Lifestyle

5 Cara Jitu Menghibur Sahabat Yang Tengah Sedih

Melihat seseorang mengalami kesulitan, Anda tentu tergerak untuk menolong selagi bisa. Apalagi jika melihat sahabat sedang sedih, pasti tidak akan berpikir dua kali untuk menghibur sahabat hingga senyum kembali terbit di wajah manisnya. Namun bagaimana caranya? Menghibur wanita dewasa dengan anak-anak tentu berbeda.

Bersedih memang paling pas dengan menangis, ini akan membuat Anda merasa lega namun sebaiknya tidak berlarut-larut, ini tidak akan baik untuk kondisi psikologis dan kesehatan. Sedih boleh saja, namun setelah itu harus bisa bangkit dan menghadapi semua masalah tersebut, inilah yang dilakukan orang dewasa.

Ketika melihat sahabat sedang terpuruk, sedih dan meratapi kesalahan di masa lalu. Sudah jelas, Anda tergerak untuk menghibur sahabat, namun bagaimana caranya? Tentu tidak akan sama seperti membujuk anak kecil dengan permen lollipop agar melupakan kesediahnya, coba ikuti beberapa saran ini untuk membuat sahabat kembali tersenyum.

5 Cara Menghibur Sahabat Agar Kembali Tersenyum

cara menghibur sahabat

Sumber : rd.com

  1. Dengarkan Ceritanya

    Hal pertama yang harus Anda lakukan, berikan pundak dan telinga. Semua masalah harus diceritakan terlebih dahulu, setelah mereda baru bisa dicari solusinya. Dengarkan semuanya, jangan menyela apapun yang keluar dari mulutnya. Bahkan jika bisa biarkan menangis, ini akan mengurangi sedikit beban dan membuatnya lega.

    Usahakan di tempat yang tenang dan tidak ada orang lain yang mendengarkan, biasanya sahabat akan lebih nyaman dengan situasi tersebut. Orang akan cenderung canggung jika bertatapan langsung, usahakan untuk menatap sisi lain, namun tetap perhatikan semuanya. Ini akan membuat sahabat Anda yang sedang tertekan bisa lebih tenang dan mengurangi stres yang sedang dialaminya.

  2. Cobalah Memberikan Solusi

    Setelah lega menceritakan semua masalahnya, cara selanjutnya untuk menghibur sahabat adalah memberikan saran untuk memecahkan masalah tersebut. Namun sebelumnya lihat dulu apakah sudah tenang, karena percuma saja memberikan saran pada mereka yang sedang kalut, marah dan stres, omongan Anda tidak akan pernah didengarkan.

    Baca juga : Latte Factor Dapat Sebabnya Bangkrut, Mulai Atasi Dari Sekarang!

    Pastikan kondisinya sudah tenang, bisa mendengar dan berpikir dengan baik. Solusi yang Anda tawarkan dalam bentuk saran, bukan harus dilakukan. Ini bisa digunakan atau tidak, bahkan tanyakan pada sahabat apa yang ingin dilakukan sekarang. Membantu tidak harus dengan menawarkan solusi, cukup ada di waktu terpuruk itu sudah lebih baik.

  3. Buat Candaan Penghibur

    Saat seperti ini sahabat membutuhkan dukungan, kata semangat dan nasihat memang perlu, namun ini tidak dibutuhkan saat dalam kondisi stres. Kenapa tidak membuat joke lucu bahkan jayus, ini hanya untuk memancing dia tertawa lagi. Inilah hal yang paling sulit, mengembalikan tawa dari orang yang tengah bersedih.

    mari menghibur sahabat

    Sumber : hipwee.com

    Menghibur sahabat memang bukan hal mudah, Anda tentu tahu apa yang disukainya. Kenapa tidak menggunakan hal ini agar bisa mendapatkan hatinya, buatlah dia kembali tertawa. Ini menghibur dan membuatnya yakin jika semua masalah pasti ada solusinya. Jangan sampai membuat dia berkecil hati dan merasa sendiri.

  4. Beri Waktu Untuk Sendiri

    Anda tidak bisa menghibur sahabat yang telah dewasa seperti cara anak kecil, membuatnya tertawa saja tidak bisa menyelesaikan masalah. Hal yang dibutuhkan orang dewasa adalah waktu, dimana harus bisa menyelesaikan masalah tersebut, bukan menghindarinya. Maka dari itu, beri waktu untuk sendiri dan mencoba merenung.

    Setelah sebelumnya, coba Anda berikan masukan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Bukan masalah besar jika solusi Anda tidak digunakan, namun Anda harus bisa membuat dia yakin jika selalu ada jalan untuk setiap persoalan. Terkadang orang dewasa tidak membutuhkan apapun, hanya waktu dan pemikiran sendiri yang akan menyelesaikan semua masalah tersebut.

  5. Ajak Ikut Kegiatan Menyenangkan

    Jika sudah melihat tanda ada perdamaian dalam diri sahabat Anda, cobalah ajak untuk keluar dan melihat apa yang terjadi sekarang ini. Saat terpuruk biasanya seseorang akan menutup diri dari dunia luar, namun ini akan semakin memperburuk kondisinya. Terlalu banyak menangis, melamun dan menyesali semua yang terjadi, bukan solusi tepat.

    Coba ajak makan, nonton atau kegiatan yang menantang lainnya. Sehingga permasalahan bisa terlupakan sejenak, tergantikan dengan tawa dan kesenangan. Ini memang tidak bisa menyelesaikan masalah, namun otak akan berhenti berpikir sementara. Nantinya bisa jadi ada ide untuk penyelesaian masalah terbaik.

Poin penting saat ingin menghibur sahabat, pastikan tidak menghardik dan menghakiminya. Dia memang salah, maka tidak perlu disalahkan kembali. Cobalah untuk memancing tawa, bukan mengurui dengan nasihat orang tua. Jika memang ingin membantu, coba tawarkan terlebih dahulu, karena tidak semua orang suka mendapatkan bantuan tanpa persetujuan.

Baca Juga:  4 Keistimewaan Sahabat Introver Itu Selalu Dirindukan

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply