Relationship

5 Cara Sopan Menolak Perjodohan Orang Tua Tanpa Menyakiti

Jelang usia 25 tahun, wanita banyak mendapatkan desakan untuk segera menikah atau memperkenalkan pasangan yang tengah dekat. Padahal masih banyak mimpi dan keinginan yang belum tercapai, sehingga orang tua mengambil langkah cepat untuk menjodohkan. Memang tidak semuanya jelek, namun jangan menolak perjodohan dengan cara kasar atau tidak sopan.

Hal ini hanya akan melukai perasaan orang yang paling disayangi dan dianggap sebagai anak durhaka, ada cara sopan kok untuk menolak itikad baik tersebut. Dimana semua orang berhak mencari dan mendapatkan pasangan sesuai keinginan, bahkan dengan bumbu cinta di dalamnya, sehingga pernikahan bukan hanya penyatuan dua manusia, melainkan dua hati.

Kebanyakan anak muda yang masih belum terkontrol emosinya akan menolak perjodohan dengan kasar dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas, ini hanya akan melukai perasaan orang tua dan tidak memberikan penyelesaian yang tepat. Coba ikuti beberapa cara menolak calon pasangan dari orang tua, tanpa melukai hati siapa pun.

5 Cara Sopan Menolak Perjodohan Dari Orang Tua

cara sopan menolak perjodohan orang tua

Sumber : steemkr.com

  1. Menurut Berkenalan Untuk Menjaga Kesopanan

    Siapa anak muda yang tidak marah saat tiba-tiba disodorkan calon pasangan begitu saja dari orang tua, tanpa mengenal satu sama lain dan langsung menginginkan pernikahan. Tapi ada baiknya, jangan menolak perjodohan dengan otot dan suara keras, ini tidak akan meluluhkan orang tua, malahan keinginan semakin kuat.

    Kenapa tidak coba menurut untuk berkenalan dan bertemu terlebih dahulu, siapa tahu ini memang jodoh yang sudah dinantikan sejak lama, hanya saja jalannya memang dari orang tua. Ingat lagi, tidak ada orang tua yang akan memberikan hal buruk, meskipun terkadang caranya tidak disukai anaknya, namun menurut mereka ini yang terbaik.

  2. Menyibukkan Diri Dengan Pekerjaan

    Tidak mungkin mengatakan tidak pada orang tua, apalagi jika ayah dan ibu sudah menunjukkan wajah memelasnya, maka penuhi semua jadwal dengan pekerjaan. Tidak ada salahnya, menerima semua agenda perjalanan dinas ke luar kota. Sehingga tidak bisa janjian untuk ketemuan dengan calon pasangan dari orang tua.

    Ini cara elegan dan cukup sopan, dimana tidak akan bertemu dengan pria pilihan orang tua dan membuat calon jodoh mengira kamu tidak serius. Tetapi, orang tua juga tidak ingin kamu kehilangan pekerjaan ini. Bahkan mulai mengerti jika ini cara menolak perjodohan secara halus, tanpa harus melukai orang tersayang.

  3. Pindah Ke Luar Kota / Luar Negeri

    Sudah pasti jodoh akan ada di sekitaran orang tua atau minimal keluarganya berada di sekitar orang tua, kenapa tidak meninggalkan tempat sekarang ini ke tempat baru yang sulit di jangkau. Misalkan pindah tempat kerja atau menerima beasiswa ke luar negeri, semakin sulit di jangkau, maka jodoh akan tahu diri jika di tolak.

    menolak perjodohan dengan sopan

    Sumber : verilymag.com

    Tidak semua orang nyaman dengan hubungan jarak jauh, apalagi dengan orang baru yang tidak dikenal sebelumnya. Bukan itu saja, saat mendapatkan beasiswa atau kesempatan kerja di luar negeri, orang tua akan mengerti jika prioritas anaknya sekarang ini bukan pernikahan, melainkan masa depan. Tenang saja, kini sudah hal normal menikah di usia jelang 30 tahun.

  4. Katakan Sifat Kecil Menyebalkan

    Jika tidak mungkin berhadapan dengan orang tua, kenapa tidak membuat calon menolak perjodohan konyol ini. Coba tunjukkan sifat kecil yang di nilai buruk atau tidak etis dengan pasangan, hal tersebut biasanya membuat pria menjadi ilfeel dan mundur begitu saja. Seperti kentut secara tiba-tiba, kebiasaan mengupil sembarangan hingga tertawa terlalu keras.

    Baca juga : 3 Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pernikahan Untuk Pasangan Muda

    Hal ini biasanya sukses membuat pria tidak suka dan memilih mundur dari perjodohan tersebut, jika secara fisik tidak memberikan hasil. Coba lakukan secara mental, seperti mengabaikan pesannya, tidak mengangkat teleponnya atau hanya menjawab singkat-singkat saja. Pria akan tahu kok, tanda wanitanya tidak suka berhubungan lebih lanjut.

  5. Bicarakan Baik-Baik Dengan Orang Tua

    Cara paling sopan untuk menolak perjodohan dari orang tua, coba bicarakan dari hati ke hati. Cara tahu kenapa orang tua menginginkan kamu segera menikah, biasanya karena rasa khawatir jika nantinya tidak ada yang akan menjaga dirinya, orang tua sudah memasuki usia senja dan khawatir hidupnya tidak lama lagi.

    Hal ini biasanya jadi pertimbangan paling rasional, dari pada alasan ingin punya cucu atau ingin jadi kakek nenek. Namun sering kali orang tua menutupi hak tersebut, karena merasa takut anaknya akan menjauh nantinya. Bukan itu saja, pria yang akan dijodohkan bukan sembarangan, biasanya sudah melewati seleksi ketat hingga ke keluarga besarnya.

Memang cukup sulit menentang keinginan orang tua, apalagi jika menolak perjodohan yang sudah direncanakan dari jauh hari. Namun bicarakan ini baik-baik dan kepala dingin, berikan pengertian jika sekarang ini belum siap untuk pernikahan atau memang ada calon namun belum mengarah pada pernikahan dan meminta doa agar segera melangkah ke pelaminan.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply