola hidup sehat dengan perbanyak minum air putih. Tidak selalu harus membeli air minum kemasan, bisa merebus sendiri dengan air yang tersedia, baik dengan air PAM atau sumur, tidak ada pengaruh berbeda.

    Selain itu, harga air putih minum kemasan selalu lebih murah dari air minum berwarna lainnya atau soda. Bahkan dapat tambahan hidup jadi lebih sehat dan kuat, ada cara lagi untuk hidup lebih hemat. Biasakan membawa air putih dalam botol minum isi ulang, sehingga tidak perlu membeli minuman setiap kali haus di jalan.

Ada banyak sekali manfaat minum air putih lebih banyak setiap harinya bukan, mulai mendukung pola hidup sehat, tidak mudah sakit, bisa menurunkan berat badan bahkan hingga mengurangi jumlah pengeluaran harian. Biasakan minimal minum 7 gelas setiap harinya, bahkan jika bisa lebih di pagi hari sebelum beraktivitas.

Baca Juga:  Kenali 3 Tipe Kepribadian Utama Wanita

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply