5 Alasan Mempertahankan Hubungan Saat Sudah Tidak Cinta Lagi

Hubungan cinta memang akan mengalami pasang dan surut, namun banyak pasangan mencoba untuk mempertahankan hubungan ini, atas nama cinta. Tapi bagaimana jika salah satu pihak sudah tidak lagi cinta, apakah ini harus dipertahankan saat sudah tidak ada lagi cinta. Tentu akan membuat hubungan semakin hampa dan menyesakkan.

Tidak sedikit wanita mengalami stres hanya karena hubungan asmara, ini akan memengaruhi banyak hal. Bukan hanya pekerjaan dan pertemanan saja, namun kesehatan Anda juga bisa tergadaikan hanya karena memikirkan cinta. Sehingga mulai terpikirkan, apakah sebaiknya putus saja? Namun nyatanya banyak pasangan memilih bertahan atau terjebak dalam hubungan yang sudah tidak ada lagi cinta.

Sehingga memunculkan banyak pertanyaan, kenapa memilih mempertahankan hubungan jika sudah tidak ada rasa. Padahal untuk jadi sebuah pasangan membutuhkan satu rasa yang sama, sedangkan untuk mengakhiri hubungan membutuhkan satu masalah untuk memutuskan segalanya. Ternyata ada banyak alasan kenapa wanita memilih berada di lingkaran menyesakkan ini, dimana banyak dikatakan ‘bodoh’ namun tetap menjalaninya.

5 Alasan Klise Kenapa Wanita Masih Mempertahankan Hubungan

kenapa mempertahankan hubungan cinta
Sumber : celebbyte.com
  1. Kepercayaan Diri Rendah

    Ini alasan sebagian besar wanita kenapa memilih mempertahankan hubungan cinta, pasalnya mereka tidak yakin apakah masih ada yang mau? Atau berani mengambil risiko patah hati dan menemukan cinta kembali nantinya. Sudah jelas, tidak ada opsi lain selain bertahan, padahal selalu mengalami hal yang tidak menyenangkan.

    Misalkan sudah tidak tahan dengan sikap dan sifat pasangan, mulai dari posesif hingga akhirnya membuat sebuah perselingkuhan. Ini hubungan yang sudah tidak sehat lagi, kenapa tidak mengambil langkah besar untuk mengakhirinya. Anda akan merasakan kebebasan dan berkesempatan untuk menemukan pasangan yang tepat.

  2. Kondisi Keuangan

    Ada juga wanita yang tidak bisa putus karena mendapatkan dukungan finansial dari pasangan, biasanya ini terjadi di kota besar. Dimana pasangan terlalu loyal memberikan segalanya pada pasangan, sebaliknya perempuan juga akan melakukan hal serupa, untuk membalas kebaikan pemberian uang tersebut.

    Baca juga : 5 Hal Kenapa Cewek Masih Aja Takut Minta Putus

    Jika nantinya putus, maka tidak akan ada lagi sumber penghasilan. Padahal Anda sangat membutuhkan untuk tambahan uang belanja, belum berpenghasilan sendiri bahkan untuk menghidupi orang tua. Jangan berpikiran sempit, apakah Anda rela terus mengalami kesakitan dalam hubungan hanya untuk uang? Hidup ini terlalu singkat hanya untuk sekadar menggantungkan hidup pada orang lain.

  3. Dukungan Lingkungan

    Saat Anda ingin putus dan diketahui orang terdekat, pasti banyak yang menyayangkan hal tersebut dan memberikan masukkan untuk mempertahankan hubungan. Apakah mereka tahu apa yang terjadi sebenarnya? Tentu saja tidak, kebanyakan kebusukan pasangan akan Anda tutupi, hal ini atas dasar sayang.

    Jadi kenapa harus mendengarkan orang lain, buktikan jika keputusan Anda untuk berpisah adalah yang terbaik. Apalagi jika hubungan sudah diketahui oleh keluarga besar, Anda tentu tidak punya alasan untuk berpisah, padahal pasangan sudah sangat menyebalkan dan sering kali melakukan kesalahan yang tidak termaafkan. Cobalah untuk bertindak tegas, jika tidak beberkan saja hal buruk yang dilakukan pasangan agar semuanya mengerti.

  4. Usia Semakin Menua

    Banyak wanita memilih bertahan pada satu pria karena masalah usia, apalagi jika punya sumber penghasilan sendiri. Bahkan berharap untuk segera mendapatkan ‘lamaran’ agar resmi menjadi pasangan suami istri, apakah Anda mau terjebak dalam kehidupan rumah tangga yang tidak membahagiakan dan sering kali memberikan tangisan.

    Ini bukan sebuah keputusan tepat, usia memang akan terus berjalan dan wanita yang paling rentan dengan pertanyaan ‘kapan menikah?’. Anggap saja ini sebagai tanda sayang dari semua orang, bahkan memiliki perhatian lebih pada Anda. Namun jika belum punya seseorang yang tepat, kenapa harus memaksakan untuk menikah.

  5. Belum Tentu Bahagia Dengan Orang Lain

    Wanita yang memilih bertahan dalam hubungan cinta atau rumah tangga sering kali berpikir, jika belum tentu akan memiliki keluarga kembali, apalagi dengan pertimbangan anak-anak. Ini sering terjadi pada wanita yang tidak bekerja dan memilih sebagai ibu rumah tangga, otomatis akan bertahan dengan suami saja.

    Kenapa tidak mencoba untuk keluar dari masalah ini, Anda sudah tidak bisa menjalani rumah tangga, cobalah untuk keluar dan lihat apa yang terjadi di sekitar. Mulai kembali bekerja dan melakukan hal produktif, ini akan membuat Anda bisa kembali merasakan kebahagiaan dan optimis nantinya akan bertemu dengan orang lain yang bisa membahagiakan Anda.

Jangan mau terjebak dalam hubungan yang menjemukan, hampa dan tidak ada lagi rasa cinta. Mempertahankan hubungan memang sebuah pilihan tepat, namun bukan atas dasar terpaksa dan kasihan. Tanyakan terlebih dahulu pada diri Anda, apakah ingin kembali pada masa lalu atau mencoba untuk memulai lembaran baru.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “5 Alasan Mempertahankan Hubungan Saat Sudah Tidak Cinta Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *