Inspiration

5 Cara Mudah Untuk Jadi Morning Person

Siapa yang tidak kesal dibangunkan pada pagi hari? Hampir semua orang mengerang dan enggan untuk membuka mata, padahal harus bangun lebih pagi agar tidak terlambat bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya. Sehingga sulit sekali untuk menjadi morning person, padahal sangat penting sadar di pagi hari.

Apalagi jika akhir pekan, sudah jelas memilih bermalas malasan di tempat tidur dan sengaja bangun siang, padahal saat terbangun tubuh akan lebih sakit dan menjadi lebih pemalas. Terlebih saat memulai kembali rutinitas di awal pekan, terlebih di hari senin. Sehingga tidak jarang yang mengeluhkan ‘I Hate Monday’, padahal ini seperti hari lainnya.

Agar tidak ada masalah di pagi hari, apalagi dengan atasan killer yang siap memberikan ceramah panjang sehingga mengesalkan di pagi hari. Sebaiknya menjadi morning person, ini akan membuat kegiatan lebih terjadwal. Bangun di pagi hari tanpa mengeluh dan mendapatkan banyak kebaikan lainnya, ini semua akan sangat menguntungkan dan rezeki tidak akan di patok ayam.

5 Hal Rutinitas Untuk Menjadi Morning Person

morning person

Sumber : food52.com

  1. Tidur Tepat Waktu

    Orang dewasa juga membutuhkan jam tidur yang teratur, minimal 6 jam tidur malam tanpa jeda. Ini akan membuat Anda terbangun lebih segar dan tidak lagi mengeluh. Kegiatan utama untuk menjadi morning person, pastikan tidur sesuai jam yang sudah ditetapkan. Jika perlu kembali seperti saat masih sekolah.

    Tetapkan jam malam, misalkan jam 10 malam harus masuk kamar dan tidur, terapkan ini setiap harinya. Coba skip kegiatan yang membuat Anda begadang, misalkan nonton film, ngobrol dengan teman, ke coffe shop atau insomnia yang disengaja. Pastikan jika sudah jam malam, naik ke tempat tidur dan usahkan tubuh untuk relaks, kantuk akan datang dengan sendirinya.

  2. Minum Air Putih Sebelum Tidur

    Kenapa tidak kembali pada rutinitas saat masuk sekolah, orang tua akan memberikan satu gelas air putih di nakas. Ini biasanya akan di minum sebelum tidur dan saat bangun tidur, ternyata ini akan memberikan dampak tubuh menjadi lebih segar. Apalagi saat bangun tidur, Anda akan merasa lebih dehidrasi, pasalnya tidak ada konsumsi air dalam jangka panjang.

    Baca juga : 5 Cara Adaptasi Anak Perantauan Agar Betah Di Kota Baru

    Selain itu, bisa jadi di tengah malam haus dan ingin minum, karena letak dapur yang cukup jauh sehingga enggan untuk minum. Selain itu, jika minum air putih sebelum tidur, kandung kemih akan penuh dan membuat Anda harus bangun untuk ke kamar kecil. Manfaatkan ini untuk segera mandi, sehingga bisa bangun lebih pagi.

  3. Membaca Berita

    Kegiatan membaca koran di pagi hari yang dilakukan orang tua, sebaiknya dilanjutkan. Kenapa? Pribadi morning person lebih bagus membaca berita di pagi hari. Sekarang ini tidak perlu menunggu tukang koran datang, cukup buka portal berita terbaru. Cari berita yang disukai, mulai dari berita aktual hingga berita tentang entertainment yang menyenangkan.

    morning person woman

    Sumber : neilpatel.com

    Hal ini juga akan membuat wawasan Anda tidak terkotak, dimana bisa mengerti apa yang terjadi sekarang ini. Apalagi yang berkaitan dengan bencana alam, hampir semua hal tidak diprediksi sebelumnya. Selain itu, Anda jadi bisa melihat peluang yang muncul hari ini, bisa jadi mendapatkan keuntungan tambahan.

  4. Menyapa Orang Lain

    Merasa bosan dengan semua rutinitas yang dijalani di pagi hari, kenapa tidak menyapa orang lain. Mengatakan ‘halo’ atau ‘selamat pagi’ pada orang yang Anda sukai akan sangat menyenangkan, apalagi jika mendapatkan sambutan serupa. Ini hal menyenangkan dan membuat mood semakin baik, kenapa tidak coba menyapa keluarga.

    Ini waktu yang tepat untuk menanyakan kabar, terlebih jika tinggal di kota berbeda. Sempatkan untuk menanyakan kabar orang yang Anda sayangi, ini bentuk perhatian kecil yang menyenangkan. Bahkan bisa semakin mengeratkan ikatan, jarak bukan lagi kendala bukan. Teknologi terbukti bisa menghilangkan semua hal tersebut.

  5. Sarapan Pagi

    Hal yang banyak dilewatkan orang dewasa, padahal untuk jadi morning person. Harus memastikan perut dalam kondisi cukup kenyang, apalagi jika di pagi hari ada banyak kegiatan yang dilakukan. Jangan sampai menggerutu hanya karena bunyi perut yang minta jatah, tidak perlu beralasan bosan dengan sarapan.

    Ada banyak menu sarapan sehat yang menyenangkan di pagi hari, misalkan menggantikan dengan buah, smoothies, jus atau yoghurt. Ini menu makanan sehat yang bisa menganjal perut hingga jam makan siang, sarapan pagi juga sangat bagus untuk menjaga berat badan. Jangan mengira, berat badan berkurang karena tidak sarapan, kebalikannya saat makan siang Anda akan mengambil porsi lebih banyak.

Tidak sulit bukan untuk menjadi morning person, beberapa aktivitas di atas akan membuat kesadaran Anda kembali. Jangan suka bangun terlalu mepet dengan jam masuk kantor, ini akan membuat pagi hari tidak menyenangkan. Merusak mood bahkan hari Anda nantinya, selain itu tidak bagus untuk kesehatan jangka panjang.

Baca Juga:  Mau Karir Melonjak Cepat? Mulai Terapkan Motivasi Diri Sendiri

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply