4 Tipe Orang Memperlakukan Uang Miliknya, Coba Cek Kamu Masuk Yang Mana?

Uang memang di sukai banyak orang, hal ini bahkan membuat kita masuk dalam tipe orang yang memperlakukan uang dengan berbeda. Banyak juga yang mengatakan hal tersebut berdasarkan karakter, namun kenyataannya jika Anda bisa memperlakukan uang dengan baik, maka bisa mendapatkan kehidupan yang lebih matang.

Masalah keuangan tidak akan datang pada mereka yang bisa me-manage uang dengan baik, ini bukan lagi melihat karakter namun kedewasaan seseorang dalam mengatur keuangan. Faktanya, warisan atau kekayaan yang didapatkan dengan instan tidak akan bertahan lama, jika tidak diatur dengan baik. Adanya, Anda mulai mengerti bagaimana tipe orang dalam memperlakukan uang.

tipe orang suka uang
Sumber : womantalk.com

Dikutip dari womantalk, sebelum Anda mengatur keuangan ketahui terlebih dahulu tipe orang dalam memperlakukan uang, sehingga bisa membuat perencanaan keuangan dengan matang. Jangan sampai nantinya ada masalah keuangan yang tidak Anda inginkan terjadi, apalagi jelang usia senja yang sudah tidak lagi produktif.

4 Tipe Orang Dalam Memperlakukan Uang Miliknya

  1. Tipe Pemain

    Ini banyak terjadi pada usia remaja dan baru mendapatkan penghasilan, Anda cenderung akan menghabiskan semua uang didapatkan bahkan bisa mengarah pada boros. Memang awalnya tidak masalah menuruti keinginan pribadi, namun sangat tidak bagus di masa depan karena Anda tidak akan bisa bekerja dengan maksimal kembali.

    Ada baiknya setelah memasuki usia 25 tahun kembali memikirkan tentang masa depan, apakah sudah ada rumah, mobil atau bayangan ingin menikah. Hilangkan gengsi dan melihat apa yang digunakan orang lain, ada baiknya untuk mengatur kembali masalah keuangan yang terjadi sebelum bisa menjadi kebiasaan buruk.

    Baca juga : Investasi Bodong! Ini Cara Mengenali Dan Menghindari Penipuan

  2. Tipe Penimpun

    Semua orang tua selalu mengajarkan menabung dari usia sedini mungkin, dimana menempatkan peribahasa ‘hemat pangkal kaya’ dan Anda sudah diberikan ‘celengan’ sejak kecil untuk diisi uang logam. Jika Anda masih berpegang teguh pada pendirian tersebut, maka akan masuk tipe orang penimbun saat mendapatkan uang.

    Sehingga tidak ingin menghamburkan uang dan sebagian besar menyimpannya dalam tabungan, ini memang hal bagus namun sebaiknya seimbang dengan pengeluaran. Tetapi tidak sedikit yang menyebut Anda pelit, karena tidak suka mengeluarkan uang lebih untuk hal tidak penting, seperti hangout dengan teman atau sekadar keluar malam.

  3. Tipe Perencana

    Ini yang paling bagus dalam mengatur uang, Anda sudah merencanakan semua pengeluaran dengan benar. Bahkan membuat pos untuk uang darurat, ini akan digunakan untuk hal yang di luar rencana. Sangat bagus dalam memperlakukan uang dan tidak menganggap segalanya, bahkan Anda tetap memiliki lingkungan bergaulan yang baik tanpa terjebak dengan masalah finansial.

    Hidup jangka panjang sudah Anda pikirkan sejak dini, bahkan membuat rinciannya dengan baik. Seperti menempatkan sejumlah uang dalam jumlah tetap di tabungan, memiliki asuransi untuk masa tua dan membuat investasi yang semakin meningkat dan memberikan keuntungan di masa mendatang. Ada baiknya dalam membuat perencanaan, sisipkan untuk kesenangan seperti liburan agar hidup tidak monoton.

  4. Tipe Penghindar

    Ini hal buruk dimana selalu mengatakan ‘let it go’, memang bagus tidak terlalu memikirkan dan membuat perencaan, namun jangan pernah lari dari masalah keuangan. Ini tipe orang yang tidak bertanggung jawab dan sulit diajak komitmen serius, jika pasangan masih memiliki masalah ini sebaiknya tidak mengajukan hubungan lebih serius.

    Pasalnya mereka akan sebisa mungkin menghindari dari berbagai hal, tidak mau membahas soal masa depan, keuangan tidak memiliki perencanaan yang matang. Sudah jelas, ini akan membuat masa depan buruk dan hanya bergantung pada pasangan saja, Anda sebagai pasangan akan merasa terbebani karena melakukan semua hal sendiri.

Setiap tipe orang dengan cara memperlakukan uang berbeda memang memiliki plus minus masing-masing, Anda bisa mengkombinasikan sehingga sesuai dengan kepribadian. Jangan terlalu banyak membuat perencanaan, namun tidak baik berlari dari masalah keuangan seperti tipe penghindar karena akan memberikan beban pada orang lain.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “4 Tipe Orang Memperlakukan Uang Miliknya, Coba Cek Kamu Masuk Yang Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *