Hiperpigmentasi Wajah
Makeup

4 Tips Atasi Masalah Hiperpigmentasi Wajah Permanen

Kamu merasa jika warna kulit tidak sama, salah satu bagian terlihat putih namun ada juga bagian yang menghitam atau gelap, apalagi jika terjadi pada bagian wajah, sudah dipastikan akan mengikis rasa percaya diri. Ini merupakan masalah hiperpigmentasi wajah, hal yang sering kali dianggap sepele namun ternyata sulit diatasi.

Tidak semua orang punya solusi yang sama, hal ini mengingat perbedaan jenis kulit, kondisi tubuh dan cara perawatan. Maka dari itu, sebelum melakukan treatment apapun, apalagi jika menggunakan alat dan tambahan bahan lainnya. Kenali dulu kulit wajah kamu dengan benar, belum tentu wajah cantik orang lain bisa kamu dapatkan dengan cara yang sama.

Seperti halnya masalah hiperpigmentasi wajah, bisa jadi apa yang dilakukan teman atau saudara kamu tidak bisa mengatasi masalah serupa. Padahal tinggal dan ada hubungan darah, mengatasi masalah kulit harus diketahui sebab dan kriteria kulit terlebih dahulu.  Jika kamu mengalami masalah hiperpigmentasi kulit, coba lakukan beberapa cara berikut ini.

4 Cara Efektif Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi Wajah

Atasi Hiperpigmentasi Wajah

Sumber : deherba.com

  1. Pengelupasan Kulit Dengan Peeling

    Peeling, masih jadi cara paling efektif untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi wajah, hal ini banyak dilakukan wanita. Hasilnya cukup maksimal, jika rutin dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Ini memang rutin digunakan untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru lebih cepat dan bagus.

    Biasanya produk peeling yang digunakan mengandung Asam glikolat dan asam silsilat, sehingga bisa memberikan perubahan warna kulit. Bukan hanya menghilangkan sel kulit mati, peeling juga bisa menghilangkan kotoran di dalam dan sela pori-pori, sehingga wajah jadi terlihat lebih bersih dan segar, tapi jangan terlalu sering karena akan membuat kulit kering, tipis dan sensitif.

  2. Laser Fraksional

    Treatment kecantikan ini hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan besar dan sudah mendapatkan lisensi yang jelas, jangan melakukan perawatan serupa di tempat yang terbilang tidak meyakinkan. Pasalnya ini sudah menggunakan teknologi terbaru, melibatkan laser yang bisa jadi salah penggunaan tanpa tahapan yang tepat.

    Cara Hilangkan Hiperpigmentasi Wajah

    Sumber : kumparan.com

    Masalah hiperpigmentasi wajah akan segera terlihat hasilnya, pasalnya laser fraksional akan menghapus pigmentasi membandel yang sudah mengendap puluhan tahun. Wajah juga akan terlihat segar, cerah dan seperti terlahir kembali. Perubahan warna kulit langsung terlihat seketika, namun tidak langsung putih tapi ada perubahan warna signifikan. Harga sekali perawatan cukup mahal dan tidak disarankan dilakukan secara rutin.

  3. Mikrodermabrasi

    Perawatan wajah yang akan menghilangkan bagian kulit paling atas, tenang ini hanya bagian luar yang paling lembut, sehingga tidak memberikan pengaruh apapun. Hampir serupa dengan peeling, namun sebaiknya dilakukan pihak profesional untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasilnya, bintik gelap yang ada di bagian paling atas akan hilang.

    Baca juga : 5 Rekomendasi Produk NYX Complexion Wajib Dicoba!

    Terdapat beberapa versi treatment mikrodermabrasi, selain menghilangkan kulit bagian luar, ada juga yang memasukkan bahan anti pigmen, sehingga bisa memutihkan wajah dari dalam. Ini juga dilakukan untuk mencegah penuaan dini, namun memang lebih aman menggunakan metode menghilangkan bagian luar saja, karena tidak akan ada senyawa kimia yang akan masuk dalam kulit.

  4. Intense Pulsed Light (IPL)

    Ini merupakan langkah mengatasi hiperpigmentasi wajah dari paparan sinar matahari langsung, paling tepat untuk kamu yang suka aktivitas luar di siang hari. Treatment juga menggunakan sinar, dimana targetnya, bisa memutihkan kulit secara langsung hingga pembuluh darah. Tapi, ini membutuhkan ahli dengan syarat kondisi kulit tertentu.

    Cahaya yang digunakan untuk treatment IPL akan membuat perubahan warna kulit, dimana bisa mengeluarkan sel kulit mati. Ini tidak bisa dilakukan sekali saja, ada serangkaian treatment yang harus diikuti. Biasanya perubahan warna kulit terlihat hasilnya, setelah dua kali mengikuti rangkaian treatment IPL. Bagi kamu yang malas membersihkan wajah, sehingga terlihat kusam, treatment ini paling efektif untuk memaksimalkan membersihkan wajah.

Ada baiknya semua perawatan wajah harus konsultasi dengan dokter kecantikan atau spesialis kulit terlebih dahulu, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan teman atau orang terdekat. Seperti halnya dalam mengatasi masalah hiperpigmentasi wajah, ini tergolong hal kecil namun jika terlalu lama akan membutuhkan waktu lama untuk melihat hasil perawatan.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Eye Treatment Bentuk Roll Dari Brand Lokal

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply