5 Cara Mudah Melindungi Kuku Dari Kerusakan

Tampil cantik bukan hanya soal wajah, wanita sering kali melakukan banyak hal baru agar terlihat berbeda. Salah satunya mewarnai kuku, umumnya kuku akan tidak berwarna atau bening, ini menandakan kuku sehat. Tapi jika kuku sudah mulai muncul bercak, ini waktunya untuk melindungi kuku dari kerusakan.

Sebenarnya kerusakan kuku terjadi karena banyak faktor, mulai dari kebersihan, sering kali mewarnai kuku hingga faktor kesehatan. Banyak orang kini tahu, kuku yang sehat akan memperlihatkan kondisi tubuh pemiliknya, apakah dalam kondisi prima atau kurang sehat. Ini memang bagian kecil dari tubuh, namun memberikan peranan penting.

Bahkan kamu jadi terlihat cantik dan profesional, jika memiliki kuku yang sehat. Tapi bagaimana cara menjaganya, ada baiknya mulai melindungi kuku dari sekarang. Ini memang hal kecil, namun menunjukkan sikap dan sifatmu, apalagi jika kamu memang suka jorok, bisa jadi orang lain akan ilfeel hanya karena melihat kondisi kukumu.

5 Cara Melindungi Kuku Dari Kerusakan

Cara Melindungi Kuku
Sumber : beautykosme.com
  1. Sarung Tangan

    Sering kali bersinggungan dengan benda keras, bahan kimia atau perubahan suhu ektrem. Ini secara tidak langsung akan merusak gigi, cara melindungi kuku dengan cepat dan tepat, coba gunakan sarung tangan. Pilih dengan bahan lembut dan cocok untuk suhu ekstrem, misalkan akan datang ke negara dengan empat musim, pastikan menggunakan sarung tangan dari bahan kulit atau wol.

    Ini akan membuat tangan dalam suhu tubuh normal, sehingga tidak akan merusak kesehatan kulit. Selain itu, aktivitas yang memengaruhi perubahan suhu secara langsung, misalkan cuci tangan, mencuci piring dan baju. Ini akan membuat kuku mengalami perubahan, ada baiknya menggunakan pelindung, toh kini sudah ada sarung tangan karet untuk mencuci piring.

  2. Hindari Kebiasaan Memanjangkan Kuku

    Kebanyakan wanita suka memiliki kuku panjang, ini akan terlihat lentik dan lucu. Padahal kuku merupakan sarang kuman dan bakteri, coba amati apakah ada praktisi kesehatan yang memiliki kuku panjang. Tentu saja tidak, bahkan kebanyakan dokter enggan memberikan warna pada kuku. Pasalnya ini akan memengaruhi kesehatan kuku itu sendiri.

    Coba memotong kuku secara rutin, jika sudah merasa tidak nyaman, potong kuku. Ini akan memberikan rasa nyaman sekaligus perlindungan, pasalnya kamu tidak akan mengalami kuku patah atau kuku yang terlepas. Ini tentu sangat sakit rasanya, untuk anak-anak disarankan memotong kuku minimal satu minggu sekali, jangan tunggu hingga 3 bulan ya.

  3. Perlindungan Kuku

    Inilah yang banyak dilupakan, kuku memang bagian kecil yang sering diabaikan. Tapi kamu tetap harus melindungi kuku dan menjaga kesehatannya, caranya coba lakukan manicure secara rutin, minimal sebulan sekali. Tidak perlu ke salon kecantikan, ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan yang tersedia.

    Merawat Kuku
    Sumber : aritri12.blogspot.com

    Misalkan, rendam kuku dengan air hangat atau suam suam kuku, sehingga lebih mudah saat memotong. Pastikan meratakan dengan cara mengikir, agar kuku tidak melukai atau sakit saat terkena kulit. Selain itu, berikan nutrisi tambahan, seperti gunakan masker tomat atau buah-buahan lainnya, ini akan memberikan nutrisi sekaligus membuat tampilan kuku lebih menarik.

  4. Makanan Sehat

    Bukan hanya melindungi kuku dari luar, namun kamu bisa melakukan itu dari dalam. Caranya, konsumsi makanan sehat dan bergizi, coba seimbangkan makanan dengan empat sehat lima sempurna, ini sesuai kebutuhan tubuh. Namun untuk memberikan perlindungan ekstra, bagi kulit dan kuku, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah.

    Baca juga :Kamu Musti Coba 6 Langkah Cantik Tanpa Makeup 

    Pasalnya sayur dan buah banyak mengandung serat dan air, ini sangat bagus untuk kulit. Dimana bisa melembapkan dari dalam, sehingga tidak terasa kering dan membuat kulit jadi terasa segar. Selain itu, pastikan minum air putih secara cukup, hanya perlu 7 gelas setiap harinya. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadi dehidrasi yang membuat kulit kering.

  5. Istirahatkan Kuku

    Banyak orang frustrasi kenapa kukunya jadi menguning, bau dan berubah bentuk. Pasalnya kamu terlalu memforsir kuku, jika memang ingin diwarnai, sebaiknya berikan jeda. Biasanya memberikan kuteks saat sedang menstruasi, hanya sebagai hiburan dan membuat penampilan berbeda. Bagi kamu yang beragama muslim, ini boleh saja karena tidak menunaikan ibadah salat lima waktu.

    Tapi untuk melindungi kuku, sebaiknya kamu memberikan masa jeda atau recoveri pada kuku. Hal ini untuk menghindari masalah kuku terasa lemah, mudah patah dan gampang lepas tanpa sebab. Tanpa memberikan apapun, kuku sudah mendapatkan nutrisi secara langsung, cukup istirahatnya saja. Jangan lakukan apapun, potong kuku saat mulai panjang saja.

Ada banyak cara untuk melindungi kuku dengan mudah, selain konsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih. Cobalah untuk mengistirahatkan kuku, jangan lakukan apapun kecuali memotongnya saat panjang. Ini akan jadi masa recovery agar kembali seperti sebelumnya, apalagi jika sudah mengeluarkan bau tak sedap.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *