4 Pantangan Warna Hijab Bisa Membuat Wajah Terlihat Kusam

Kini sudah banyak wanita muslimah yang mulai menutup auratnya, bahkan Indonesia berhasil menjadi salah satu kiblat fashion dunia untuk hijab. Hal ini tentu mengundang perhatian, dimana ada berbagai macam warna hijab yang bisa menjadi pilihan, sehingga penampilan wanita muslimah kini tidak terlihat monoton.

Bahkan bisa memadukan hijab untuk berbagai kegiatan, mulai aktivitas harian, ke kantor sekaligus untuk menghadiri acara resmi seperti seminar atau pesta pernikahan. Bahkan banyak wanita mengaku lebih nyaman setelah menggunakan hijab, selain itu terlihat lebih cantik karena dapat memancarkan inner beauty yang sebelumnya terpendam.

warna hijab wanita berhijab
sumber : merdeka.com

Anda tentu punya hijab dengan berbagai warna, pasti punya warna favorit yang sering kali digunakan untuk berbagai acara. Namun tahukah Anda juga ada warna hijab yang cenderung membuat wajah terlihat lebih kusam, ini tentu tidak akan menunjang penampilan. Hal tersebut karena warna terlalu mencolok dan menutupi kecantikan wajah, sebelum kulit terlihat lebih kusam. Ada baiknya ketahui warna apa saja yang sebaiknya dihindari saat menggunakan hijab.

Mulai Hindari 4 Warna Hijab Yang Dapat Kulit Menjadi Kusam

  1. Putih

    Ini warna hijab yang banyak digunakan semua muslimah, putih memang melambangkan suci dan bersih. Digunakan sebagai mukena untuk kerudung, namun jika Anda perhatikan sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kulit cenderung sawo matang, sehingga kurang tepat jika memilih warna putih. Selain itu, bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih kusam, kenapa bisa demikian?.

    Warna putih akan membuat wajah terlihat kusam karena sangat kontras dengan warna pigmen kulit, inilah yang membuat hijab putih sebaiknya tidak dipadukan dengan warna senada. Misalkan ingin menggunakan hijab warna putih, gunakan atasan yang memiliki corak berwarna, bisa juga memadukan dengan makeup natural, sehingga wajah tetap terlihat cerah.

    Baca juga : Siapa Bilang Introvert Tidak Bisa Bergaya? Ini Tipsnya!

  2. Kuning

    Banyak rekomendasi warna hijab untuk pemilik wajah gelap, sebaiknya menggunakan warna terang yang kontras dengan wajah. Namun sebaiknya tidak memilih warna hijab kuning, hal ini akan membuat wajah menjadi terlihat lebih kusam. Hal tersebut karena warna kuning dapat memantulkan cahaya, sehingga wajah akan terlihat lebih gelap.

    Jika memang harus menggunakan hijab dengan warna kuning, siasati dengan menggunakan atasan netral seperti putih, sehingga tetap netral dan mendapatkan pencahayaan yang cukup. Bisa juga memilih warna kuning yang agak gelap, seperti mustard, sehingga wajah tidak terlihat kusam apalagi untuk acara yang berlangsung lama.

  3. Merah

    Ini warna yang cukup berani, banyak orang terlihat lebih cerah dan ceria. Namun tidak jika menggunakan hijab warna merah, wajah Anda akan terlihat lebih kusam dari sebelumnya. Hal ini serupa dengan warna kuning, hijab merah akan memantulkan cahaya sehingga kulit menjadi terlihat lebih kusam, apalagi dengan penggunaan makeup yang tebal.

    Anda akan terlihat seram dan tidak fresh, bahkan tampak kusut dan kusam seperti kelelahan dan membutuhkan penyegaran. Jika memang ingin warna hijab merah, sebaiknya pilih warna merah bata atau merah maroon, ini akan membuat penampilan lebih lebih cantik, berani dan mencolok.

  4. Ungu

    Ini warna yang banyak digunakan wanita berhijab saat ini, apalagi dengan gradasi warna ungu dan unik. Kebanyakan bahkan dilakukan anak remaja, ini memang tidak salah dimana penampilan menjadi terlihat lebih ceria dan fresh. Namun bagaimana dengan orang dewasa atau cenderung tua, warna ungu akan membuat wajah terlihat lebih kusam.

    Hal ini karena dapat memantulkan cahaya, jika memang tetap ingin menggunakan warna hijab ungu, pilih yang lebih soft seperti ungu yang pastel. Ini cocok untuk wajah yang cenderung kekuningan, sehingga terlihat lebih putih. Dapat juga memadukan dengan atasan putih, sehingga warna ungu bisa terlihat lebih menonjol.

Jangan sembarangan memadukan warna hijab yang akan digunakan, bisa jadi akan membuat penampilan semakin buruk. Gunakan warna yang bisa mendukung seperti dengan memperhatikan warna kulit, sebaiknya untuk kulit gelap pilih warna netral dan pastel, sehingga cahaya tidak memantul dan membuat wajah bisa satu tingkat lebih cerah tanpa bantuan makeup.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “4 Pantangan Warna Hijab Bisa Membuat Wajah Terlihat Kusam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *