5 Alasan Kamu Cenderung Insecure pada Pasangan, Koreksi Diri Deh!
Relationship

5 Alasan Kamu Cenderung Insecure pada Pasangan, Koreksi Diri Deh!

Insecure pada pasangan paling sering dialami oleh wanita. Kecemasan berlebihan akan suatu hubungan yang sedang dibangun justru memperburuk keadaan. Meski berniat menjaga pasanganmu, ada kalanya pasangan menjadi merasa tidak dipercayai olehmu.

Coba deh kenali dulu penyebab insecure pada pasangan yang selama ini kamu miliki. Siapa tahu akarnya justru berasal dari masa lalumu yang belum beres loh!

Punya Trauma Dibohongi Pasangan

Punya Trauma Dibohongi Pasangan

sumber: Unsplash

Kebohongan dalam cinta sering menjadi penyebab kandasnya suatu hubungan, entah itu masalah kecil hingga perselingkuhan. Andai kamu pernah dibohongi oleh pacar di masa lalu, bisa jadi inilah penyebab besar kamu menjadi insecure dengan pasangan sekarang.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan prinsip saling keterbukaan dengan pasangan. Hanya saja, pahami pula bahwa butuh rasa saling percaya dalam membangun hubungan. Jangan biarkan rasa cemasmu membunuh kepercayaanmu pada pasangan ya.

Pernah Ditinggalkan Pasangan

Pernah Ditinggalkan Pasangan

sumber: Pexels

Kegagalan hubungan di masa lalu sangat memengaruhi pola pikirmu dalam hubungan baru. Jika luka dengan mantanmu belum beres, biasanya hal itu berimbas ke pasanganmu sekarang. Rasa takut kehilangan jelas menjadi pemicu insecure pada pasangan paling besar.

Ingat, setiap wanita pasti pernah patah hati atau pun ditinggalkan laki-laki. Kalau kamu tidak kunjung berani mencintai seseorang lagi, ada baiknya jangan asal berpacaran. Ketakutan akan ditinggalkan lagi hanya menjadi bayang-bayang yang merusak hubunganmu dengan pasangan sekarang.

Baca Juga:  4 Alasan Pria Kini Lebih Menyukai Wanita Lebih Tua Darinya

Merasa Rendah Diri

Merasa Rendah Diri

sumber: Pexels

Ada juga wanita yang merasa rendah diri atau tidak layak berada di samping pasangannya. Apakah kamu salah satunya? Buanglah rasa rendah dirimu tersebut karena lama-lama kamu hanya akan mempersulit hubungan dengan pasangan.

Coba pikirkan kembali, bukankah pasanganmu juga telah memilihmu? Untuk apa kamu merasa rendah diri, toh dia jelas menyayangimu. Jangan mudah merasa dirimu tidak layak karena itu membuatmu merasa cemas.

Masa Lalu di Toxic Relationship

Masa Lalu di Toxic Relationship

sumber: Pexels

Insecure pada pasangan juga muncul karena faktor hubungan toxic di masa lalu. Jenisnya beragam, mulai dari kekerasan fisik, terlalu posesif, hingga hubungan yang tidak membangun. Kalau hatimu belum selesai dengan masa lalu itu, pastilah perasaan takut akan terbawa hingga sekarang.

Saat kamu gagal menjalin hubungan karena sifat toxic di masa lalu, belum tentu kamu akan mengulanginya sekarang. Buang jauh-jauh persepsi jelekmu pada laki-laki terlebih dahulu jika ingin kembali berhubungan. Tata dan siapkan hatimu dulu.

Butuh Perhatian Berlebih

Butuh Perhatian Berlebih

sumber: Pexels

Jika kamu tumbuh di keluarga yang kurang memerhatikanmu, biasanya kamu mencari perhatian di luar lingkungan keluarga. Nah, bisa jadi hal tersebut terbawa ke hubunganmu dengan pasangan. Kamu amat mudah cemas saat pasanganmu ada di tempat lain dan seolah tidak memerhatikanmu.

Baca Juga:  4 Cara Putus dari Pacar dengan Lebih Dewasa, Anti Sakit Hati

Kebutuhan untuk selalu menjadi prioritas dan diberi perhatian berlebihan tentu tidak baik. Coba perbaiki sikapmu ini terlebih dahulu andai tidak ingin menjadi terlalu insecure pada pasangan.

Manakah penyebab yang membuatmu mudah insecure? Ingat ya, usahakan bangun hubungan sehat dengan pasangan agar kalian langgeng!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply