Body & Skin Care

5 Jenis Makanan Buat Bahagia, Patut Dicoba Saat Galau!

Makanan adalah pelarian yang paling tepat saat sedang bete, galau, suntuk sampai marah. Ini menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, meskipun tidak akan menemukan solusi apapun. Karena ternyata makan membuat Anda bisa bahagia, apalagi jika konsumsi makanan buat bahagia, ternyata ada loh.

Anda tentu tidak akan menyangka jika ada beberapa jenis makanan bisa membuat Anda lebih bahagia, hal ini karena dapat efektif melepaskan dan memproduksi hormon bahagia lebih cepat dan banyak. Ada empat hormon di otak yang bisa membuat Anda bahagia, serotonin, oksitosin, dopamine dan endorfin.

Dimana hampir semua hormon dalam tubuh ini di hasilnya dari makanan, mulai dari serotonin yang banyak ditemukan di kacang. Dopamine dihasilkan dari protein sedangkan endorfin dapat dihasilkan dari cokelat. Oksitosin memang berasal dari sentuhan atau perasaan cinta dari orang lain, namun juga bisa dihasilkan dari makanan bergizi.

Jadi jangan heran jika seseorang makan dan menjadi senang, namun apa jenis makanan buat bahagia? Tentu tidak semua jenis makanan, tenang saja hampir semua makanan yang bisa membuat bahagia sehat dan rendah lemak, sehingga tidak akan menimbulkan kenaikan berat badan. Siap untuk makan dan bahagia, coba konsumsi makanan ini.

5 Jenis Makanan Buat Bahagia Untuk Melupakan Galau

makanan buat bahagia selalu

Sumber : netz.id

  1. Cokelat

    Ini bukan makanan asing lagi untuk mengembalikan mood buruk, bahkan bisa membuat Anda merasa sangat nyaman. Konsumsi cokelat dapat melepaskan endorfin dalam tubuh, sehingga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini karena adadnya N-acylethanolamine, Anda akan merasa jika bisa berpikir lebih tenang.

    Disarankan saat wanita sedang menstruasi atau mengalami galau, konsumsi cokelat saja. Sehingga endorfin yang terlepas semakin banyak, ini akan membuat euphoria tersendiri. Selain itu, cokelat juga bisa menjaga kekebalan tubuh, bahkan bagus untuk jantung dan fungsi kognitif lainnya. Namun pilih cokelat rendah lemak yang rasanya cenderung pahit.

  2. Tomat Ceri

    Hampir sama seperti tomat kebanyakan, namun ukurannya lebih kecil, berwarna merah namun rasanya lebih asam. Ini sangat cocok ditambahkan pada makanan berkuah agar terasa lebih segar dan menggugah selera makan. Ternyata tomat ceri masuk dalam makanan buat bahagia, meskipun rasanya sangat asam.

    Baca juga : Ganti Warna Dinding Rumah Anda Untuk Meredakan Stres, Ikuti Cara Ini!

    Hal ini karena terdapat lycopene yang cukup banyak, dapat berkhasiat sebagai anti oksidan yang bisa melindungi dari depresi dan merangsang otak tetap beraktivitas seperti basanya. Bahkan kandungan Lycopen juga bermanfaat mengumpulkan senyawa pro inflamasi, ini akan mencegah Anda mengalami depresi.

  3. Alpukat

    Buah lembut, manis dan empuk ini sangat enak di konsumsi langsung saja. Ternyata alpukat juga masuk dalam makanan buah bahagia, Anda tentu sudah merasakan manfaatnya. Dimana akan merasa lebih tenang dan senang, setelah konsumsi alpukat. Bukan hanya rasanya yang manis, namun kaya kandungan B3 sehingga bisa meningkatkan produksi serotonin.

    alpukat makanan buat bahagia

    Sumber : hellosehat.com

    Selain itu, ada juga kandungan asam lemak omega-3, ini sangat bagus untuk otak. Dimana bisa memperbaiki kondisi kesehatan otak, fokus lebih bagsu dan tidak mudah lupa. Alpukat juga bisa memperbaiki kondisi hati seseorang, dimana bisa mengalami perubahan cukup signifikan, jika sudah mulai galau coba buat jus alpukat dengan tambahan susu cokelat.

  4. Kacang-Kacangan

    Sudah terbukti membuat produksi serotonin semakin meningkat, bahkan jumlahnya paling banyak terdapat pada kacang. Kacang seperti almond dan walnut paling di rekomendasikan, dimana tinggi kandungan vitamin B, magnesium, seng dan asam lemak omega-3. Ini juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

    Selain melepaskan serotonin lebih banyak, sehingga bisa mencegah stres dan membuat Anda merasa tenang sekaligus senang. Kandungan asam omega-3 sangat bagus untuk otak, Anda akan bisa berpikir lebih jernih dan lebih kreatif kembali. Omega-3 akan membuat Anda berpikir lebih cepat, selain itu bisa mengatasi penyakit pikun di usia 40 tahunan.

  5. Susu

    Anda yang konsumsi susu sebelum tidur, sebenarnya bukan membuat perut kenyang saja, namun akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bisa tidur dengan tenang. Mengandung tryptophan, ini akan mengubah serotonin menjadi hormon bahagia lebih cepat, sehingga bisa mengontrol suasana hati.

    Selain itu terdapat juga laktium, ini dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan hati. Anda akan menjadi lebih baik, bahkan bisa memikirkan semua masalah dengan lebih jernih. Selain itu, Anda juga bisa fokus dan menyerah informasi dengan baik, sehingga sebaiknya konsumsi susu di pagi dan malam hari.

Siapa yang menyangkan semua makanan di atas bisa menghilangkan galau dengan cepat, makanan buat bahagia ini sudah Anda konsumsi setiap harinya. Sehingga tanpa sadar sudah membuat tubuh memproduksi hormon bahagia lebih banyak, jika masih saja sedih tidak ada salahnya makan lebih banyak, toh akan menyehatkan banyak tubuh.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply