Body & Skin Care

5 Kebiasaan Buruk Dapat Membuat Program Diet Gagal Total

Banyak wanita mendambakan tubuh langsing, sehingga melakukan berbagai cara, tidak terkecuali menerapkan program diet ketat. Namun hasilnya tidak sesuai keinginan, sebenarnya bukan salah program diet yang sudah dijalankan, kenapa diet gagal hal ini karena ada beberapa kebiasaan buruk yang masih dijalankan.

Hal utama yang harus dimiliki setiap wanita, acap kali akan memulai diet adalah niat. Pastikan Anda harus yakin menerapkan program diet sepenuhnya, jangan ambil beberapa bagian saja, hasilnya tidak akan maksimal, percuma saja menderita jika tidak bisa menurunkan berat badan yang jadi target utama.

Merasa menerapkan program diet gagal, coba lihat lagi makanan yang di konsumsi. Sudah memenuhi syarat, pemicu kegagalan lainnya bisa datang dari kebiasaan sehari-hari. Menurunkan berat badan bukan hanya soal kontrol makanan, melainkan kebiasaan apa yang diterapkan. Bisa jadi juga soal hormon, maka dari itu harus bisa all out untuk mendapatkan hasil maksimal.

5 Kebiasaan Buruk Jadi Penyebab Program Diet Gagal Total

penyebab program diet gagal

Sumber : hk3.com.my

  1. Jam Tidur Tidak Cukup

    Bukan hanya anak-anak yang butuh waktu istirahat yang cukup, ini bukan sekadar duduk atau memainkan gadget. Namun benar-benar istirahat dalam artian tidur, apalagi jika di malam hari. Orang dewasa disarankan tidur minimal 7 jam, tanpa jeda sama sekali. Inilah yang dilewatkan banyak orang, dimana menganggap waktu istirahat tidak harus sepanjang itu.

    Banyak penyebab kenapa seseorang tidak bisa tidur panjang pada malam hari, mulai dari banyak pekerjaan, banyak masalah hingga stres, bahkan hingga mengalami masalah gangguan tidur insomnia. Meskipun sudah mengurangi banyak makanan berat, kebiasaan buruk di malam hari ini dapat membuat produksi hormon berlebih, sehingga berat badan meningkat.

  2. Suhu Kamar Terlalu Hangat

    Saat tidur memang disarankan dengan suhu kamar, minimal 17 derajat celsius, ini akan membuat tubuh bisa lebih relaks dan terjadi pembakaran lemak secara maksimal. Namun kebanyakan orang tidak bisa tidur nyenyak dengan suhu ruangan, bahkan ingin suhu lebih rendah dengan menambahkan pendingin ruangan.

    Inilah yang memicu penumpukan lemak, dimana suhu ruangan yang lebih rendah, otomatis akan membuat tubuh terasa lebih dingin. Sehingga enggan bangun di pagi hari, selain itu membuat tubuh enggan melakukan pembakaran lemak. Pasalnya harus bisa menaikkan suhu tubuh, ini akan membuat lemak akan semakin tebal.

  3. Menghilangkan Kebiasaan Sarapan Pagi

    Semua orang tua akan menerapkan aturan ketat di pagi hari, harus sarapan sebelum keluar rumah. Ini akan ditaati anak hingga usia dewasa atau mulai beranjak remaja, berbagai alasan dikatakan untuk menghindari sarapan di pagi hari. Padahal inilah yang menjadi sumber tenaga tubuh di pagi hari, bayangkan saja berangkat kerja dalam kondisi lapar, ini akan membuat Anda tidak merasa nyaman.

    gagal diet

    Sumber : sm.askmen.com

    Bahkan lebih bahaya lagi, kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan program diet gagal, padahal sudah mengurangi asupan makanan. Hal ini karena rasa lapar berlebih sebelum jam makan, memicu keinginan nyemil atau makan dalam porsi besar di jam makan selanjutnya. Setelah itu, Anda akan merasa mengantuk akibat terlalu kenyang. Ada baiknya sarapan pagi, minimal dengan makanan bergizi sehingga perut tidak akan merasa lapar sebelum waktunya.

  4. Multitasting Saat Makan

    Kegiatan ini sangat merugikan, memang saat muda memberikan banyak keuntungan, tapi percayalah dampak jangka panjang sangat buruk. Hal ini juga berpengaruh program diet gagal, apalagi jika multitasking saat makan. Ada baiknya mengikuti anjuran guru di taman kanak-kanak, makan dengan tenang dan tidak melakukan aktivitas lainnya.

    Baca juga : 4 Penyebab Mata Sayu, Bukan Hanya Kurang Tidur!

    Namun apa yang terjadi, banyak orang dewasa makan sambil bekerja, makan di sela kegiatan lain, seperti nonton televisi, bermain gadget bahkan saat harus mengerjakan tugas. Ini akan membuat lalai, berapa banyak makanan yang sudah masuk, apalagi jika membuat jeda makan hingga 30 menit, ini akan membuat perut akan mudah lapar lagi.

  5. Olahraga Sebelum Tidur

    Semua program diet menyarankan olahraga secara rutin, namun kenapa berolahraga sebelum tidur dalam menjadi faktor program diet gagal. Hal ini karena bisa membuat otot menjadi tegang dan mengalami stres, bukan itu saja lemak setelah makan malam bukan menghilang malahan mengendap akibat aktivitas tersebut.

    Ada baiknya, setelah makan malam lakukan aktivitas ringan, seperti membaca atau menonton televisi bersama keluarga. Tidur minimal 2 jam setelah makan malam, sehingga makanan sudah dicerna dengan baik dan terjadi pembakaran lemak secara maksimal. Inilah yang membuat banyak wanita bangun dalam kondisi kurang nyaman dan mengalami kenaikan berat badan.

Ternyata hampir semua kebiasaan buruk yang membuat program diet gagal Anda lakukan setiap harinya, bahkan ini tidak disadari sebelumnya. Semua akvitivas di atas memang akan menghambat penurunan berat badan dan tidak baik dilakukan jangka panjang, sebaiknya mulai berubah. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan untuk kesehatan di masa depan.

Baca Juga:  Resep Diet Cerdas Turunkan Berat Badan Dalam Satu Bulan

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply