Lifestyle

5 Hal Hanya Dapat Dimengerti Anak Tengah

Berada di posisi enak tengah memang kurang menyenangkan, pasalnya perhatian orang tua tidak akan terfokus. Biasanya ayah akan memberikan perhatian lebih pada anak tertua, sedangkan ibu akan lebih fokus pada anak terkecil karena masih butuh banyak pertolongan. Hal tersebut memang anak yang terlahir di tengah merasa tidak mendapatkan kasih sayang cukup.

Hal ini memang dirasakan banyak orang, terlihat anak yang lahir di tengah jarang sekali dekat dengan orang tua. Punya dunianya sendiri dan lebih dekat dengan teman dan sahabat, ini bisa dibilang sebagai pengalihan perhatian saja. Apalagi saat harus dituntut seperti kakak tertua dan memberikan contoh pada adik yang lebih kecil, tanpa mendapatkan perhatian lebih.

Ternyata anak tengah memiliki beberapa hal yang hanya bisa dimengerti sendiri, sering kali jadi pribadi lebih mandiri dan tidak mengandalkan orang lain. Bahkan tidak sedikit mendapatkan kesuksesan lebih dari saudara lainnya, coba lihat beberapa hal ini pasti anak yang terlahir tidak sebagai tertua dan bontot akan mengerti.

5 Kelebihan Yang Hanya Dimengerti Anak Tengah

mengerti anak tengah

Sumber : nakita.grid.id

  1. Belajar Mandiri Sendiri Sejak Kecil

    Tidak mendapatkan perhatian seperti kakak tertua dan adik paling kecil, ini membuat anak tengah sudah terbiasa belajar mandiri. Pasalnya enggan untuk meminta tolong pada orang lain, karena melihat mereka semua sibuk. Bahkan kemandirian ini tidak diajarkan oleh orang tua, belajar sendiri melakukan apa yang diinginkan.

    Kemandirian ini memang sangat bagus, sehingga tidak akan pernah merasa kehilangan saat tidak ada orang lain di rumah. Bisa tetap survive dan termasuk tahan banting, selain itu tidak membutuhkan apapun dan selalu berteriak pada orang lain. Mereka bahkan terlihat tidak mudah menyerah untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

  2. Bosan Dibandingkan

    Sebenarnya tidak ada orang yang suka dibandingkan dengan kesuksesan orang lain, just be your self. Bukankah ini yang diajarkan oleh orang tua, kenapa harus membandingkan dengan orang lain, toh jika mereka sudah sukses terlebih dahulu, bukan berarti kita kamu tidak akan mendapatkan kesuksesan nanti pada waktunya.

    Sebenarnya anak tengah sudah bosan jika dibandingkan, bahkan lebih lelah lagi jika dibandingkan dengan kakak tertua. Hal ini namun terulang setiap harinya, dimana kakak memang harus jadi panutan. Padahal mereka belum masuk dalam usia yang sama, tapi apa yang terjadi anak yang jadi urutan tengah mendapatkan kesuksesan tepat pada waktunya dan lebih baik lagi.

  3. Sering Mencari Perhatian

    Karena tidak mendapatkan perhatian, jangan heran anak yang ada di urutan tengah biasanya akan mencari perhatian, ini bisa dibayangkan mereka mulai caper (cari perhatian). Bisa jadi menjurus pada hal positif dan negatif, meskipun tidak selalu mendapatkan pujian, orang tua akan memarahi mereka bisa jadi kesenangan tersendiri.

    pribadi anak tengah

    Sumber : vemale.com

    Bisa jadi mendapatkan prestasi  terbaik di sekolah atau memenangkan lomba, ini memang membanggakan, namun sering kali masih dibandingkan kembali. Parahnya, jika mencoba mendapatkan perhatian dengan berbuat hal nakal. Misalkan jadi anak badung, membuat orang tua di panggil ke sekolah atau melakukan hal konyol hanya untuk mendapatkan perhatian saja.

  4. Harus Mau Membantu Menjaga Adik

    Bukannya mendapatkan perhatian, anak tengah sering kali mendapatkan beban dengan ikut menjaga adik yang masih kecil. Lucunya ini tidak dilakukan orang tua pada kakak tertua, dengan alasan mereka butuh waktu untuk kegiatan di luar rumah atau fokus belajar. Tentu saja semua orang membutuhkan hal tersebut, namun harus tetap menerima tugas.

    Baca juga : 5 Alasan Klise Kenapa Wanita Sering Jatuh Cinta Tanpa Berjodoh

    Apalagi jika kedua orang tua sedang pergi bekerja misalkan, bisa jadi anak tengah lebih dekat dengan adiknya. Hal ini karena lebih senior, bisa menyuruh dan tidak akan mendapatkan bantahan. Jika bisa melakukan hal seperti itu, membuat mereka senang karena memiliki kepemimpinan sendiri, meskipun akan kalah dengan kakak tertua.

  5. Cinta Damai

    Bisa dibilang anak tengah lebih banyak kalah saat bertengkar, hal ini karena mereka tidak tega dengan adik yang lebih kecil dan tidak berani melawan kakak yang lebih besar. Memang tidak menyenangkan, pasalnya anak-anak mengira mengalah berarti kalah, tapi sebenarnya ini yang akan mengiring mereka untuk jadi pribadi cinta damai.

    Tidak suka berbuat ribut, lebih banyak mengalah dan tidak suka memancing keributan. Bisa jadi pribadi yang lebih kalem dan pendiam, memilih jadi pihak netral jika terjadi perseteruan, apalagi jika melibatkan orang tua. Namun jangan salah, jika mereka sudah marah, maka akan sulit sekali memadamkan api kemarahan tersebut.

Jadi anak tengah memang tidak menyenangkan, namun ada banyak pemimpin besar cinta damai yang lahir dari anak urutan tengah. Mereka memang tidak suka mencari masalah, lebih cinta damai dan banyak mengalah. Namun jangan salah, kebanyakan memiliki otak genius dan lebih sukses dari pada kakak tertua dan adik kecilnya.

Baca Juga:  5 Trik Cerdas Menghindari Jadi Tukang Sibuk Di Kantor

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply