4 Persiapan Penting Harus Dilakukan Sebelum Resign Kerja

Resign kerja memang sebuah keputusan yang berat, apalagi jika sudah berada di sini terlalu lama. Namun Anda merasa tidak ada perubahan, semakin stres dengan tekanan terlalu banyak dan akhirnya mengambil langkah besar untuk mengajukan surat pengunduran diri, apakah ini sudah menjadi keputusan tepat?.

Hal ini memang harus jadi pertimbangan matang, apa alasan Anda memilih mengajukan surat resign? Padahal sudah lama bekerja dan tidak terdapat kendala dengan perusahaan, bisa jadi masalah ada pada lingkungan kerja. Anda merasa tidak nyaman dengan teman atau lingkungan, sehingga merasa tidak sehat dan memilih untuk keluar.

Namun jangan resign kerja begitu saja, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, agar tidak jadi pengangguran parah. Bahkan bisa jadi mengalami stres setelah tidak lagi bekerja, memang harus ada persiapan sebelum mengajukan surat pengunduran diri, sehingga akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

4 Persiapan Sebelum Mengajukan Surat Resign Kerja

keputusan resign kerja
Sumber : cantik.tempo.co
  1. Punya Dana Cukup

    Anda tidak bisa hidup tanpa uang bukan, sekalipun masih tinggal dengan orang tua. Namun punya kebutuhan lain yang harus dipenuhi sendiri buka, coba chek berapa jumlah saldo di rekening sekarang ini. Bukan untuk berfoya-foya, melainkan untuk pegangan dan penjamin semua pengeluaran Anda, bisa jadi untuk 3 bulan ke depan sebelum mendapatkan pekerjaan kembali.

    Bisa juga Anda sudah mulai lelah bekerja dengan orang lain, memilih untuk mandiri dengan membuka usaha sesuai passion sendiri. Ini hal yang lebih bagus, pasalnya Anda akan jadi bos di kantor sendiri dan bebas membuat aturan main sendiri. Bahkan nantinya bisa punya anak buah, ini tentu masa depan yang bagus dengan mengandalkan sisa uang di tabungan.

  2. Rubah Pola Hidup

    Saat masih bekerja di kantor, sudah jelas di awal bulan akan melakukan belanjaan besar-besaran, ada uang gaji dan reward yang bisa Anda habiskan. Tenang saja, Anda akan mendapatkan uang itu kembali di awal bulan, namun saat sudah memutuskan untuk resign kerja. Mulailah menghindari kebiasaan boros terlebih dahulu, kembali pada pola hidup hemat.

    Baca juga : 4 Cara Cerdas Dan Cepat Mencari Lowongan Kerja Secara Online

    Dimana Anda harus membuat prioritas dalam pengeluaran, berapa yang harus di tabungkan, berapa uang yang harus dibayarkan untuk kebutuhan bulanan, berapa budget untuk makan hingga berapa budget untuk bersenang-senang. Ini akan membuat hidup Anda lebih baik dan mengerti jika sumber pendapatan sementara tidak akan lancar.

  3. Pastikan Sudah Mantap Resign

    Banyak orang menyesal membuat keputusan resign kerja dan memutuskan untuk kembali, ini akan membuat perusahaan besar kepala, bahkan membuat Anda semakin tertekan saat kembali. Namun bagaimana lagi, Anda butuh uang untuk hidup. Apalagi jika sudah punya keluarga yang butuh dihidupi setiap harinya.

    persiapan sebelum resign kerja
    Sumber : plukme.com

    Sebelum mengajukan surat pengunduran diri, pastikan sudah mantap dengan keputusan tersebut. Anda juga harus tahu apa efek baik dan buruknya, cara terbaik adalah ikhlas dan menerima. Anda harus yakin jika ada pekerjaan yang lebih baik sudah menanti, tinggal bagaimana cara mencapainya dan mengubah hidup menjadi lebih baik.

  4. Mulai Buat Kesibukan Baru

    Setelah tidak lagi bekerja, setiap pagi Anda tidak punya aktivitas untuk berangkat ke kantor, apa yang harus dilakukan? Kenapa tidak membuat aktivitas baru, seperti menata ulang hidup. Make over kamar jadi pilihan tepat, dimana suasana baru akan membuat hati menjadi lebih senang dan bisa berpikir dengan jernih.

    Bukan itu saja, Anda harus memikirkan kesibukan baru sebelum mengajukan surat resign, sehingga tidak akan ada penyesalan di belakang. Anda harus tetap produktif agar tidak menjadi pemalas, coba lakukan hal yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Misalkan memulai hal baru yang sesuai passion, ini bisa jadi masa depan yang cerah nantinya.

Anda yang mengajukan surat resign kerja lebih baik dari pada di pecat dari pekerjaan, karena sudah punya gambaran akan kemana dan bagaimana nantinya. Jangan sampai membuat keputusan yang salah dan akan disesali nantinya, rencanakan dengan matang masa depan Anda dan bagaimana risikonya. Karena Anda akan menanggungnya sendiri, sekali keluar tidak akan ada jalan untuk kembali lagi.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “4 Persiapan Penting Harus Dilakukan Sebelum Resign Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *