5 Cara Mengatasi Rambut Kusut biar Nggak Jengkel Melulu
Body & Skin Care

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut biar Nggak Jengkel Melulu

Rambut kusut sering sekali membuat wanita jengkel, apalagi kalau sedang beraktivitas di luar. Memang butuh trik tersendiri untuk mengatasi rambut kusut. Kalau caranya salah dan nggak sabar menyisirnya, rambut wanita justru makin tak karuan tampilannya.

Nah, berikut beberapa tips mudah untuk mengatasi rambut kusut. Coba kamu praktikkan sendiri ya, terutama buat kamu yang punya masalah sama rambut.

Ganti dengan Sisir Khusus

Ganti dengan Sisir Khusus

sumber: Pexels

Mengatasi rambut kusut butuh jenis sisir tersendiri. Kalau selama ini kamu merasa nyaman dengan sisir bergigi rapat, ada baiknya sediakan jenis sisir lain. Sisir dengan gigi lebih jarang wajib kamu miliki sebagai andalan saat tiba-tiba saja rambutmu kusut.

Kamu bisa gunakan paddle brush atau pun detangler brush khusus. Sisir ini tergolong lebih lembut untuk rambut sehingga tidak akan menyebabkan patah atau rontok. Ingat, jangan paksa menyisir rambut kusut dengan sisir bergigi rapat ya!

Ubah Kebiasaan Menyisir

Ubah Kebiasaan Menyisir

sumber: Pexels

Selain itu, usahakan untuk ubah kebiasaan menyisir jika rambut sering kusut. Mulailah menyisir dari bagian bawah untuk meluruskan bagian yang kusut dulu. Urai kusut tersebut satu per satu dengan sabar, baru kamu bisa sisir dari akar hingga ujung rambut.

Baca Juga:  5 Panduan Menggunakan Sheet Mask dengan Tepat, Jangan Salah Ya!

Jika kamu memaksakan menyisir dari akar rambut hingga ujung, hal itu justru bikin rambut makin ruwet. Akar rambut akan tertarik dan kamu merasa kesakitan. Bukan itu saja, cara ini justru bikin rambut semakin banyak rontok.

Bagi Rambut ke Beberapa Bagian

Bagi Rambut ke Beberapa Bagian

sumber: Pexels

Agar menyisir lebih mudah, kamu bisa membagi rambutmu ke beberapa bagian. Cara ini berfungsi untuk memudahkanmu mengurai rambut yang terlanjur kusut. Misalnya, bagi saja rambutmu menjadi tiga hingga empat bagian agar bisa menemukan area mana saja yang benar-benar kusut.

Memang sih terkesan agak lama dan buang waktu. Namun, cara ini sangat efisien untuk mengembalikan tampilan rambutmu lebih cantik. Namanya juga kusut, ya mau nggak mau harus pelan-pelan diurai.

Pakai Hair Oil

Pakai Hair Oil

sumber: Her Styler

Penggunaan hair oil sangat membantu mengatasi rambut kusut. Pasalnya, rambut yang awut-awutan biasanya banyak terjadi pada pemilik rambut kasar dan kering. Oleh sebab itu, butuh banget pakai hair oil selepas menyisir.

Hair oil memberikan efek lembap pada rambut sehingga tidak mudah kusut. Penggunaan bahan ini juga meninimalisasi rambut rontok loh. Pemakaian rutin juga dapat memudahkan rambutmu untuk diatur.

Rutin Pakai Hair Mask

Rutin Pakai Hair Mask

sumber: Her Styler

Agar rambut terjaga kesehatannya, gunakan pula hair mask sekali dalam seminggu. Hair mask juga dapat mengatasi rambut kusut. Rambutmu pun juga menjadi lebih ternutrisi dan sehat secara alami.

Baca Juga:  5 Cara Aman Pengguna Softlens Saat Akan Makeup

Bahan alami yang baik dan bisa digunakan sebagai hair mask antara lain alpukat dan lidah buaya. Keduanya efektif untuk menyehatkan dan melindungi rambut dari radikal bebas.

Semoga tips di atas dapat membantumu mengatasi rambut kusut ya. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan rambut agar bisa punya rambut cantik alami!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply