Inspiration

4 Trik Mudah Cara Menabung Gaji Setiap Bulannya

Menabung, kebiasaan baik yang sudah ditanamkan sejak kecil. Bahkan selalu dikatakan setiap orang tua, hemat pangkal kaya, siapa yang rajin menabung maka akan mendapatkan masa depan lebih baik. Sayangnya, hal ini tidak diikuti hingga dewasa, hampir semua orang mengatakan mustahil menabung gaji, padahal hanya perlu menyisihkan sebagian uang saat gajian.

Hal ini karena godaan pengeluaran lainnya lebih banyak, mulai dari membayar cicilan utang, diskon besar-besaran saat penerimaan gaji hingga kebiasaan menghamburkan uang untuk bersenang-senang setelah sesaat. Coba pikirkan lagi, itu hanya kesenangan sesaat yang banyak disesali saat uang dibutuhkan namun tidak ada lagi.

Jangan sampai, kebiasaan utang di akhir bulan selalu terbawa, ini akan menurunkan semangat kerja dan tanggal gajian bukan lagi hal yang dinantikan. Pasalnya uang hanya bisa numpang lewat saja, tanpa dinikmati. Coba terapkan cara menabung gaji dengan mudah, sebenarnya ada caranya tinggal diterapkan saja ladies.

4 Cara Mudah Bisa Menabung Gaji Setiap Bulan

cara menabung gaji

Sumber : heraldsun.com.au

  1. Skala Prioritas

    Memanage keuangan kantor saja bisa, kenapa tidak membuat pengaturan keuangan sendiri. Inilah kesalahan banyak karyawan, terlalu banyak mengandalkan gaji, tanpa membuat pengelolaan yang tepat. Mulai sekarang, coba terapkan skala prioritas. Mana saja yang harus dipenuhi sekarang, nanti dan mendatang.

    Ini akan memudahkan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, misalkan pembayaran cicilan, ini harus selalu dilakukan agar utang tidak menumpuk dan ditambahkan dengan bunga tambahan. Berbeda saat melihat diskon di pusat perbelanjaan, ini bisa ditunda. Pasalnya masih punya banyak pakaian di lemari, jangan pernah menyesal, karena diskon pasti akan datang lagi dengan skala yang lebih besar.

    Ada baiknya jadikan menabung gaji setiap bulannya sebagai kebutuhan, ini kewajiban yang harus dipenuhi dan disingkirkan terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu banyak, namun buat komitmen tidak akan pernah diambil, jika perlu menabung di bank tanpa adanya fasilitas ATM, sehingga lebih sulit saat pengambilan.

  2. Skala Kebutuhan Bukan Keinginan

    Menuruti keinginan memang tidak ada habisnya, namun mencukupi kebutuhan akan ada batasannya. Inilah yang harus dibuat setiap bulan, pastikan belanja bulanan dengan list yang sudah dibuat di rumah sebelumnya dan hanya membeli apa yang tertera disana. Kebutuhan yang paling penting, karena hidup harus terus normal, agar saat penghematan tidak mengalami perubahan.

    Kebutuhan setiap orang memang berbeda, namun jangan terlalu mewah. Gunakan barang substitusi untuk berhemat, misalkan kebiasaan minum kopi. Kenapa tidak membuat sendiri di rumah, kini sudah banyak kopi instan dengan berbagai pilihan rasa dari pada harus membeli dari kedai kopi yang membandel setiap cangkir minimal 30 ribu rupiah. Penghematan kecil yang masuk akal bukan.

  3. Gunting Kartu Kredit

    Bukan hanya godaan diskon saja yang membatalkan niat menabung gaji setiap bulan, namun adanya tambahan limid kartu kredit tanpa minimal pembayaran. Jika ingin punya gaji sisa setiap bulannya, coba jauhi bahkan gunting kartu kredit. Ini kartu sesat yang selamanya akan menyesatkan, memang ada banyak kegunaan namun lebih merugikan.

    tips menabung gaji

    Sumber : glam.com

    Pasalnya keinginan untuk belanja semakin besar, bahkan tanpa ada keinginan untuk membayar, cukup membayarkan uang administrasi saja setiap bulannya. Bunga dan pokoknya tentu akan semakin besar dan tidak akan pernah tersentuh sama sekali, kapan akan mengalami kerugian. Setelah tahu dan menyesal, uang yang selama ini disetorkan tidak akan mengurangi pembelian.

    Maka dari itu, jika ingin menggunakan kartu kredit, pastikan di saat yang tepat. Seperti berada di luar negeri, pembelian produk dari luar negeri atau online shop dari luar. Ini memang sangat memudahkan pembayaran, namun pastikan membayar seluruhnya, bukan hanya administrasi atau bunganya saja, karena sangat merugikan.

  4. Buat Catatan Pengeluaran

    Ini memang sepele, namun bisa jadi introspeksi diri untuk apa saja uang dikeluarkan. Sehingga bisa membuat keuangan tetap dalam kondisi stabil, bahkan bisa menabung gaji setiap bulan, ini bisa terjadi dua kali, di awal dan akhir bulan. Sangat menyenangkan memiliki saldo tabungan, apalagi jika semakin hari terus bertambah.

    Baca juga : Urutan Penting Mengatur Keuangan, Perhatikan Bagian Pengeluaran!

    Lihat lagi, mana pos pengeluaran tertinggi, apakah bisa dikurangi atau minimal berapa lama ini akan terjadi. Pengeluaran yang tidak bisa berkurang, biasanya berkaitan dengan utang, seperti cicilan atau pengeluaran bulanan tetap. Sisanya, masih bisa dikurangi asalkan mau mengubah kaya hidup menjadi lebih sederhana.

Bukan perkara sulit menabung gaji setiap bulannya, ini hanya memerlukan tekad dan komitmen kuat. Tidak perlu terlalu besar, pastikan nominalnya tetap dan tidak akan diambil. Lebih baik menabung dengan jumlah kecil namun rutin, dari pada dalam jumlah besar namun sering keluar masuk, bahkan bisa mendapatkan tambahan bunga yang cukup besar.

Baca Juga:  4 Cara Wanita Single Jalani Hidup Bahagia dan Positif

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply