Atasi Peradangan Kulit
Body & Skin Care

5 Cara Tepat Mencegah dan Atasi Peradangan Kulit

Kulit kering, merah dan saat disentuh sakit, ini tanda kulit mengalami peradangan. Jangan salah, terlalu lama di bawah sinar matahari langsung juga bisa merusak kulit. Apalagi kamu yang punya jenis kulit acne prone, sudah pasti sering mengalaminya. Bagaimana cara atasi peradangan kulit tanpa harus merasakan sakit akibat perawatan langsung.

Ternyata kamu jangan dahulu memikirkan solusi, tapi cari penyebab peradangan kulit. Setiap orang punya penyebab berbeda, mulai dari infeksi, alergi terhadap suhu, lingkungan, kotoran hingga makanan. Bahkan bisa jadi akibat kekurangan waktu istirahat, terlalu banyak begadang di malam hari dengan secangkir kopi bisa merusak kulitmu loh.

Tanda peradangan, biasanya muncul kemerahan yang disertai dengan rasa gatal, sehingga membuat kamu ingin mengaruk. Akibatnya akan timbul luka, ada baiknya jika ada ruam atau iritasi kulit, jangan di garuk tapi diamkan saja. Jika kamu termasuk bingung cara atasi peradangan kulit, coba beberapa pertolongan pertama berikut ini.

5 Cara Mudah Atasi Peradangan Kulit

Cara Atasi Peradangan Kulit

Sumber : medium.com

  1. Bilas Air Dingin

    Saat merasa wajah gatal, panas dan tidak nyaman, jangan gunakan air hangat. Hal ini akan membuat pori-pori semakin besar, memang menenangkan, namun jangan lakukan sementara. Saat kulit sedang iritasi dan mengalami peradangan, sebaiknya gunakan air dingin untuk menurunkan suhunya. Sehingga kamu akan merasa nyaman dan mengurangi rasa gatal.

    Untuk mengatasinya, sementara hindari penggunaan lulur apalagi dengan tambahan scrub. Ini akan merusak struktur dan membuat kulit semakin terkelupas. Jika bisa, hindari penggunaan skin care terlebih dahulu, cuci muka hanya dengan air dingin saja. Setelah kulit kembali normal, bisa menggunakan produk cuci muka kembali.

  2. Hindari Sinar Matahari Langsung

    Cara atasi peradangan kulit secara mudah, hindari sinar matahari secara langsung, karena ini yangmenjadi penyebab utama. Hal tersebut bisa terjadi pada semua jenis kulit, apalagi jika kamu memiliki kulit tipe sensitif. Memang harus lebih jeli dalam perawatan, tapi tenang sinar matahari pagi sebelum jam 9 pagi masih aman.

    Jika memang kamu harus pergi ke luar rumah, coba gunakan tabir surya atau sunscreen, ini bisa menjadi perlindungan utama kulit. Bisa juga menggunakan kacamata hitam atau topi yang cukup lebar, usahakan kulit tidak terkena sinar matahari secara langsung, apalagi di tengah hari. Hal ini akan membuat kulit terbakar dan terjadi kerusakan di bagian dalam.

  3. Pelembap Wajah

    Bukan hanya tabir surya yang bisa atasi peradangan kulit, kamu juga bisa menambahkan pelembap wajah. Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum penggunaan makeup, apalagi saat ini suhu cukup panas yang akan menyebabkan kulit muda kering, kemerahan dan menyebabkan iritasi. Gunakan pelembap wajah yang sesuai jenis kulit, sehingga bisa mengatasi sekaligus melindungi.

    Tips Atasi Peradangan Kulit

    Sumber : baca.co.id

    Jika terlalu banyak aktivitas di luar ruangan dan harus terkena sinar matahari secara langsung, ada baiknya memilih pelembap dengan tambahan anti inflamasi, sehingga bisa menenangkan kulit dan mencegah peradangan. Ada banyak pilihan pelembap wajah, mulai dari bahan alami hingga drug store, usahakan yang cocok untuk kulit kamu.

  4. Diet Sehat

    Sudah menggunakan perlindungan kulit, tapi kenapa bisa muncul peradangan yang menyebabkan iritasi kulit. Coba lihat lagi, pola makan yang kamu terapkan. Jika masih saja konsumsi junk food setiap harinya, karena rasanya enak dan praktis, coba mulai sekarang untuk menguranginya. Ini bukan hanya baik untuk kulit, melainkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    Baca juga : 3 Rekomendasi Sampo Alami Untuk Merawat Rambut

    Untuk atasi peradangan kulit, coba lebih banyak makan sayuran hijau, jika bisa jangan terlalu dalam pengolahan dan tidak perlu menambahkan banyak bumbu. Salad sayur dan buah bisa jadi alternatif utama. Jika ingin praktis, coba makan buah-buahan saja, tanpa diolah, cukup kupas dan tinggal makan. Bahkan mineral dan vitamin dalam buah lebih banyak, karena tidak melalui proses pengolahan.

  5. Hindari Pakaian Ketat

    Tampil cantik dengan trend fashion terbaru memang jadi modal andalan buat kamu, tapi jika ini menyebabkan tubuh tidak nyaman, kamu tidak bisa beraktivitas dengan mudah bukan. Ada baiknya, untuk atasi peradangan kulit, hindari penggunaan pakaian ketat yang tepat melekat di badan. Karena bisa memicu iritasi, kemerahan dan rasa gatal berlebih.

    Biarkan tubuh bernapas dengan baik, gunakan pakaian yang longgar, apalagi sekarang ini sudah mulai masuk musim panas, sehingga suhu akan naik dan tidak lagi nyaman menggunakan pakaian ketat, sekalipun dalam ruangan berpendingin udara. Bahkan pilih jenis pakaian yang lembut di tangan, sehingga tidak memicu gatal.

Ternyata bukan hal sulit untuk atasi peradangan kulit, ini kembali pada kamu sendiri, apakah ingin membuat dirimu nyaman atau hanya menjaga penampilan. Coba lakukan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan sehat. Maka tidak akan ada masalah kulit dan muncul rasa gatal berlebih tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga:  Rekomendasi Clay Mask untuk Berbagai Masalah Kulit Wajah

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply