Inspiration

5 Cara Merdeka Dari Utang Tanpa Nyiksa Diri!

Sekarang ini hampir semua anak muda memiliki utang, mulai untuk keperluan mendesak hingga menyanggupi gaya hidup modern. Padahal utang hakekatnya menyesatkan dan membuat penyesalan, namun ini tidak banyak dirasakan. Kenapa tidak membuat resolusi merdeka dari utang di tahun depan agar hidup lebih nyaman.

Kebanyakan utang terjadi di akhir bulan, saat uang gaji sudah habis namun tanggal penerimaan gaji masih jauh. Tidak ada pilihan lain dari meminjam uang, mulai dari teman, bank hingga sistem utang online yang semakin mudah saja. Namun ini bukan jadi solusi namun menambahkan beban yang tidak banyak disadari.

Kenapa tidak bergaya hidup sederhana atau sesuai dengan kemampuan saja? Memang gaya hidup modern itu serba namun dan menyenangkan, tetapi jika belum sampai di titik tersebut, salah jika harus memaksakan. Apalagi jika baru mulai bekerja dan ingin lepas dari bayangan suapan keuangan dari orang tua.

Ada baiknya kini Anda mulai beresolusi bebas utang, ini bisa di mulai di awal bulan dengan mendebitkan sejumlah uang di rekening berbeda untuk uang tabungan. Jika memang tidak terdesak, usahakan jangan di ambil dan gandakan di bulan mendatang. Cara ini memang tidak mudah, namun ada banyak solusi agar terbebas dari utang selamanya.

5 Cara Mudah Menerapkan Resolusi Bebas Utang Selamanya

merdeka dari utang

Sumber : dream.co.id

  1. Kelola Gaji Dengan Benar

    Hal utama yang harus di lakukan dengan sumber keuangan, kelola dengan bijak. Pastikan Anda membeli barang yang dibutuhkan bukan diinginkan dan jangan bergaya hidup atasan jika memang gaji masih bawahan. Lakukan pengelolaan gaji dengan bijak, mulai dari menyisihkan uang tabungan dan ‘kewajiban’ terlebih dahulu.

    Jika memang akan mengambil utang, pastikan jumlah angsuran tidak boleh lebih dari 30 persen jumlah gaji bulanan, ini gaji bersih bukan kotor setelah mendapatkan potongan dari kantor. Kenapa ini harus diterapkan, pasalnya Anda juga harus menikmati gaji. Jika semua uang bulanan habis sekaligus, akan memicu mengambil utang lagi, kapan akan selesainya.

  2. Cari Sumber Pendapatan Lain

    Mau bergaya hidup ‘wah’ cari tambahan pendapatan lainnya, Anda tidak mungkin bekerja kembali setelah jam pulang kerja. Ini sudah sangat melelahkan dan tidak bisa bekerja maksimal, kenapa tidak memilih cara pintar untuk bekerja di dua tempat. Maksudnya, bukan bekerja dalam dua posisi sekaligus, namun dapatkan uang dari dua sumber sekaligus.

    Baca juga : 3 Tips Hidup Hemat Aman Tanpa Harus Menyiksa Diri

    Cari partime atau kerja sambilan yang bisa dikerjakan di sela jam kantor, Anda tentu tidak akan sibuk terus menerus bukan. Maka dari itu, bisa mencari sampingan yang menghasilkan uang namun tidak mengganggu kerja. Hasilnya memang lebih kecil dari pendapatan bulanan, namun cukuplah untuk sekadar menonton film di bioskop atau hangout dengan teman-teman.

  3. Kurangi Asset Untuk Bayar Utang

    Jika memang pendapatan bulanan tidak lagi mencukupi untuk membayar utang, sebaiknya lirik apa saja asset yang bisa di jual dengan harga tinggi. Misalkan memiliki logam mulia, kendaraan bermotor atau tanah. Ini memang asset berharga yang nilainya semakin naik, kecuali benda bergerak. Namun utang harus segera di selesaikan sebelum semakin beranak pinak.

    solusi merdeka dari utang

    Sumber : moneysmart.id

    Menjual asset jadi solusi tepat, karena Anda tidak akan kehilangan namun bisa membeli lagi setelah mampu. Jika memang akan menjual asset sebaiknya yang bergerak, seperti gadget, motor atau mobil. Dimana harganya akan mengalami penurunan terus menerus, sebelum jatuh bebas harganya, gunakan untuk merdeka dari utang.

  4. Gaya Hidup Sesuai Kemampuan

    Hal ini selalu dikatakan setiap ahli keuangan, bergaya sesuai kemampuan. Banyak anak muda melanggar batasan tersebut, sehingga terjerumus dari jeratan utang yang datang terus menerus. Memang awalnya hanya utang kecil dalam bentuk gadget, namun ini semacam racun yang sangat cepat menyebar. Tidak terasa, Anda sudah menanggung utang hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

    Maka dari itu, untuk menciptakan resolusi merdeka dari utang, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan berutang. Selesaikan semua utang yang Anda miliki dan pastikan tidak lagi utang untuk keperluan remeh, seperti mengikuti gaya hidup. Usahakan hidup sederhana terlebih dahulu, baru meningkatkan secara bertahap.

  5. Buat Komitmen Penyelesaian Utang

    Anda harus tahu kapan waktunya menyelesaikan utang, bukan kapan lagi menjadwalkan mendapatkan uang, ini cara sesat dan hanya penyelesaian sesaat. Solusi akhir untuk merdeka dari utang adalah membuat komitmen kapan penyelesaian utang akan dilakukan, ini harus Anda lakukan dengan niat sendiri bukan lagi tekanan dari orang lain.

    Buat komitmen, berapa nominal gaji yang harus dibayarkan untuk membuat utang. Disana Anda bisa menghitung berapa lama harus hidup seperti ini, sehingga bertekad menyelesaikan lebih cepat. Jika ini terjadi, maka utang akan segera selesai dan hidup semakin baik. Anda akan lebih tenang hidup sederhana tanpa utang dari pada hidup mewah dengan banyak tekanan.

Jadi mulailah gerakan merdeka dari utang. Usahakan ini sejak dini agar tidak terjerat utang di usia senja, karena akan sangat sulit menyelesaikan utang dengan jumlah pendapatan yang selalu menurun. Ini semua harus Anda lakukan, jika tidak mau masuk dalam gurita utang yang tak kunjung selesai dan menimbulkan stres hingga depresi.

Baca Juga:  5 Cara Menghibur Diri Saat Harus Kehilangan Pekerjaan

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply