Culinary

5 Jenis Makanan Berbahaya dan Mengancam Kesehatan

Banyak orang lebih memilih makan sebagai pelarian dari masalah, ini memang tidak menimbulkan masalah sekarang, kesalahan hanya ada pada pemilihan jenis makanan. Biasanya makanan instan seperti junkfood itu sangat menggiurkan, padahal itu merupakan makanan berbahaya. Bagaimana jika di konsumsi setiap harinya, sudah jelas ini akan memberikan dampak buruk.

Namun sayangnya, tidak ada yang peduli atau seakan acuh dengan makanan berbahaya tersebut, buktinya gerai makanan cepat saji tidak pernah sepi, baik itu di jam makan atau lainnya. Buka 24 jam dengan sajian menggoda, bahkan harganya di banderol lebih murah, ini jadi pilihan tepat untuk anak muda, bahkan sekadar hangout.

Coba ingat lagi apa saja makanan yang di konsumsi setiap harinya? Apakah sudah memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna, bisa jadi apa yang di makan itu adalah makanan berbahaya yang tetap saja di konsumsi tanpa rasa bersalah. Efek sampingnya memang tidak akan dirasakan sekarang, namun banyak yang menyesal di usia tua.

5 Jenis Makanan Berbahaya Sangat Mengancam Kesehatan

waspada makanan berbahaya

Sumber : thrillist.com

  1. Makanan Terlalu Asin

    Hampir semua orang suka dengan makanan gurih, berarti ini memiliki kandungan garam di dalamnya. Memang tubuh membutuhkan asupan garam setiap harinya, ini guna menstabilkan aliran darah agar tetap terjaga. Namun setiap harinya hanya membutuhkan 300 hingga 400 mg saja, sebaiknya tidak boleh lebih dari itu.

    Apa yang terjadi, semua orang mengkonsumsi makanan gurih bahkan cenderung asin setiap harinya, sudah jelas ini akan membuat kandungan garam dalam tubuh meningkat. Ini berpengaruh pada tekanan darah, jika terlalu tinggi maka bisa menyebabkan hipertensi, namun sebaliknya tidak terlalu rendah bisa hipotensi, ada baiknya menjaga kestabilan konsumsi garam, karena ini sangat berpengaruh pada kesehatan.

  2. Camilan Tambahan Energi

    Lapar sebelum jam makan, camilan jadi pilihan tepat. Pasalnya mulut yang ingin mengunyah namun perut tidak terlalu lapar, ini harus dihindari oleh para wanita, karena ngemil kegiatan yang paling berpotensi meningkatkan berat badan secara drastis. Apalagi jika nekad ngemil camilan manis di malam hari, jangan mengeluh lagi dengan berat badan ya.

    Namun ini ternyata camilan yang ditujukan untuk mereka dengan program diet, bahkan sering kali sangat selektif dalam memilih, sehingga hanya mencari camilan dengan tambahan energi. Maklum saja, tidak bisa konsumsi karbohidrat, faktanya ini tidak akan mendukung program diet, malahan akan menghancurkannya.

    Pasalnya camilan yang di klaim sehat ini tetap mengandung gula, bahkan lebih banyak, meskipun sudah ada tanda less sugar. Jadi jika ingin camilan sehat, lebih baik ngemil buah atau salad saja, ini lebih segar dan baik untuk tubuh. Meskipun tidak akan bisa memuaskan rasa ngemil, tapi jika mengingat perjuangan diet ini patut dilakukan.

  3. Saus Tomat Instan

    Ngemil makanan tanpa saus, itu rasanya akan sangat hambar. Karena tidak mungkin membuat saus tomat terus menerus, sehingga memilih membeli saus tomat instan yang sudah dalam kemasan kaleng atau botol, ini tentu lebih praktis. Namun ternyata itu termasuk dalam makanan berbahaya, jika terlalu sering di konsumsi.

    saus tomat makanan berbahaya

    Sumber : finance.detik.com

    Tenang saja, jangan panik dulu, pasalnya saus tomat yang diawetkan sudah ditambahkan kandungan sodium, jumlahnya bisa saja tidak wajar. Lihat lagi berapa harganya dan berapa lama waktu kadaluwarsa, ini akan berpengaruh pada jumlah sodium yang diberikan. Namun jika berani memberikan informasi jumlah sodium yang diberikan, bisa jadi masih dalam ambang batas aman.

  4. Roti Tawar

    Ini menu sarapan paling mudah dan praktis, hampir semua orang menyukainya. Roti tawar dianggap sebagai penolong untuk menyiapkan sarapan sehat, tapi apa yang terjadi jika ada yang mengatakan ini masuk dalam makanan berbahaya. Pasalnya roti tawar terbuat dengan bahan olahan tepung yang memiliki kandungan nutrisi sangat sedikit.

    Baca juga : Tips Hangatkan Makanan Tanpa Basi Dan Bau

    Ini tidak akan memberikan sumber tenaga, kecuali jika ditambahkan dengan sayuran dan daging, dalam sandwitch. Bisa juga di makan dengan selai atau meses dalam bentuk manis, namun tidak disarankan di konsumsi begitu saja, karena bukan sumber tenaga yang memberikan nutrisi cukup jika ingin dijadikan menu sarapan.

  5. Margarin

    Banyak ibu rumah tangga bingung, ingin memilih margarin atau butter, banyak yang bilang jika butter lebih baik. Namun apa yang terjadi jika keduanya masuk dalam makanan berbahaya, kenapa bisa? Hal ini karena butter dan margarin merupakan makanan olahan dari susu yang lebih banyak fermentasinya, sehingga minim nutrisi.

    Ini sangat berbahaya jika di konsumsi terus menerus dalam jumlah banyak, masuk dalam sarapan pagi, untuk menumis bahkan suka ngemil margarin begitu saja. Ada baiknya mengganti penggunaan margarin untuk menumis, bisa menggunakan minyak kelapa sawit saja atau jika ingin lebih sehat gunakan minyak zaitun atau olive oil.

Banyak ibu rumah tangga tidak menyangka jika semua makanan berbahaya itu masuk dalam daftar di atas, untuk makanan cepat saji memang sudah dihindarkan bagaimana pun caranya. Namun saat melihat ada roti tawar margarin, ini merupakan menu sarapan setiap harinya. Jadi apa yang perlu di ganti? Kebiasaan atau merubah pola hidup sehat.

Baca Juga:  Mcflurry Oreo Ternyata Bisa Dibikin di Rumah Loh, Intip Resepnya Yuk!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply