Relationship

4 Masalah Pernikahan Memicu Perceraian, Bukan Cuma Perselingkuhan

Menikah bukan solusi dari masalah, melainkan keputusan tepat untuk memulai kehidupan dengan keluarga baru. Maka dari itu, pasangan yang akan menikah dipastikan harus cocok, saling menerima kekurangan satu sama lain dan diharapkan bisa mengatasi masalah pernikahan yang terjadi setelahnya, bukan sebelum pernikahan berlangsung.

Kebanyakan orang mengira, kesetiaan jadi modal utama. Padahal banyak masalah lain yang mengintai pada setiap rumah tangga, jika kalah dari masalah tersebut maka bersiaplah untuk hancur dan terpisah. Tapi jika berhasil mengatasi bersama, maka hidup akan terasa lebih bahagia. Karena kebahagiaan itu, bukan hanya soal senyum, tawa dan gembira. Ada sedih, air mata, kecewa dan khawatir.

Inilah hidup yang harus dihadapi, semua orang punya permasalahan sendiri dan harus bisa menyelesaikan dengan caranya sendiri. Jangan mengira rumah tangga adem ayem saja jika bisa menghindari soal perselingkuhan, ternyata ada beberapa masalah pernikahan serius yang bisa memicu perceraian.

4 Masalah Pernikahan Lebih Serius Dari Perselingkuhan

Kenali Masalah Pernikahan

Sumber : playworld.id

  1. Hubungan Tanpa Cinta

    Menikah harus atas dasar suka satu sama lain dan punya cinta, inilah yang akan menyatukan dua orang yang sangat berbeda. Tapi bagaimana jika sudah tidak ada cinta, kehidupan rumah tangga akan terasa hampa, kering bahkan sering kali memicu pertengkaran hanya karena hal kecil saja. Maka dari itu, pupuk cintamu dengan pasangan mulai sekarang.

    Kenapa harus tetap ada bara asmara dalam hubungan rumah tangga, ini yang akan mengingatkan kamu dan pasangan untuk kembali pulang. Menerima kekurangan masing-masing, bisa menghargai dan tetap kembali meskipun ada banyak masalah yang harus dihadapi. Saat hidup bersama tanpa cinta, ini akan memberikan penderitaan, jika tidak lagi cinta kenapa harus mempertahankan ini semua.

  2. Setiap Bertemu Selalu Bertengkar

    Wajar memang ada pertengkaran dalam rumah tangga, apalagi pengantin baru. Pasalnya baru kenal dan hidup bersama, lumrah kalau ada satu lain hal yang berbeda dan tidak seindah yang dibayangkan sebelumnya. Tapi jika pertengkaran terus menerus terjadi, maka bisa jadi perpisahan sudah di depan mata, bukan lagi akan menyatukan dua pihak.

    Pertengkaran Masalah Pernikahan Penyebab Perceraian

    Sumber : davidwolfe.com

    Bertengkar memang boleh, namun harus ada solusi dari semua masalah tersebut, selesaikan satu per satu, jangan mengendap dan dibiarkan begitu saja. Marahnya orang sabar itu berbahaya, apalagi jika mengendapkan masalah terus menerus, bisa jadi bukan lagi cinta melainkan kebencian, inilah masalah pernikahan yang lebih buruk dari perselingkuhan.

  3. Terlalu Cemburuan

    Cemburu memang bukti cinta, bahkan takut kehilangan satu sama lain. Biasanya yang mudah cemburu itu wanita, bahkan tidak mau mendengarkan penjelasan dari pasangannya. Ini akan jadi masalah pernikahan yang serius, pasalnya kamu tidak mungkin hidup hanya dengan pasangan, tentu nantinya akan berinteraksi dengan orang lain.

    Baca juga : 5 Cara Efektif Menghilangkan Cemburu Pasangan

    Ada baiknya menyelesaikan masalah ini segera, duduk berdua dan bicarakan semuanya dari hati ke hati. Jangan sampai rasa cemburu ini semakin dalam dan akhirnya menimbulkan masalah yang tidak diinginkan, ingat tidak boleh egois dan klaim kepemilikan setelah menikah. Kamu juga ogah kalau dituduh selingkuh hanya karena dekat dengan rekan kerja atau pulang bersama.

  4. Miskomunikasi

    Ini hal kecil yang berpotensi jadi masalah besar, ada baiknya memperbaiki cara komunikasi, agar terjalin dua arah. Komunikasi yang baik dengan pasangan akan menghilangkan prasangka buruk, rasa khawatir berlebihan dan menumbuhkan rasa percaya satu sama lain. Jangan sampai kesalahpahaman akan jadi masalah besar.

    Bahkan beberapa pasangan harus ada di meja hijau dan mempertaruhkan rumah tangga hanya karena masalah miskomunikasi, ini masalah pernikahan yang cukup serius dan harus diperbaiki dua arah. Jangan hanya pasangan atau laki-laki saja yang mengerti, para wanita juga harus tahu komunikasi yang baik itu tahu quality time, tidak perlu setiap saat dan setiap waktu.

Menjalani kehidupan rumah tangga itu memang tidak mudah tapi bukan juga mengalami banyak kesulitan, kembali lagi pada pasangan yang menjalani. Jangan sampai masalah pernikahan di atas akan merusak janji sehidup semati yang diucapkan sebelumnya, kamu tentu tidak ingin menikah dan akhirnya bercerai. Sebaiknya hindari beberapa masalah di atas yang biasanya akan bermuara pada perselingkuhan.

Baca Juga:  5 Alasan Kenapa Cinta Bukan Soal Posesif

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply