5 Hal Wajib Diketahui Sebelum Memulai Perawatan Wajah

Perawatan wajah hal yang tidak pernah terlewatkan oleh para perempuan, apalagi setelah melewati 30 tahun, kulit akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari terlihat kusam, muncul garis halus yang akan menjadi kerutan dan tidak bisa kencang seperti dulu lagi. Paling aman memang konsultasi terlebih dahulu ke dokter namun membutuhkan budget lebih bukan.

Maka dari itu, Anda harus pintar dalam memilih skin care (produk perawatan wajah). Bagaimana cara memilihnya, sudah jelas harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda. Karena setiap perawatan tidak akan sempurna, bahkan menimbulkan efek samping lainnya jika memaksa menggunakan satu produk namun kulit tidak cocok.

tips perawatan wajah
Sumber : alodokter.com

Selain itu, tidak semua skin care yang di jual di pasaran akan cocok digunakan, hasil penggunaan skin care juga tidak bisa langsung terlihat, harus rutin dan setiap harinya. Hasil berbeda jika Anda terlihat cantik dengan makeup, maka dari itu sebelum memulai perawatan, terutama untuk wajah pastikan beberapa hal ini.

Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Perawatan Wajah

  1. Kenali Skin Care Yang Akan Digunakan

    Jangan pilih produk karena saran teman atau sedang populer, ini salah besar. Kebanyakan wanita Indonesia mudah untuk pindah dengan produk lain, misalkan sedang promo atau baru saja keluar. Ada baiknya konsultasi pada dokter, pada semua skin care yang akan digunakan. Dimana nantinya bisa mendapatkan saran terbaik.

    Misalkan Anda menggunakan krim pagi dan malam, krim pencerah wajah dan serum. Pastikan kandungan produknya, seperti adanya kandungan benzoyl peroxide, ini efektif untuk mengatasi jerawat namun terbilang keras untuk kulit normal. Selain itu, produk pencerah wajah tidak bisa bekerja maksimal tanpa rutin digunakan. Bagaimana jika hasilnya tidak sesuai keinginan, Anda bisa jadi tidak cocok dengan produk tersebut dan harus segera menggantinya.

  2. Skin Care Anjuran Dokter

    Anda harus menjadi wanita yang cerdas, jika datang ke dokter membutuhkan budget untuk konsultasi, kenapa tidak bertanya secara online saja yang tanpa budget. Ada banyak informasi tentang produk perawatan wajah yang bagus, mulai dari kulit normal, sensitif, mengelupas hingga iritasi. Cara paling mudah untuk mengenali skin care yang bagus, lihat komposisi produknya.

    Baca juga : Jangan Masukan 5 Ritual Kecantikan Ini Jelang Pernikahan

    Ada baiknya memilih skin care dengan kandungan water soluble cleanser, ini dapat membersihkan wajah (paling cocok untuk kulit kering. Sehingga saat digunakan tidak menyebabkan kulit semakin kering, merah dan bisa iritasi. Adanya kandungan AHA dan BHA, ini akan mengatasikan masalah breakout, garis halus dan bisa memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Ini akan cocok digunakan bersamaan dengan skin care dokter atau skin care yang di jual bebas.

  3. Hindari Produk Dengan Kandungan Ini

    Namun ada juga produk perawatan wajah yang perlu Anda hindari, memang tidak semua jenis kulit bermasalah, tetapi sebagian besar akan mengalami kerusakan apalagi jika digunakan bersamaan dengan skin care dokter. Sayangnya, banyak skin care yang di jual bebas namun menambahkan kandungan tersebut.

    Mulai dari srub, ini memang bisa membersihkan semua kotoran hingga pori, namun bentuk butiran halus ini harus dioleskan dengan lembut. Jika tidak, maka bisa menyebabkan luka di pori-pori. Sedang berjerawat, hindari produk perawatan wajah yang menambahkan scrub. Selain itu, hindari juga tambahan bahan cleansing brush, ini akan memperburuk iritasi kulit, apalagi setelah berjerawat.

  4. Tahapan Pemakaian Skin Cara

    Percuma membeli banyak skin care namun salah mengaplikasikannya, Anda tidak akan mendapatkan khasiat apapun. Ada beberapa jenis skin care yang berkembang sekarang ini, jika Anda lebih cocok menggunakan produk perawatan wajah krim, maka gunakan cleanser terlebih dahulu. Setelah itu toner  (pastikan fee alcohol), gunakan exfoliant yang mengandung AHA/BHA, serum, krim pagi dan sunscreen/ sunblock, sedangkan dimalam hari lebih bagus menggunakan moisturizer.

    Sedangkan jika menggunakan skin care cair, urutannya gunakan cleanser, toner tanpa kandungan alkohol, exfoliant dengan kandungan AHA/BHA, skin care, serum dan sunblock untuk pagi hari dan malam gunakan moisturizer. Tetapi harus diingat, skin care tidak akan berdampak langsung, harus rutin dan biasanya baru terlihat setelah satu bulan penggunaan.

  5. Mengatasi Dampak Negatif Salah Pilih Skin Care

    Banyak wanita suka coba-coba dengan produk perawatan wajah baru, padahal sebelumnya sudah mendapatkan hasil yang bagus. Akibatnya terjadi perubahan pada wajah, gejala paling awal wajah terasa gatal, keluar jerawat hingga terasa panas. Ini sudah indikasi wajah tidak cocok menggunakan skin care.

    Cara mengatasinya, kembali gunakan produk yang biasanya.  Jika tidak pilih skin care yang banyak kandungan pelembab, biasanya salah produk itu membuat kulit menjadi lebih kering. Pilih produk dengan tekstur kental, lakukan ini terus menerus sehingga kulit bisa kembali normal seperti sebelumnya dan segera buang skin care yang tidak cocok tersebut.

Memang bukan hal mudah memilih skin care yang cocok untuk semua jenis kulit, pastikan Anda tetap menggunakan produk perawatan wajah yang sama. Tidak perlu tergiur dengan janji manis dan harga lebih murah, karena saat wajah sudah cocok maka bisa di aplikasikan dengan makeup dengan mudah dan tidak akan mengalami gangguan kulit.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “5 Hal Wajib Diketahui Sebelum Memulai Perawatan Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *