Rambut Sehat Berkilau
Body & Skin Care

5 Kebiasaan Buat Rambut Sehat Berkilau

Rambut merupakan mahkota untuk setiap wanita, meskipun tanpa crown layaknya para putri kerajaan. Maka dari itu, harus bisa merawat rambut dengan baik, apalagi jika memiliki rambut hitam dan lurus. Semua wanita ingin memiliki rambut sehat berkilau, bahkan digerai begitu saja sudah memberikan aura cantik alami.

Tapi ternyata bukan hal mudah untuk mempertahankan rambut tetap sehat, berkilau dan bercahaya. Ini membutuhkan perawatan rutin dan teliti, pasalnya tidak semua orang memiliki jenis kulit dan rambut serupa. Tentu membutuhkan treatment berbeda, maka dari itu kenali jenis rambutmu terlebih dahulu baru menentukan perawatan yang tepat.

Mau punya rambut sehat berkilau tidak harus rutin datang ke salon kecantikan, ini tentu membutuhkan banyak budget. Coba lakukan perawatan sendiri di rumah, tidak perlu meluangkan waktu terlalu banyak. Namun coba lakukan kebiasaan kecil ini, ternyata efektif untuk merawat sekaligus membuat rambut semakin berkilau.

5 Kebiasaan Untuk Dapatkan Rambut Sehat Berkilau

Dapatkan Rambut Sehat Berkilau

Sumber : janellapurcell.com

  1. Jangan Ikat Rambut Basah

    Punya rambut panjang memang sering kali membuat gerah, sehingga memilih untuk mengikat. Ini memang aman dilakukan, asalkan tidak terlalu kencang. Namun tidak disarankan mengikat rambut dalam kondisi basah, apalagi setelah keramas. Ternyata hal ini bisa berakibat buruk untuk rambut, membuat minyak tidak bisa turun ke bawah, sehingga menyebabkan rambut kering.

    Jadi rambut kering bukan hanya ruangan yang terlalu dingin atau cuaca sedang hujan terus menerus, rambut akan terasa kering jika tanpa minyak essensial alami. Ini tidak akan turun dengan sempurna hingga ke ujung rambut. Akibatnya bisa terjadi ujung pecah-pecah, berwarna kemerahan, bahkan membuat rambut mudah kusut tanpa sebab.

  2. T-Shirt Untuk Handuk

    Terkesan jorok bisa jadi, beberapa wanita yang menggunakan T-Shirt kotornya untuk handuk, jika dilakukan saat darurat dan hanya sesekali saja memang tidak masalah. Namun ada penelitian kecil, ternyata permukaan kasar handuk jika mengalami gesekan pada rambut bisa memicu kerusakan, hal ini terjadi karena pelemahan kutikula, sehingga rambut akan rentan basah.

    Coba mulai sekarang gunakan T-Shrit untuk mengeringkan rambut, pilih dengan bahan katun sehingga akan terasa lembut. Mengeringkan bukan mengikat atau meremas, gesekan ringan saja pelan-pelan, sehingga air akan terserap pada T-Shirt. Jangan terlalu banyak gesekan, ini akan membuat rambut patah lebih banyak.

  3. Penggunaan Brush dan Sisir

    Banyak wanita yang salah dalam penggunaan sisir dan brush, ini memang berfungsi untuk merapikan rambut tapi dalam penggunaannya berbeda kondisi. Jika terbalik, maka kondisi rambut akan semakin buruk, meskipun terlihat rapi. Rambut basah tetap aman disisir, coba pilih sisir dengan bergigi jarang, sehingga rambut tidak akan kusut saat kering.

    Dapatkan Rambut Sehat Berkilau

    Sumber : empowher.com

    Nantinya setelah rambut kering, terlihat kusut rapikan saja dengan brush, ini akan menyempurnakan penampilan kamu. Bahkan membuat rambut bisa kering sempurna dan tetap rapi finishing akhirnya. Jangan terbalik, pasalnya jika menggunakan brush saat rambut dalam kondisi basah, ini akan merusak bukan membuat rambut sehat berkilau seperti yang diinginkan.

  4. Bantal Dengan Sarung Sutra

    Terkesan mewah, tentu saja tidak. Kini kain sutra tidak terlalu mahal, ini bukan sekadar kemewahan, melainkan memberikan kenyamanan untuk rambut. Bagi pemilik rambut sensitif yang sering kali rontok lebih dari jumlah normal, ada baiknya mengganti sarung bantal dengan bahan sutra. Ini sangat membantu saat kamu bangun dengan rambut sehat berkilau.

    Baca juga : 5 Manfaat Pentingnya Petroleum Jelly Untuk Kulit

    Pasalnya di malam hari produksi minyak, sehingga menyebabkan kelembapan kulit. Hal ini dapat memicu masalah di kulit kepala, mulai dari ketombe hingga masalah kulit kepala lainnya. Menggunakan sarung bantal sutra juga membuat rambut tetap rapi dan kering saat bangun di pagi hari, ini sudah dibuktikan banyak putri kerajaan.

  5. Konsumsi Makanan Lemak Baik

    Punya tubuh langsing bukan berarti tanpa lemak, kamu tetap membutuhkan lemak baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil dan ideal. Ada baiknya konsumsi lemak baik, seperti kacang-kacangan yang rendah lemak dan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu aman kok konsumsi alpukat, asal jangan tambahkan susu kental manis, langsung makan begitu saja, rasanya tetap manis kok.

    Selain itu, kamu juga bisa menemukan lemak baik pada ikan, seperti salmon. Memang agak mahal, namun bukan hanya mendapatkan lemak baik, ada kandungan omega-3 yang sangat bagus untuk pertumbuhan otak. Inilah yang tidak disadari banyak wanita, otak akan tetap tumbuh setiap harinya sehingga harus diberikan nutrisi cukup.

Bukan perkara sulit untuk mendapatkan rambut sehat berkilau, selain melakukan perawatan rutin seperti mencuci rambut dua hari sekali, pastikan tidak setiap harinya karena membuat rambut jadi kering. Selain itu, pastikan segera mengeringkan rambut jika basah terkena air atau hujan, karena bisa membuat rambut jadi kusut dan kering.

Baca Juga:  Tips Cara Tepat Merawat Wajah Jelang Usia 30 Tahunan

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply