4 Pertimbangan Untuk Menentukan Gaji Freelance Dalam Setiap Project

Kini lebih banyak kaum milenial yang memilih bekerja sebagai freelance atau tidak tetap, dimana ternyata bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Selain itu, tidak ada kontrak yang bersifat mengikat dan membuat Anda menjadi lebih bebas, namun banyak anak muda belum bisa menentukan gaji freelance dengan tepat, sehingga tidak bisa bertahan hidup dengan baik.

Semua pekerja freelance akan mendapatkan gaji setelah pekerjaan selesai, namun ada juga yang meminta pembayaran di awal, biasanya sebagian hingga penuh. Ini tergantung dengan tingkat kepercayaan konsumen pada Anda, jika sudah punya nama baik maka semua klien akan mengikuti aturan main yang ditetapkan.

Masalah utama yang sering kali dihadapi adalah kurangnya pengetahuan untuk menentukan gaji freelance, jangan salah pekerja lepas bisa punya gaji bulanan yang lebih besar dari mereka yang bekerja di kantor. Pasalnya bisa mendapatkan pekerjaan lebih banyak, tentu income akan lebih besar. Berikut ini ada panduan untuk menentukan berapa nominal fee dari setiap pekerjaan yang Anda dapatkan.

4 Cara Mudah Menentukan Nominal Gaji Freelance Sendiri

berapa gaji freelance
Sumber : thewritelife.com
  1. Pengalaman Kerja

    Ini harga mati yang dicari banyak klien, bahkan untuk perusahaan besar mengharuskan semua pekerjanya memiliki pengalaman yang sama dengan pekerjaan yang akan diambil nantinya. Sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan, selain itu pengalaman kerja juga bisa meningkatkan jumlah pendapatan Anda.

    Misalkan, Anda sebagai penulis online, ini sudah ditekuni hingga 10 tahun. Maka fee yang akan didapatkan selalu meningkat, apalagi jika hasilnya di sukai oleh klien. Tidak jarang akan memanggil orang lain lagi, mengingat hasil kerja Anda yang bagus dan memuaskan. Jangan berpindah pekerjaan, karena Anda tidak akan dianggap profesional.

  2. Pertimbangan Dari Jumlah Perhitungan

    Setiap pekerja memang berhak menentukan gaji freelance sendiri, tidak ada patokan dan harus sama seperti freelancer lainnya. Anda bisa menentukan fee dari jumlah pekerjaan, biaya per jam hingga jumlah proyek yang akan ditangani. Namun perhatikan masalah kualitas, dimana kuantitas bukan lagi yang utama.

    gaji freelance besar
    Sumber : 24seventalent.com

    Anda akan dianggap profesional jika mengerjakan satu job dengan baik, dari pada mengambil 5 job namun hasilnya biasa saja. Awalnya memang akan mendapatkan uang berlebih, namun selanjutnya jarang klien yang akan menggunakan jasa Anda. Ini tentu akan mematikan pendapatan di bulan selanjutnya.

  3. Perhitungkan Semua Pengeluaran

    Pekerjaan freelance, tentu membutuhkan biaya bukan. Pengeluaran ini bisa yang menyangkut project dan kehidupan Anda sehari-hati, gaji freelance juga harus meliputi berapa lama project akan diselesaikan. Harus dikerjakan berapa orang dan akan memakan kerumitan seperti apa, semakin sulit maka bisa semakin tinggi harganya.

    Baca juga : 5 Trik Cerdas Menghindari Jadi Tukang Sibuk Di Kantor

    Selain itu, perhatikan soal pajak. Bekerja online juga tidak akan lepas dari pajak, apalagi project yang Anda lakukan berkaitan secara fisik. Perhitungkan secara detail, bahkan jika bisa negoisasi terlebih dahulu untuk masalah pembayaran pajak. Apakah harus Anda tanggung sendiri, bisa jadi tanggung jawab bersama atau di tanggung sepenuhnya oleh klien.

  4. Sharing Dengan Freelancer Lain

    Anda tidak akan bisa hidup sendiri, pasalnya harus mengenal orang lain dan mau bekerja sama, sekalipun ini kerja online. Apalagi jika mendapatkan tawaran project baru dan tidak bisa menentukan gaji freelance sendiri, kenapa tidak tanya pada freelancer lainnya? Barang kali sudah pernah dan bisa memberikan saran harga terbaik.

    Selain itu, jika Anda mendapatkan kesulitan bisa mendapatkan bantuan, bisa juga sharing ilmu baru hingga mendapatkan project bersama. Meskipun tidak pernah bertatap muka langsung, namun tidak ada salahnya mengenal orang di dunia maya. Tapi harus tahu batasannya, mengenal satu sama lain tidak harus menggunakan perasaan.

Anda juga harus bisa bersikap bijak dalam menentukan gaji freelance, misalkan mendapatkan klien baru. Tidak ada salahnya memberikan penawaran menarik yang lebih terjangkau, apalagi jika ditawarkan kerja sama jangka panjang. Ini akan sangat menguntungkan, pasalnya Anda tidak perlu mencari project baru setelah menyelesaikan project sebelumnya.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “4 Pertimbangan Untuk Menentukan Gaji Freelance Dalam Setiap Project

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *