5 Cara Aman Pengguna Softlens Saat Akan Makeup

Softlens bisa jadi pengganti kacamata, selain bisa membantu penglihatan, banyak wanita yang kini menggunakan lensa kontak untuk bergaya. Pasalnya ini sukses membuat Anda akan terlihat lebih trendy, keren dan tentu saja cantik. Namun ada juga yang memilih menggunakan kacamata karena merasa lebih aman, apalagi jika saat sedang makeup.

Lensa kontak memang harus mendapatkan perhatian ekstra, pasalnya harus dibersihkan setiap harinya. Ini bukan menggunakan air tetapi cairan khusus, karena jika tidak dibersihkan dengan benar bisa menyebabkan kebutaan bagi penggunanya. Bagaimana saat Anda sedang makeup, karena bisa jadi menggunakan banyak bahan kimia yang bisa tidak cocok dengan lensa kontak.

cara pakai softlens
sumber : editorial.femaledaily.com

Apalagi jika sedang makeup di area mata, bisa jadi ini akan menyebabkan gatal, mata merah hingga bengkak. Belum lagi penglihatan akan menjadi buram, bagaimana cara pengguna softlens bisa makeup dengan aman tanpa adanya komplikasi apapun. Ternyata ada triknya, ini sangat mudah dan tidak akan memakan banyak waktu.

5 Cara Aman Bagi Pengguna Softlens Saat Makeup

  1. Pastikan Tangan Bersih

    Anda tidak bisa mengambil atau mengucek mata sembarangan saat menggunakan softlens, ini akan membuat bakteri di tangan masuk dalam mata. Hal ini juga harus dilakukan sebelum makeup, bahkan jika bisa gunakan anti backerial. Sehingga tidak akan terjadi gangguan pada mata, ini hal kecil yang sering kali dilewatkan karena makeup di jam sempit.

    Selain itu, pastikan makeup yang akan mengarah ke mata bebas kandungan minyak, pasalnya ini bisa menyerap ke area mata. Meskipun hanya sebagai eye liner atau eye shadow, kandungan makeup bisa menyerap ke mata sekalipun hanya di sekitarnya, ini akan bisa jadi membuat iritasi. Lebih aman, gunakan makeup dengan kandungan air tinggi, seperti skin care.

  2. Gunakan Softlens Saat Makeup

    Salah jika Anda menggunakan lensa kontak setelah makeup, bisa jadi nantinya akan terkena riasan di area mata. Ada baiknya pakai terlebih dahulu lensa kontak, pastikan sudah nyaman dan tidak akan diubah kembali, baru memulai makeup. Jika sebaliknya, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan, mulai dari riasan hingga lensa kontak itu sendiri.

    Baca juga : 3 Solusi Jitu Untuk Mengatasi Masalah Bad Hair Day

    Karena sudah banyak kasus, lensa kontak digunakan setelah makeup akan terkena riasan di sekitar mata. Jika merusak makeup saja itu tidak masalah, bisa ditambahkan, namun adanya bahan atau material lain dalam kontak lensa yang akan digunakan berbahaya dan mengganggu kesehatan mata penggunanya.

  3. Berhati-Hati Saat Aplikasi Eyeliner

    Makeup yang akan bersinggungan langsung dengan softlens adalah eyeliner, karena Anda akan membentuk garis di tepian mata bagian dalam. Bukan hal mudah, karena banyak wanita harus tercolok dan membuat mata menjadi merah.

    Ada baiknya jika ingin menggunakan lensa kontak, skip bagian penggunaan eyeliner. Anda bisa menggantikan dengan maskara dan membuat gradasi warna yang lebih menarik dan aman di bawah mata bagian luar, ini hal yang sebaiknya diperhatikan. Jika memang ingin menggunakan eyeliner, pastikan sudah mahir atau meminta tolong orang lain.

  4. Pilih Maskara Berbahan Air

    Maskara juga makeup yang akan berdekatan dengan softlens, bahkan bisa jadi menyatu karena akan membuat bulu mata menjadi lebih lentik dan tebal. Bahkan aplikasinya sering kali mendongak dengan keadaan mata terbuka, terlebih jika Anda makeup sendiri.

    Sudah pasti ada kemungkinan jika nantinya maskara jatuh di lensa kontak, ini bukan hal mudah yang di bilas air saja bisa hilang. Pastikan tidak ada serat atau serpihan maskara yang jatuh ke mata. Tanpa kontak lensa saja bisa infeksi, apalagi jika Anda menggunakan softlens.

  5. Lepaskan Lensa Kontak Sebelum Membersihkan Makeup

    Sama halnya sebelum makeup, kali ini saat akan membersihkan. Lebih baik lepas softlens terlebih dahulu sebelum menghilangkan makeup, ini untuk menghindari serpihan atau kotoran makeup nantinya akan menempel di lensa kontak.

    Selain itu, saat membersihkan riasan wajah, sering kali Anda akan menggosok cukup keras, apalagi jika menggunakan makeup lengkap yang tebal. Bisa jadi saat membersihkan nantinya ada sisa makeup yang menempel dan bisa merusak mata, ini hal yang banyak terjadi dan kebanyakan wanita hanya meneteskan obat mata saja, padahal ini bisa menyebabkan kebutaan.

Memang ada banyak risiko saat menggunakan softlens, ada baiknya memakai lensa kontak di saat santai saja atau bekerja yang tidak perlu menggunakan makeup lengkap. Jika memang ingin tampil lebih cantik di bagian mata, ada banyak teknik makeup yang lebih bagus dan ini akan membuat Anda terlihat lebih cantik alami.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “5 Cara Aman Pengguna Softlens Saat Akan Makeup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *