5 Hal Harus Dihindari Saat Pengisian Ponsel, Demi Keselamatan Bersama

Gadget menjadi benda yang tidak bisa terlupakan di zaman digital, praktis Anda lebih sering melakukan pengisian baterai ponsel. Bahkan masih melakukan aktivitas dengan smartphone saat pengisian ponsel dilakukan, padahal ini tidak dianjurkan dalam standar penggunaannya ponsel pintar tersebut, dimana seharusnya untuk mematikan sementara.

Bahkan sudah banyak kasus terjadi kecelakaan, saat masuk melakukan aktivitas dalam kondisi baterai di charger. Sudah banyak korban jiwa hingga meninggal juga ada, meskipun ini tidak terjadi di tanah air namun tidak ada salahnya untuk berhati-hati. Pasalnya pengisian baterai smartphone menggunakan aliran listrik, memang bukan tegangan tinggi, namun saat panas tetap saja bisa hang sehingga terjadi konsleting.

Apalagi jika berada di sekitar anak-anak, sebenarnya apa standar saat pengisian ponsel. Apakah harus mematikan smartphone terlebih dahulu, ini tentu membutuhkan waktu, bagaimana jika ada yang menghubungi. Sebenarnya tidak harus dimatikan, namun berhati-hati dengan beberapa hal yang sudah menjadi kebiasaan ini.

5 Kebiasaan Buruk Saat Pengisian Ponsel

cara pengisian ponsel
Sumber : inet.detik.com
  1. Melakukan Pengisian Baterai Semalam

    Anda mungkin salah satu pengguna smartphone yang memilih mencharger di malam hari, alasannya saat sudah tidak digunakan kembali dan tidak mengganggu pengisian. Ini memang pilihan yang tepat, namun saat tidur, tidak mungkin bangun untuk melepas daya charger di smartphone bukan, sehingga pengisian akan berlangsung sepanjang malam.

    Padahal ini sangat berbahaya, bukan hanya terjadi kerusakan pada smartphone, namun bisa terjadi konsleting yang cukup berbahaya, apalagi jika charger di sekitar Anda.  Jika ada komponen yang rusak atau terkena air, maka bisa terjadi konsleting dan kebakaran tentu tidak terelakkan lagi bukan. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan alarm atau lepaskan charger sebelum tidur.

  2. Ponsel Di Sekitar Anda Saat Tidur

    Bukan rahasia lagi, jika smartphone seakan menjadi nyawa kedua yang harus ada di sekitar Anda, bahkan saat tidur. Hingga tak jarang, Anda membawanya hingga ke tempat tidur, menempatkan di sekitar bantal dan kasur, bahkan bisa jadi di sebelah Anda. Ini tentu memberikan efek negatif, dimana terjadi radiasi dari sinyal smartphone.

    Baca juga : 5 Cara Hilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami

    Bukan itu saja, saat pengisian ponsel sebaiknya tidak menempatkan di sekitar benda yang mudah terbakar. Pasalnya saat charger berlangsung, ponsel akan lebih panas karena terjadi pengisian daya, sehingga rentan terjadi kebakaran. Lebih aman, letakkan smartphone di lantai atau tempat netral yang cukup aman dan jauh dari jangkauan saat tidur.

  3. Gunakan Charger Sesuai Jenis Smartphone

    Hampir semua ponsel memiliki charger yang sama, namun kenapa memiliki merk berbeda? Ada baiknya menggunakan jenis charger yang sama atau bawaan smartphone saja. Hal ini karena sudah di sesuaikan dengan kebutuhan, selain itu pengisian menjadi lebih cepat dan charger lainnya.

    cara pengisian ponsel
    Sumber : read01.com

    Hindari juga menggunakan charger bajakan, pasalnya ini tidak akan sesuai. Memang mengisi baterai dengan baik, namun ketahanan tidak akan sama seperti charger bawaan yang Anda gunakan sebelumnya. Charger orisinal memang mahal, karena dijamin keselamatan dan penggunaan oleh pabriknya, namun ini sesuai dengan apa yang Anda dapatkan.

  4. Melepaskan Charger Sebelum Penuh

    Normalnya, pengisian baterai harus sampai 100 persen. Namun Anda sudah ingin menggunakannya, sehingga melepaskan sebelum penuh. Ini tindakan yang salah, dimana bisa merusak smartphone dan membuat Anda terkena bahaya. Pengisian ponsel yang tidak penuh, daya masih masuk sebagian sehingga bisa terjadi konsleting saat di lepas.

    Selain itu, performa ponsel akan semakin menurun, memang jika dilakukan sekali dua kali saja tidak masalah. Namun bagaimana jika sudah puluhan kali, bukan hanya smartphone saja yang rusak, namun bisa jadi tangan Anda akan tersengat listrik. Terlebih jika ada beberapa perangkat yang sudah terkelupas, seperti kabelnya.

  5. Segera Charger Saat Sudah Ada Alarm

    Setiap ponsel akan ada alarm tanda harus melakukan pengisian ponsel, hal ini memang diberikan secara otomatis agar setiap pengguna bisa segera mencharger. Sebaiknya tidak membiarkan baterai dalam kondisi 0 persen atau tanpa daya, karena bisa menyebabkan kerusakan. Dimana ini awalnya akan merusak di bagian dalam, hingga nantinya secara fisik.

    Selain itu, pengisian daya dengan kondisi drop total lebih lama dari sebelumnya. Bahkan harus mematikan total dan jangan dihidupkan sebelum penuh. Jika memang masih menggunakan ponsel untuk komunikasi, lebih baik turunkan daya penggunaan, sehingga bisa melakukan charger tanpa ponsel mati karena kehabisan daya.

Keselamatan Anda adalah harga tertinggi, jangan sampai terluka hanya karena penggunaan gadget. Sebaiknya, jika sedang melakukan pengisian ponsel, matikan atau tidak digunakan sementara. Selain pengisian akan semakin cepat, ini menghindari terjadi konsleting, baik di dalam dan di luar smartphone yang bisa menyebabkan masalah nantinya.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “5 Hal Harus Dihindari Saat Pengisian Ponsel, Demi Keselamatan Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *