Kebiasaan Begadang
Lifestyle

5 Kelebihan Kebiasaan Begadang, Nggak Melulu Buruk Kok

Punya kebiasaan begadang? Ini hal normal dan banyak dialami anak milenials, bukan karena bekerja di malam hari, melainkan lebih nyaman berinovasi saat matahari sudah menghilang. Namun kebanyakan orang tua tidak menyetujui hal tersebut, sehingga kebiasaan tidur di tengah malam atau tidak tidur sama sekali di malam hari diharapkan untuk dihilangkan.

Jika kamu suka begadang, ini berbeda halnya dengan insomnia. Penyakit yang dialami orang dan sulit mendapatkan keinginan untuk tidur atau tidak mengantuk sama sekali, sedangkan begadang merupakan aktivitas yang dilakukan di malam hari, biasanya karena pekerjaan atau mendapatkan passion di malam hari. Ternyata kebiasaan tidak lazim di zaman dahulu tersebut, memberikan banyak manfaat.

Kamu pasti tidak percaya, jika kebiasaan begadang memberikan manfaat bukan lagi merugikan namun banyak menguntungkan. Hal ini jika dilihat dari pengalaman dan kebiasaan yang terjadi sekarang ini, kamu tidak perlu malu punya kebiasaan satu ini. Tapi, harus ingat jika setiap orang membutuhkan tidur minimal 6 jam setiap harinya.

5 Kelebihan Jika Kamu Punya Kebiasaan Begadang

Kebiasaan Begadang Wanita

Sumber : mediabistro.com

  1. More Than Smart

    Bagaimana bisa orang yang kekurangan istirahat di malam hari, kini jadi lebih cerdas dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Why Night Owls are More Intelligent, dikutip dari personal.se.ac.uk, bahkan orang yang memiliki kebiasaan bahkan sering begadang jika dibandingkan dengan kamu yang tidur di malam hari secara teratur.

    Hasilnya membuktikan hal yang bertolak belakang, jika kamu punya kebiasaan begadang ternyata bisa lebih cerdas dari pada orang lain yang memiliki jam tidur teratur. Alasannya, seseorang akan mengalami peningkatan adaptasi lebih bagus jika tidak memiliki jam tidur seperti biasanya, namun sebaiknya ini tidak dilakukan setiap harinya.

  2. Lebih Inovatif

    Generasi milenials memang ingin jadi dirinya sendiri, hal ini membuat banyak generasi sebelumnya heran, kenapa bisa lebih kreatif saat di malam hari, bukan seperti normalnya bekerja di siang hari. Ternyata kebiasaan begadang memberikan kemampuan berpikir lebih dari pemikiran standar orang sebelumnya, itulah kenapa anak milenials punya kebiasaan tersebut.

    Ini bukan hanya sekadar pengalaman, riset yang dilakukan oleh pakar tidur, Jim Horne,  dimana dilansir dari lifehack.org, menyebutkan jika beberapa orang memiliki kemampuan berpikir diatas standar, saat menerapkan pola pikir lebih efektif di malam hari. Ini terjadi pada seniman, penyair bahkan ilmuwan yang berpikir logis sekalipun.

  3. Tubuh Tetap Kuat dan Semangat di Siang Hari

    Siapa bilang, kamu yang suka begadang akan mengantuk di malam hari, jika tidak tidur sama sekali memang benar, karena tubuh membutuhkan istirahat. Lain halnya jika kamu punya kebiasaan begadang, di malam hari kamu akan tetap tidur namun porsinya lebih sedikit karena tidak merasakan mengantuk. Tapi saat siang hari, tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

    Kebaikan Kebiasaan Begadang

    Sumber : bustle.com

    hal ini karena daya tahan tubuh tetap terjaga, pasalnya asupan pola makan terjamin dan punya istirahat berkualitas. Selain itu, kekuatan tubuh tidak akan berkurang, tetap bisa olahraga di pagi dan sore hari, ini sama sekali tidak mengganggu kesehatan. Pasalnya, begadang itu tetap tidur namun waktunya lebih sedikit saja, namun tubuh sudah merasa cukup.

  4. Peluang Sukses Lebih Besar

    Coba kamu lihat sekarang ini, banyak CEO yang masih sangat muda, pemilik Facebook, pemilik Gojek bahkan beberapa online shopping seperti Kelly Jenner. Masa muda berkualitas dengan kemampuan yang melebihi orang lebih tua, padahal tidak menyengam pendidikan formal terlalu tinggi, keberuntungan tidak akan datang terus menerus bukan.

    Baca juga : Mendadak Mellow, Coba Lakukan Ini Supaya Jadi Bahagia

    Mereka lebih banyak berpikir dan menghasilkan inovasi baru di malam hari, pasalnya lebih efektif, maksimal dan tidak terlalu pusing. Bisa jadi karena sebagian besar orang akan tidur dan lingkungan menjadi lebih tenang. Kamu yang punya kebiasaan begadang, bisa jadi orang sukses jika bisa menyalurkan bakat dan minat dengan tepat.

  5. Otak Beraktivitas Lebih Tinggi di Malam Hari

    Kenapa hanya menjadikan malam hari sebagai waktunya istirahat, jika kamu tahu otak melakukan aktivitas lebih tinggi di malam hari. Inilah waktunya berpikir lebih efektif, inovatif dan bisa mengembangkan hal baru yang tidak dipikirkan orang lain. Orang begadang, tetap punya jam tidur, meskipun lebih sempit dari pada orang normal.

    Namun kebiasaan begadang akan membuat otak berpikir lebih tinggi dan cepat, sehingga saat bangun di pagi hari tetap terasa segar dan bersemangat. Kamu tetap bisa kok beraktivitas secara normal, bahkan melakukan kegiatan fisik yang menguras tenaga. Jangan sampai membuang mimpi dan keinginan, jika memang ingin begadang pastikan tubuh dalam kondisi fit dan konsumsi makanan sehat.

Punya kebiasaan begadang bukan hanya berdampak buruk, namun masih ada banyak kebaikan. Namun sebaiknya diimbangi dengan asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga teratur. Ini memang bukan pola hidup sehat, namun beberapa orang mendapatkan manfaatnya, asalkan bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan baik.

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Insomnia yang Berkepanjangan!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply