Culinary

5 Bahan Dapur Dapat Jadi Pengganti Penyedap Rasa Instan

Hasil masakan akan lebih sempurna dengan ditambahkan penyedap rasa, namun jangan gunakan produk instan, karena banyak mengandung micin. Ini bukan hanya merusak perkembangan otak, namun juga memberikan dampak kurang bagus untuk kesehatan jangka panjang. Ada baiknya menyempurnakan masakan dengan bumbu dapur, hal tersebut malahan membuat hidangan semakin lezat.

Hal ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu dan jadi resep turun temurun dari nenek moyang, dimana hidangan yang lezat harus memenuhi ketentuan sehat dan menyehatkan semua orang yang mengkonsumsinya. Jadi jangan hanya memikirkan soal rasa lezat di lidah, namun kebaikan makanan secara menyeluruh.

Bagi ibu muda yang ingin sedang belajar memasak makanan sehat untuk keluarga, ada baiknya mulai mengganti penyedap rasa instan menjadi bumbu dapur saja. Ada banyak yang bisa digunakan, ini akan jadi referensi penting bagaimana cara mengolah makanan sehat dan lezat. Bahkan beberapa penyedap rasa akan memberikan manfaat lebih, bukan hanya sekadar lezat di lidah saja.

5 Bahan Dapur Jadi Pengganti Penyedap Rasa Instan

bumbu dapur untuk penyedap rasa

Sumber : reps-id.com

  1. Garam dan Gula

    Ini penyedap rasa makanan yang tidak boleh dilewatkan, sentuhan akhir yang menentukan cita rasa makanan. Merupakan kombinasi yang tepat untuk mendapatkan makanan lebih gurih dan sedap, tentu saja takaran harus diperhitungkan terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu terpaku dengan takaran pasti, banyak wanita mengandalkan perasaan dalam hal ini.

    Masalah takaran bukan lagi masalah, nanti akan bisa menentukan sendiri dengan rutinnya memasak di dapur. Rasa manis dan asin memang kombinasi yang tepat untuk memberikan sentuhan akhir, ini akan memberikan rasa gurih yang mantap di lidah. Ada baiknya mencicipi makanan saat sudah agak dingin, karena rasanya akan terasa lebih kuat.

  2. Bawang Putih dan Garam

    Mau makanan menjadi lebih gurih dan sedap, tidak perlu menambahkan penyedap rasa instan, ini hanya akan memberikan rasa enak dengan efek samping kurang bagus. Ada cara aman yang lebih sehat, tanpa harus menambahkan bumbu makanan instan. Selain itu, bawang putih juga bisa mengeluarkan aroma yang mengundang selera makan.

    Caranya, haluskan bawang putih terlebih dahulu, bisa langsung di tumis atau ditambahkan dengan garam. Untuk tumisan bisa dicampurkan di awal, sedangkan untuk kuah, tumis bawang putih yang sudah di haluskan dengan garam dan campurkan pada kuah makanan. Jika ingin membuat tumisan berkuah, cukup geprek bawang putih dan tambahkan garam di akhir masakan.

  3. Terasi Panggang

    Terasi bukan hanya enak untuk dicampurkan dengan cabai dan jadi sambal, namun beberapa makanan tradisional akan jadi lebih sedap dengan tambahan terasi. Biasanya terasi memang tidak dijual dalam kondisi bakar, melainkan harus dibakar sendiri. Tempelkan saja terasi di bagian pinggir kompor, namun lapisi dengan daun pisang terlebih dahulu, agar aromanya terjaga dan tahan lama.

    penyedap rasa alami

    Sumber : jw.org

    Terasi yang paling enak terbuat dari udang kecil, dimana menambahkan selera makan saat dihidangkan. Bukan itu saja, ada juga terasi dari ikan kecil yang rasanya cukup lezat. Namun kelebihan terasi udang untuk jadi penyedap rasa, ini cocok untuk semua jenis makanan dan lebih awet, pasalnya dikemas dalam kondisi kering.

  4. Bawang Goreng

    Taburan kecokelatan yang banyak disukai, karena rasanya crunchy meskipun agak sedikit pahit. Ini biasanya ada di atas makanan, selain memberikan aroma menggugah selera makan, ternyata tabungan bawang goreng bisa jadi penyedap makanan alami. Nasi hangat jadi lebih nikmat dengan tambahan bawang goreng di atasnya.

    Baca juga : 5 Makanan Enak Dapat Meratakan Perut Buncit

    Bawang goreng bisa dibuat sendiri, biasanya ibu rumah tangga membuatnya dalam jumlah banyak. Caranya iris tipis bawang merah, goreng dan tiriskan. Jika tidak ingin merasakan pahitnya terasa saat di gigit, ada bainnya menghancurkan sehingga lebih remuk. Ini akan memberikan rasa sedap dan gurih pada makanan, baik kering atau kuah.

  5. Kemiri Bakar

    Mau buat nasi goreng lebih sedap tanpa penyedap rasa instan, kemiri bakar rahasianya. Hal ini memang tidak banyak ditambahkan, pasalnya cukup aneh dan aroma kemiri yang cukup menyengat, sehingga kurang di sukai. Namun dengan cara di bakar, aroma menyengat ini akan berganti menjadi aroma menggugah selera makan.

    Tentu saja tidak akan dijumpai kemiri bakar, harus dibakar sendiri sebelum memasak. Ini sangat mudah, cukup sangrai tanpa minyak atau letakkan di dekat kompor hingga kemiri mengeluarkan aroma tak sedap, setelah itu bisa dicampurkan dalam bumbu. Ini akan membuat nasi goreng lebih sempurna dan tidak cepat basi.

Tidak asing bukan dengan semua bumbu dapur di atas, ini akan mudah ditemukan dan bisa langsung digunakan sebagai penyedap rasa alami yang memberikan rasa gurih, sedap dan mengeluarkan aroma menggugah selera makan. Bukan itu saja, penggunaan bumbu sebagai penyedap tidak akan menimbulkan efek samping, malahan menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Baca Juga:  Tips Hangatkan Makanan Tanpa Basi Dan Bau

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply