5 Kebiasaan Buruk Menghapus Makeup Yang Masih Dilakukan Banyak Wanita

Menghapus makeup adalah keharusan setelah tidak lagi ada aktivitas, apalagi jika menggunakan banyak produk sekaligus. Ini memang membuat wajah terlihat lebih cantik, namun tidak baik untuk kesehatan kulit, sehingga jangan heran jika tidak membersihkan dengan benar maka muncul banyak masalah kulit yang menyebalkan seperti jerawat.

Anda harus memastikan jika semua sisa makeup terangkat dengan sempurna, bahkan ada beberapa tahapan yang harus diikuti. Karena jika tidak kulit tidak akan beregenerasi dengan normal, akibatnya ada penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan menghitam. Tenang saja, sekarang sudah banyak produk skin care yang mempermudah dan mempercepat membersihkan makeup.

cuci muka

Namun sayangnya banyak wanita salah dalam membersihkan makeup, sehingga alih-alih membuat kulit tetap terjaga malahan menjadi rusak karena kesalahan itu sendiri. Bahkan hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan, sebelum bisa berdampak buruk terlalu banyak, ada baiknya menyadari dan mulai menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

5 Kebiasaan Buruk Saat Menghapus Makeup

  1. Terlalu Sering Menggunakan Srub

    Memang bagus membersihkan wajah secara menyeluruh, ini akan mengurangi masalah kulit. Anda bisa jadi menggunakan srub, dimana berbentuk butiran halus yang bisa membersihkan kotoran lebih menyeluruh. Apalagi saat menghapus makeup, namun ini ternyata bisa memberikan dampak negatif pada wajah.

    Jika Anda amati lagi, kulit menjadi kemerahan yang tidak sehat, hampir seperti iritasi kulit, selain itu bisa membuat kulit menjadi lebih cepat berkeriput. Apalagi jika Anda menggosok srub dengan keras dan kasar, bukan membersihkan namun membuat penuaan dini. Hal ini masih banyak dilakukan dan dianggap sebagai kebiasaan baik, padahal memberikan dampak buruk.

    Baca juga : Yuk, Intip Perawatan Rumahan Berikut Ini untuk Kulit Wajah yang Lebih Sehat

  2. Perhatikan Dalam Memilih Makeup Remover

    Kini tidak perlu melakukan banyak tahapan untuk membersihkan makeup, cukup gunakan saja makeup remover. Ini cairan yang bisa menghapus makeup dengan cepat dan menyeluruh, bahkan bisa memberikan vitamin untuk kulit. Namun perhatikan dalam pemilihan makeup remover, pasalnya tidak cocok digunakan semua jenis kulit.

    Untuk kulit berminyak, sebaiknya menggunakan makeup remover berbahan dasar air atau gel, ini akan bisa membantu mengendalikan produksi minyak berlebih. Jika memilih kulit kering dan cenderung kusam, bisa menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak, sehingga kulit menjadi lebih lembab.

  3. Pilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit

    Anda bisa jadi lebih menyukai tahapan panjang, karena sekaligus meremajakan kulit. Tentu tidak asing dengan cleanser, ini biasanya digunakan untuk menghapus makeup, membersihkan wajah agar siap di makeup atau jadi produk dasar. Namun perhatikan dalam pembelian, pastikan sesuai dengan jenis kulit, seperti saat memilih makeup remover.

    Kenapa harus menambahkan cleanser, ini sangat dibutuhkan kulit kering dan sensitif, pasalnya lebih banyak menyimpan debu dan kotoran yang berpotensi menyebabkan masalah kulit. Maka dari itu, setelah menggunakan makeup remover, sebaiknya gunakan cleanser, cukup sedikit saja di cotton dan balurkan.

  4. Bibir Juga Perlu Dibersihkan

    Siapa bilang menghapus makeup hanya di bagian wajah saja, bibir juga harus dibersihkan. Pasalnya banyak orang menggunakan lipstik matte yang cenderung kering, sehingga membuat bibir normal menjadi kering. Ada baiknya lebih sering menghapus makeup, jika tidak tambahan pelembab setelah digunakan, untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi untuk acara yang berlangsung cukup lama.

  5. Jangan Malas

    Kendala yang paling banyak terjadi saat membersihkan makeup adalah malas, semua wanita pasti sudah punya skin care dan makeup untuk menghilangkan semua pewarna di wajah. Namun sering kali malas karena sudah lelah dan ingin segera beristirahat, ada baiknya menyempatkan diri 10 menit saja dengan menghilangkan semua kotoran di wajah.

    Selain itu, jangan langsung tidur setelah baru beraktivitas, biarkan tubuh kembali normal. Maka dari itu, setelah membersihkan makeup, bersihkan tubuh terlebih dahulu agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Ini akan menjaga kesehatan tubuh, karena sehat itu mahal harganya.

Penting sekali menghapus makeup secara menyeluruh, sehingga kulit wajah bisa kembali bernapas dengan lega. Pasalnya semua jenis makeup yang digunakan sekaligus akan membuat pori kulit tertutupi, wajah menjadi lebih kering dan mempercepat penuaan. Untuk itu, maksimal 3 jam menggunakan makeup, setelah itu usahakan langsung dibersihkan.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “5 Kebiasaan Buruk Menghapus Makeup Yang Masih Dilakukan Banyak Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *