Makeup

5 Kesalahan Makeup Sebabkan Muncul Jerawat

Semua produk makeup diciptakan untuk membuat wanita jadi lebih cantik, namun ternyata kesalahan makeup bisa membuat siapa pun jadi buruk rupa. Hal yang tidak diinginkan, biasanya ini terjadi pada pemula yang baru mengenal makeup. Karena menggunakan semua produk sekaligus, tanpa memperhitungkan apakah bisa ngeblend atau tidak.

Apalagi saat kulit dalam kondisi tidak sehat, seperti berjerawat hingga iritasi. Ini membutuhkan penanganan khusus dan tidak boleh menggunakan makeup secara langsung, karena akan membuat kondisi kulit semakin rusak. Bukan tindakan tepat menutupi jerawat yang sedang memerah dan meradang dengan foundation atau concealer, ini akan membuat kondisinya semakin parah dan menimbulkan iritasi.

Apa yang harus dilakukan untuk menutupi kekurangan wajah, sebaiknya tidak menggunakan makeup terlalu tebal. Sehingga kulit bisa bernapas dengan baik, ada baiknya juga menggunakan skin care sebelum makeup, ini untuk menanggulangi masalah kesalahan makeup yang sering kali membuat hasil akhir terlihat mengerikan.

5 Kesalahan Makeup Membuat Kulit Semakin Parah

Kesalahan Makeup

Sumber : cultbeauty.co.uk

  1. Makeup Dengan Kondisi Wajah Kotor

    Hal kecil yang harus diperhatikan, jangan pernah makeup sebelum kondisi wajah benar-benar bersih. Maka dari itu, untuk pemula lebih baik mengenal skin care atau produk perawatan wajah terlebih dahulu, sebelum mengenal makeup. Kenapa? Wajah perlu dibersihkan setiap harinya, untuk mengatasi masalah wajah.

    Bersihkan wajah dengan pembersih, sehingga bisa mengurangi produksi minyak berlebih, ini juga bisa mengecilkan pori-pori yang sering kali membesar di siang hari akibat panas. Aplikasi makeup di wajah bersih menentukan keberhasilannya, jangan sampai kecewa dengan hasil makeup hanya karena lupa membersihkan wajah secara menyeluruh.

  2. Posisi Kuas Untuk Penyimpanan Brush

    Brush merupakan alat makeup yang paling sering digunakan, pasalnya ini aplikator bedak. Sering kali malas makeup hanya untuk keluar rumah, pasti memilih menggunakan bedak saja. Tapi banyak wanita melakukan kesalahan makeup dengan penyimpanan brush, sebaiknya kuas berada di atas bukan sebaliknya.

    Hal ini untuk mengurangi sisa polutan makeup, brush tidak akan rusak atau kuasnya lepas satu per satu. Bahkan dianjurkan untuk penyimpanan brush di berikan tempat khusus, cari saja penyimpanan lonjong dengan ujung yang cukup tinggi, sehingga mudah digunakan. Selain itu, pastikan penyimpanan makeup tidak terkena sinar matahari langsung namun mendapatkan sirkulasi udara.

  3. Bersihkan Alat Makeup

    Bukan hanya membersihkan wajah secara menyeluruh, alat makeup yang digunakan langsung pada wajah, seperti sponge, brush atau aplikator makeup, sebaiknya dibersihkan secara rutin. Ini untuk mengurangi penumpukan kotoran dan menyebabkan masalah kulit, coba perhatikan lagi, kenapa bisa ada jerawat padahal sudah melakukan perawatan total.

    kesalahan makeup wanita

    Sumber : istudy.org.uk

    Kesalahan makeup yang sering kali diabaikan, jangan sampai menggunakan alat makeup kotor atau tidak pernah dibersihkan hingga puluhan tahun. Alat makeup yang paling diperhatikan, sponge dan brush, pasalnya ini akan digunakan setiap harinya. Minimal dua minggu sekali, bersihkan dengan cara direndam dalam air hangat dan hilangkan polutan sisa makeup dengan sabun.

  4. Makeup Pakai Jari

    Hal ini kesalahan makeup yang masih saja dilakukan, baik itu pengguna pemula atau kamu yang sudah terbiasa dengan makeup. Kenapa memilih makeup pakai jari, alasannya karena lebih praktis dan cepat. Padahal jari-jari tangan gudangnya kuman dan kotoran, bahkan tidak disarankan sering kali menyentuhkan wajah dengan tangan kosong.

    Baca juga : Bongkar Rahasia Cantik Wajah Flawless Wanita Jepang

    Ada baiknya, menghindari kebiasaan buruk ini. Ada banyak aplikator makeup yang bisa digunakan, misalkan untuk lipstik gunakan saja aplikator yang sudah tersedia, mascara, blush on dan eyeshadow. Terlalu sering menggunakan tangan memudahkan pemindahan bakteri, bisa jadi mengalami masalah wajah yang tidak diinginkan.

  5. Tutup Jerawat Dengan Foundation

    Berjerawat bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya remaja yang mengalami lonjakan produksi hormon. Saat berjerawat, semua dokter kecantikan menyarankan jika banyak menggunakan makeup, cukup bedak tabur tipis saja, sehingga jerawat bisa hilang dengan cepat. Tapi jika harus tampil prima di kantor, banyak wanita memilih menutup jerawat secara instan dengan foundation, padahal ini sudah jelas akan memperparah kondisi jerawat.

    Penggunaan foundation pada wajah berjerawat akan membuat kulit semakin sulit bernapas, sehingga kondisi jerawat semakin parah, bahkan hingga mengalami peradangan. Akibatnya, akan muncul banyak jerawat lagi, awalnya memang satu namun penggunaan foundation semakin memperparah, sehingga bersiap saja menghadapi serangan jerawat.

Jika masih saja melakukan kebiasaan kesalahan makeup, ini akan membuat kondisi wajah semakin parah. Apalagi jika jarang menggunakan skin care, ada baiknya menggunakan perawatan wajah dan makeup secara seimbang. Setiap harinya memang harus tampil cantik dengan makeup, namun pastikan di malam hari memberikan nutrisi wajah dari skin care.

Baca Juga:  Bibir Hitam Mau Pakai Lipstik Nude, Siasati Pakai Cara Ini

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply