4 Hal Penting untuk Persiapan Pensiun bagi Wanita, Sudah Disiapkan?
Lifestyle

4 Hal Penting untuk Persiapan Pensiun bagi Wanita, Sudah Disiapkan?

Persiapan pensiun bagi wanita penting untuk diperhatikan sejak dini. Meski sudah memiliki pasangan, bukan berarti wanita bisa santai urusan finansial ya. Justru butuh lebih sering diskusi dengan pasangan mengenai hari tua kelak, termasuk persiapannya.

Buat kamu yang sudah berumah tangga, yuk belajar mengenal hal-hal apa saja yang dibutuhkan saat pensiun kelak. Berikut beberapa persiapan pensiun bagi wanita yang bisa kamu pelajari.

Diskusi dengan Pasangan

Diskusi dengan Pasangan

sumber: Pexels

Membicarakan masalah keuangan keluarga harus menjadi agenda wajib dengan pasangan. Bersikaplah saling terbuka mengenai uang, akan jauh lebih baik jika dibahas sejak sebelum menikah. Coba ajak pasanganmu untuk diskusi tentang pengelolaan uang, mulai dari jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Dengan cara ini, setidaknya kamu dan pasangan menjadi paham apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Nah, tugas wanita adalah mengingatkan pasangan mengenai persiapan pensiun. Hari tua kalian harus dibicarakan berdua ya.

Rencana Dana Pensiun

Rencana Dana Pensiun

sumber: Pexels

Setelah itu, cobalah untuk mempelajari instrumen apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk menabung dana pensiun. Tentukan kira-kira di usia berapa kamu dan pasangan tidak produktif lagi bekerja. Kalian bisa memperkirakan biaya per bulan yang harus disiapkan mulai sekarang.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Murah dan Bermanfaat

Kamu harus sepakat dulu dengan pasangan, apakah dana pensiun mau disatukan atau masing-masing. Ada baiknya kamu benar-benar memahami tujuan keuangan sebelum berinvestasi. Reksadana saham bisa menjadi pilihan persiapan pensiun bagi wanita.

Memiliki Asuransi

Memiliki Asuransi

sumber: Pexels

Pesiapan pensiun bagi wanita yang paling penting adalah punya asuransi. Entah itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Kamu tentu tidak bisa menolak andai tiba-tiba musibah terjadi padamu kan?

Jangan semata-mata mengandalkan asuransi suamimu, sebias mungkin milikilah asuransi sendiri ya. Proteksi diri sendiri juga perlu, oleh sebab itu sebisa mungkin siapkan dana untuk asuransi. Minimal kamu memiiki asuransi kesehatan dari pemerintah.

Menentukan Kota saat Pensiun

Menentukan Kota saat Pensiun

sumber: Pexels

Hal terakhir ini mungkin terdengar sepele, tapi perlu direncanakan dari sekarang loh. Andai kamu sedang berkarier di kota besar, pikirkan apakah kamu ingin menghabiskan masa tua di sana? Atau kamu dan suami butuh tempat lebih tenang?

Pilihan kota untuk pensiun menentukan persiapan apa saja yang harus kamu lakukan. Misalnya, kamu butuh menyiapkan dana rumah untuk hari tua jika ingin kembali tinggal di kampung halaman. Hal seperti ini wajib dipertimbangkan mulai sekarang ya!

Semoga catatan di atas dapat membantumu dalam persiapan pensiun ya. Wanita harus melek perencanaan keuangan sejak dini loh.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply