Body & Skin Care

4 Tips Memilih Sabun Mandi Sesuai Kebutuhan Tubuh

Mandi ternyata bukan hanya menghilangkan kotoran, keringat dan bau badan. Melainkan harus bisa membuat tubuh lebih sehat, maka dari itu digunakan sabun mandi yang bisa membersihkan sekaligus mengembalikan kondisi kulit. Pasalnya ada banyak racun, toksin dan tambahan sinar matahari yang mengganggu kulit.

Namun jangan sembarangan memilih sabun mandi, ternyata setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ini bergantung dari aktivitas setiap harinya, jika lebih banyak berada di luar ruangan maka tidak bisa menghilangkan kotoran hanya dengan sabun biasa saja. Ada baiknya memilih sabun yang sesuai kebutuhan, terlebih untuk wanita yang memiliki kulit cenderung sensitif.

Ternyata ada loh tips bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat, ini akan menghilangkan kotoran, bau tak sedap dan mengembalikan kondisi kulit. Bahkan gunakan sabun yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari, berikut ini ada beberapa rekomendasi sabun yang cocok digunakan saat mandi untuk segala aktivitas.

4 Tips Mudah Memilih Sabun Mandi

mandi dengan sabun mandi

Sumber : manado.tribunnews.com

  1. Penyuka Olahraga Dan Sering Berkeringat

    Sebagian besar laki-laki suka aktivitas di luar ruangan, ini membuat mereka terlihat lebih keren dengan menguras keringat. Apalagi jika terlalu sering berada di bawah sinar matarai langsung, ternyata keringat bukan hanya mengeluarkan kotoran, namun racun dan dapat menyerap debu, maka dari itu gunakan sabun dengan kandungan antibakteri.

    Ini bukan hanya akan membersihkan, namun mematikan bakteri yang  aktif dalam tubuh. Biasanya akan berkembang bebas di wilayah lembab, seperti lipatan tubuh, ketiak dan sumber keringat lainnya. Mandi dengan sabun antibakteri akan mematikan semua bakteri di seluruh tubuh, biasanya ini akan melekat pada keringat.

  2. Kulit Kering Dan Sensitif

    Ini biasanya terjadi pada wanita, dimana sering kali kulit terasa kering dan sensitif. Bukan karena terlalu pemilih atau kulit sulit beradaptasi. Namun Anda harus memberikan perhatian ekstra, karena jika tidak kondisi kulit akan semakin parah. Ada baiknya memilih sabun mandi dari bahan cair saja yang lembut, sehingga tidak mudah tergores kulit, kenapa?.

    Baca juga :Mau Tidur Nyenyak Di Malam Hari, Coba Lakukan Hal Ini

    Kulit sensitif dan kering bisa mudah mengalami iritasi, ini akan membuat kulit terasa kering dan rasanya mudah terkelupas. Bahkan hingga mengalami iritasi dengan muncul bercak bintik merah, rasanya sangat gatal sehingga ingin selalu di garuk. Selain itu, jangan berbagi sabun dengan orang lain, usahakan hanya digunakan sendiri saja.

  3. Suka Gosok Badan

    Anda merasa kurang bersih, jika mandi tanpa menggosok bagian tubuh, paling cocok menggunakan sabun batangan. Ini akan membuat Anda merasa lebih bersih, dapat menggosok hingga rata dan tidak merasa gatal. Namun di ingat, pastikan kondisi kulit tidak terkelupas dan memilih sabun berbahan lembut, tidak disarankan scrub.

    memilih sabun mandi

    Sumber : hellosehat.com

    Hal ini untuk menghindari terjadi iritasi, kulit terkelupas dan luka. Namun harus bisa ekstra hati-hati dalam menggunakan sabun batangan, jangan sampai jatuh ke lantai, pastikan dalam kondisi kering sebelum digunakan dan tidak berbagai dengan orang lain. Pasalnya sabun akan diusapkan ke seluruh tubuh, penyakit kulit akan dengan mudah menular.

  4. Hobi Traveling

    Suka jalan-jalan tapi malas mandi? Anda tidak akan disukai siapa pun, saat bepergian produksi keringat dalam tubuh akan meningkat. Karena lebih banyak bergerak dan aktivitas sering kali di bawah sinar matahari langsung, maka dari itu gunakan sabun mandi cair ukuran kecil saja. Jika merasa gatal bisa gunakan sabun antibakteri, sehingga tidak akan iritasi.

    Kulit akan lebih sensitif saat lembap, ini terjadi karena produksi keringat berlebih. Sehingga membuat bakteri bisa berkembang di kulit melalui keringat, cara mengatasinya. Pastikan mandi dengan air cukup banyak, bahasi seluruh tubuh dan bersihkan dengan sabun. Ini akan membuat Anda terasa lebih segar dan bersih, selain itu pastikan sabun tertutup rapat agar tidak tumpah.

Nah sudah tahu bukan sabun mandi apa saja yang tepat digunakan setiap harinya, ini bukan hanya membuat tubuh lebih bersih dan wangi, namun membuat Anda lebih sehat. Pastikan mandi minimal 2 kali dalam sehari, hindari mandi terlalu sering dengan air hangat dan di malam hari. Lebih segar, jika mandi pagi dan sore dengan air dingin.

Baca Juga:  5 Penyebab Jerawat yang Ternyata Berasal dari Kebiasaan Sepele

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply